$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Pilot tak jawab petugas dan jalur aneh Sriwijaya SJ 182, apa yang patut dicurigai?

INDONESIAKININEWS.COM -  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan jika pesawat Sriwijaya SJ 182 sempat terbang ke arah yang bukan se...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan jika pesawat Sriwijaya SJ 182 sempat terbang ke arah yang bukan semestinya sesaat sebelum kecelakaan.

Menurut keterangan, petugas sempat melihat Sriwijaya SJ 182 terbang ke arah 75 derajat, padahal seharusnya burung besi itu melaju ke barat laut.

Atas kondisi tersebut, petugas lalu sempat menanyakan hal itu kepada Pilot Afwan. Namun tak dijawab. Dalam beberapa saat kemudian, pesawat Sriwijaya itu lalu lenyap dan hilang dari tangkapan radar.

Lantas, ada apa gerangan? Ada yang mesti dicurigai? Dan apa saja yang bisa menyebabkan pilot keluar jalur penerbangan atau pun tidak menjawab komunikasi dari petugas?

Terkait hal ini Penasehat Eksekutif Asosiasi Pilot Garuda, Kapten Shadrach Nababan coba menganalisanya.

Menurut Kapten Shadrach, umumnya sebelum berangkat tiap pilot mesti mengisi flight plan yang kemudian mendapat clereance dari Air Traffic Control (ATC). Flight plan itu nantinya dimasukkan ke dalam sistem navigasi pesawat yang dibawanya.

Sehingga nantinya, ketika pesawat itu terbang, instrumennya sudah menunjukkan jalur yang sesuai dan juga ketinggian yang dicapai.

“Saya yakin mereka sudah memasukkan Standar Instrument Departure-nya (SID), yang sesuai. Dan mungkin mereka juga sudah menggunakan autopilot. Karena biasanya enggak terlalu lama dari take off itu. Jadi pesawat itu akan mengikuti jalur navigasi yang sudah ada di komputer itu,” katanya disitat Apa Kabar Indonesia, Rabu 13 Januari 2021.

Sriwijaya SJ 182 keluar jalur
Terkait keluar jalur Sriwijaya SJ 182, Kapten Shadrach memang mengakui melihatnya demikian. Itu tidak sesuai dengan SID yang ada dalam flight plan-nya. Akan tetapi dia tidak mau menjustifikasi apakah ada sebab pasti mengapa hal itu bisa terjadi.

Yang pasti, katanya, ada beberapa penyebab hal itu bisa demikian terjadi.

“Dia kemudian tiba-tiba ke kiri. Saya lihat gambarnya agak sedikit keluar jalur ya. Kita enggak tahu, mungkin karena cuaca atau mungkin ada masalah teknikal di pesawatnya,” katanya memberi jawaban.

Akan tetapi, untuk lebih jelasnya, publik tetap diminta bersabar sampai menunggu hasil investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Dalam praktek sehari-hari, Pilot biasa, request dari satu poin ke poin berikutnya. Seperti tak perlu belok-belok, jadi direct saja, ini demi hemat waktu dan hemat bahan bakar,” kata Shadrach.

Hal lain yang kemudian turut disorot adalah soal kemiringan derajat pesawat Sriwijaya SJ 182, sekira 30 derajat ke arah kiri. Lantas, ada apa gerangan? Akankah itu inisiatif pilot atau memang pesawat tak bisa dikendalikan.

Menurut Kapten Shadrach, data itu masih bisa dibilang belum valid. Sebab data sebenarnya baru bisa akan diungkap jika tim investigator KNKT sudah membuka data recorder FDR dan CVR.

Dari sana akan terungkap apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang mereka (pilot-copilot) lakukan.

“Kalau itu karena cuaca, biasanya Pilot akan request (ke ATC), tapi tak ada request itu, hanya hitungan menit hilang dari radar kontak,” katanya.

Lalu soal angle take off, apakah terbilang normal dan tak ada yang janggal, menurut Kapten Shadrach terbilang normal.

“Saya kira normal saja ya. Infonya memang terbatas (yang dia terima). Cuma mereka tak alami apa-apa. Take off-nya normal, tapi ya kembali lagi, semua akan terbuka jika FDR nya sudah dibuka,” katanya.

S:HopsID


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Pilot tak jawab petugas dan jalur aneh Sriwijaya SJ 182, apa yang patut dicurigai?
Pilot tak jawab petugas dan jalur aneh Sriwijaya SJ 182, apa yang patut dicurigai?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpJzCo4bqKlZl-etM4Qv-iZlksOj6ZuUZyYwCCAUYwUZj4iVDHi5Zk1NGDXLTGTjrcvINmK6kbfECs7VvB9vfzUt97AuKBNf2QJUBBQ5Unu_N_PW0WuSOHzaun4strUVPRvNSWoZ6YJYI/w640-h430/Screenshot_2021-01-13-15-21-14-38.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpJzCo4bqKlZl-etM4Qv-iZlksOj6ZuUZyYwCCAUYwUZj4iVDHi5Zk1NGDXLTGTjrcvINmK6kbfECs7VvB9vfzUt97AuKBNf2QJUBBQ5Unu_N_PW0WuSOHzaun4strUVPRvNSWoZ6YJYI/s72-w640-c-h430/Screenshot_2021-01-13-15-21-14-38.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/pilot-tak-jawab-petugas-dan-jalur-aneh.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/pilot-tak-jawab-petugas-dan-jalur-aneh.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy