$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

MUI Ingatkan Jokowi Tunjuk Kapolri yang Bisa Diterima Publik

INDONESIAKININEWS.COM -  Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menunju...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menunjuk sosok yang bisa diterima masyarakat secara luas, sebagai pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis.

Meski hak untuk mencalonkan dan menunjuk Kapolri ada di tangan Presiden, ia menyarankan hendaknya Jokowi memilih seseorang bukan hanya berdasarkan pertimbangan kedekatan, loyalitas dan profesionalitas saja.

"Tapi harus lebih luas dari itu, yaitu mana yang lebih besar maslahat dan manfaatnya bagi bangsa dan negara," kata Anwar melalui keterangan tertulis, Selasa (12/1).

Anwar berpendapat, beberapa waktu belakangan, hubungan antara pemerintah dan umat Islam agak terganggu lantaran sebagian orang ada yang menganggap muncul praktik kriminalisasi terhadap ulama.

Meskipun, pemerintah telah berulang kali menegaskan tak ada kriminalisasi. Akan tetapi lanjut Anwar, sikap dan pandangan semacam itu tidak boleh dianggap enteng oleh pemerintah.

"Karena dia bisa menjadi seperti api di dalam sekam, apalagi kalau seandainya sebagian besar umat Islam merasa terus menerus disakiti dan dikecewakan," ucap dia.

Belum lagi, lanjut Anwar, ditambah dengan persoalan krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir serta krisis ekonomi yang cukup berat.

"Maka tentu tidak mustahil berbagai kemungkinan yang tidak kita inginkan akan bisa terjadi. Sebagai anak bangsa saya khawatir penunjukan Kapolri baru bila salah pilih akan melahirkan reaksi yang tidak baik bagi perkembangan kehidupan bangsa ke depannya," papar dia.

Infografis Deretan PR Calon Kapolri Pengganti Idham Azis
Infografis Deretan PR Calon Kapolri Pengganti Idham Azis. (CNN Indonesia/Timothy Loen)
Atas dasar itu ia pun berharap, di tengah situasi tersebut presiden harus cermat dalam mempertimbangkan penunjukan dan penetapan seorang Kapolri.

"Sangat diharapkan dan dituntut kearifannya untuk bisa memilih sosok seorang Kapolri yang bisa diterima oleh masyarakat secara luas, agar kita sebagai bangsa bisa berkonsentrasi penuh mengatasi masalah yang sangat berat yang kita hadapi saat ini," lanjut Anwar.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sebelumnya telah menyerahkan lima nama calon kandidat Kapolri Pengganti Jenderal Idham Azis. Kelimanya merupakan jenderal bintang tiga alias berpangkat komisaris jenderal (komjen).

Mereka yakni Kepala Badan Reserse Kriminal Komjen Listyo Sigit Prabowo, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, serta Kalemdikpol Komjen Arief Sulistyanto.

Dari kelima nama tersebut, menurut Politikus PKB Jazilul Fawaid, nama Listyo digadang-gadang sebagai sosok yang bakal dipilih Jokowi. Anggota Komisi III DPR RI ini bahkan menyebut Listyo jadi calon tunggal Kapolri yang akan diusulkan Jokowi ke DPR.

Akan tetapi kabar itu ditepis Menko Polhukam Mahfud MD. Melalui cuitan di akun pribadi Twitter ia meminta publik untuk tidak mempercayai nama calon Kapolri yang beredar di media. 

Menurut Mahfud, hingga kini presiden Jokowi belum memutuskan satu nama pasti untuk mengisi kursi Kapolri menggantikan Idham Azis.

S:cnn


Name

Berita,11026,HUMOR,5,Internasional,157,Kesehatan,3,Nasional,10906,News,67,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: MUI Ingatkan Jokowi Tunjuk Kapolri yang Bisa Diterima Publik
MUI Ingatkan Jokowi Tunjuk Kapolri yang Bisa Diterima Publik
https://1.bp.blogspot.com/-N0QUGcy64yY/X_15IDLD9OI/AAAAAAAAFLs/kCN3rSvygZYIa9wZ3t7CiWn3Kz72-4XRwCLcBGAsYHQ/w640-h362/Screenshot_2021-01-12-17-21-45-21.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-N0QUGcy64yY/X_15IDLD9OI/AAAAAAAAFLs/kCN3rSvygZYIa9wZ3t7CiWn3Kz72-4XRwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h362/Screenshot_2021-01-12-17-21-45-21.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/mui-ingatkan-jokowi-tunjuk-kapolri-yang.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/mui-ingatkan-jokowi-tunjuk-kapolri-yang.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy