$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Rocky Gerung Sentil Jokowi Soal Banjir, 'Kok Sarjana Kehutanan Gak Ngerti Fungsi Pohon?'

INDONESIAKININEWS.COM -  Buntut pernyataannya yang menyebut banjir di Kalimantan Selatan akibat tingginya curah hujan, Presiden Joko Widodo ...



INDONESIAKININEWS.COM - Buntut pernyataannya yang menyebut banjir di Kalimantan Selatan akibat tingginya curah hujan, Presiden Joko Widodo menuai banyak kritikan.

Sebab, banyak pihak yang menilai bahwa bencana tersebut disebabkan oleh kerusakan lingkungan dan hutan yang kian tergerus.

Satu di antara kritik dilontarkan Rocky Gerung. Bahkan, Rocky menyentil gelar sarjana kehutanan yang melekat pada diri Presiden Jokowi.

Awalnya, Rocky menilai bahwa banyak pepohonan di Kalimantan Selatan yang kini telah ditebang dan lahan yang sudah beralih menjadi pertambangan.

Menurutnya, kondisi tersebut menjadi pemicu banjir dahsyat yang merendam setidaknya 10 kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

"Air itu sifatnya mengalir masuk ke pohon dan pohon itu jadi sungai kecil. Jadi pohon itu sendiri ada sungai, membawa air naik ke atas pucuk dahannya lalu diuapkan," kata Rocky seperti yang terlihat pada video unggahan kanal YouTube Rocky Gerung Official, Selasa (19/1/2021).

"Jadi bagian air yang harusnya diuapkan di ujung daun sudah tidak ada lagi karena daunnya sudah tidak ada. Sudah berubah jadi tambang. Itu logikanya. Masak Pak Jokowi sarjana kehutanan gak ngerti fungsi pohon sebagai penguap air. Kan itu logic biasa dalam biologi itu kan," sambung Rocky.

Sebelumnya, Rocky Gerung melontar kritikan pedas terhadap pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut tingginya intensitas hujan serta daya tampung Sungai Barito menjadi penyebab banjir dahsyat di Kalimantan Selatan.

Rocky menyebut terjadi kekacauan berpikir oleh Presiden Jokowi.

Awalnya, Rocky menanggapi pemberitaan tentang Walhi yang terkesan kecewa dengan pernyataan Presiden Jokowi usai meninjau banjir di Kalimantan Selatan.

"Walhi tidak lagi melihat presiden hadir secara serius. Karena komentar pertama presiden adalah tidak serius. Kan menganggap banjir itu karena kelebihan hujan, ya itu kan common sense, orang mesti analisis itu," kata Rocky.

"Apalagi Pak Jokowi bilang 'Ya ini banjir terbesar 50 tahun, dan karena itu Sungai Barito tidak bisa lagi menampung air'. Nah di situ logikanya kekacauan berpikir Pak Jokowi itu," sambung Rocky.

Rocky pun menjelaskan tentang siklus air. Menurut dia, air akan selalu kembali ke 'rumahnya'. Namun nyatanya, sudah banyak pohon yang kini justru ditebang.

"Kan berarti 50 tahun lalu Sungai Barito bisa menampung air. Pertanyaannya kenapa sekarang gak bisa menampung air? Ya karena air itu kan ada siklus-siklus 40 tahunan itu yang besar. Air itu akan kembali ke rumahnya. Selalu begitu kan, dia akan kembali ke rumahnya," katanya.

"Sekarang itu air kembali ke rumahnya di hutan, ternyata tidak ada pohon yang memerlukan air lagi karena sudah ditebang, jadi airnya memang tidak bermukim lagi di rumahnya, maka dia langsung pergi ke sungai. Logikanya begitu," lanjut Rocky.

Presiden Jokowi meninjau masyarakat yang terdampak banjir di Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021).

Di sela-sela kunjungan, Presiden Jokowi mengungkapkan penyebab banjir di daerah tersebut.

Menurutnya, banjir besar seperti ini di Kalimantan Selatan sudah tidak pernah terjadi sejak 50 tahun terakhir.

Banjir kali ini merendam setidaknya 10 kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

"Curah hujan yang sangat tinggi hampir 10 hari berturut-turut sehingga daya tampung Sungai Barito yang biasanya menampung 230 juta meter kubik, sekarang ini masuk air sebesar 2,1 miliar kubik air sehingga memang meluap di 10 kabupaten dan kota,” kata Jokowi di Jembatan Matraman, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021).


s: indozone.id


Name

Berita,13822,H,2,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,9,Nasional,13694,News,72,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Rocky Gerung Sentil Jokowi Soal Banjir, 'Kok Sarjana Kehutanan Gak Ngerti Fungsi Pohon?'
Rocky Gerung Sentil Jokowi Soal Banjir, 'Kok Sarjana Kehutanan Gak Ngerti Fungsi Pohon?'
https://1.bp.blogspot.com/-dGSV16pN1Qw/YAbBDyZhW2I/AAAAAAAAHtk/72szhz2pkHcYgHZC1sBBzOPpKgzhfvusACLcBGAsYHQ/w640-h480/rocky-gerung-sentil-jokowi-soal-banjir-kok-sarjana-kehutanan-gak-ngerti-fungsi-pohon75_700.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-dGSV16pN1Qw/YAbBDyZhW2I/AAAAAAAAHtk/72szhz2pkHcYgHZC1sBBzOPpKgzhfvusACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h480/rocky-gerung-sentil-jokowi-soal-banjir-kok-sarjana-kehutanan-gak-ngerti-fungsi-pohon75_700.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/rocky-gerung-sentil-jokowi-soal-banjir.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/rocky-gerung-sentil-jokowi-soal-banjir.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy