$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Senin, Bareskrim Panggil Abu Janda Soal 'Islam Arogan'

INDONESIAKININEWS.COM -  Bareskrim Polri akan memanggil Permadi Arya alias Abu Janda.  Pemanggilan ini didasari laporan Medya Rischa soal du...



INDONESIAKININEWS.COM - Bareskrim Polri akan memanggil Permadi Arya alias Abu Janda. 

Pemanggilan ini didasari laporan Medya Rischa soal dugaan ujaran SARA dan penistaan agama karena Abu Janda menyebut 'Islam arogan'.

"Benar dilayangkan panggilan terhadap Abu Janda terkait laporan 'Islam arogan'," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Slamet Uliandi kepada media, Sabtu (30/1/2021).

Slamet mengatakan pemeriksaan terhadap Abu Janda akan dilakukan pada Senin, 1 Februari 2021. Sebelumnya, cuitan Permadi Arya alias Abu Janda yang menyebut 'Islam arogan' berawal dari twit war dengan Tengku Zulkarnain.

Awalnya, Tengku Zulkarnain lewat akun Twitter @ustadztengkuzul, berbicara soal arogansi minoritas terhadap mayoritas di Afrika. Lalu, Tengku Zulkarnain menyebut tidak boleh ada arogansi, baik dari golongan mayoritas ke minoritas maupun sebaliknya. Cuitan tersebut dipublikasikan hari Ahad (24/1/2021).

"Dulu minoritas arogan terhadap mayoritas di Afrika Selatan selama ratusan tahun, apertheid. Akhirnya tumbang juga. 

Di mana-mana negara normal tidak boleh mayoritas arogan terhadap minoritas. Apalagi jika yang arogan minoritas. 

Ngeri melihat betapa kini Ulama dan Islam dihina di NKRI," cuit Tengku Zulkarnain lewat akun Twitter @ustadztengkuzul, seperti dilihat, Jumat (29/1/2021).

Abu Janda membalas cuitan Tengku Zulkarnain. Dia menyebut ada Islam yang 'arogan' karena mengharamkan kearifan lokal di Indonesia.

"Yang arogan di Indonesia itu adalah Islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. 

Haram-haramkan ritual sedekah laut, sampai kebaya diharamkan dengan alasan aurat," cuit Abu Janda lewat akun @permadiaktivis1.

Cuitan itu disorot berbagai pihak, yang tak setuju dengan kata-kata Abu Janda soal 'Islam arogan'. Cuitan Abu Janda lantas dipolisikan Medya Rischa kemarin, Jumat (29/1). Laporan Medya diterima dengan nomor: LP/B/0056//I/2021/BARESKRIM.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam paparannnya pada fit and proper test calon Kapolri pekan lalu menyatakan tak boleh lagi ada anggapan hukum tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Di sisi lain, Komjen Sigit mengatakan penegakan hukum juga harus dilakukan secara humanis.

Keberadaan dan persepsi bahwa Permadi Arya atau Abu Janda warga Nahdiyin digugat kalangan NU. Apalagi setelah kontroversinya dalam kasus terakhir terkait dengan dugaan rasisme dan kata yang menyudutkan Islam.

Ativis NU dan Ketua Ketua Umum Jamaah Yasin Nusantara yang kini bermukim di Wonosobo, Idham Cholid, mempertanyakan keberadaan Abu Janda yang dipersepsi publik kerap disebut warga NU.

"Jangankan ketemu, kenal pun tidak dengan orang yang bernama Permadi Arya. Sesekali saja kadang membaca dan melihat postingannya, dengan nama populer Abu Janda itu,'' kata Idham Cholid kepada Republika.co.id, Sabtu (30/1).

Menurut Idham, pihaknya memang menduga kuat apa yang dilakukan Abu Janda terkait NU hanya sekedar mencari sensasi. "Lebih sensasional, karena memakai seragam Banser. Tak tahu juga, itu semua untuk kepentingan siapa sebenarnya?"

"Saya sangat yakin, jangankan secara institusional, para tokoh NU secara personal pun jauh dari "memanfaatkan" kepentingan seperti itu. Yang saya tahu, segala sikap dan perilaku ke-NU-an haruslah berdasarkan kemashlahatan,'' tegasnya.

Dengan demikian, lanjut Idham, apa mashlahatnya dengan "akrobat" Abu Janda selama ini. Maka, jika tak ada, kenapa PBNU tak menyikapi secara tegas saja.

"Semestinya, Ansor dan Banser yang harus segera lakukan itu. Institusi inilah yang selalu dibawa-bawa oleh Abu Janda,'' kata Idham Cholid menandaskan.




S: detikNews


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Senin, Bareskrim Panggil Abu Janda Soal 'Islam Arogan'
Senin, Bareskrim Panggil Abu Janda Soal 'Islam Arogan'
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRWSIgkQV21HRGR7COojXgeEFy4sKWAPOpevjvazieXvJq-kV28EMfGgN4qvswVjq1tHt2KuEmsFoQvo_gG5hKrWEHDIm8xANH-lUGwXUNDYOmrwQYhK5dSWq4iIT0Xggg8xvphawAKDk/w640-h440/Screenshot_2021-01-30-14-47-14-77.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRWSIgkQV21HRGR7COojXgeEFy4sKWAPOpevjvazieXvJq-kV28EMfGgN4qvswVjq1tHt2KuEmsFoQvo_gG5hKrWEHDIm8xANH-lUGwXUNDYOmrwQYhK5dSWq4iIT0Xggg8xvphawAKDk/s72-w640-c-h440/Screenshot_2021-01-30-14-47-14-77.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/senin-bareskrim-panggil-abu-janda-soal.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/senin-bareskrim-panggil-abu-janda-soal.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy