$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Usai Dilantik Jadi Kapolri, Listyo Sigit dan Istri Akan Gelar Upacara Serah Terima Panji Polri

INDONESIAKININEWS.COM -  Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara Rabu (27/1/2021). Komjen Lis...



INDONESIAKININEWS.COM - Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara Rabu (27/1/2021).

Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menjalankan sejumlah prosesi kegiatan usai dilantik menjadi Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.

Nantinya, eks Kabareskrim itu akan melaksanakan upacara prosesi serah terima Panji Polri Tribrata.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono menyampaikan prosesi tersebut akan dilakukan di Gedung Rupatama Markas Besar Kepolisian RI, Jakarta Selatan.

"Itu kegiatannya ada penyerahan Panji Polri Tribrata dari Kapolri lama ke yang baru. Pasca pelantikan di Istana. Itu kegiatan di internal sini," kata Rusdi Hartono kepada wartawan, Rabu (27/1/2021).

Usai serah terima panji Polri, Rusdi menuturkan nantinya juga akan ada prosesi serah terima Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari.

Istri Idham Azis, Fitri Handari akan menyerahkan posisi tersebut kepada istri Listyo yaitu Juliati Sapta Dewi Magdalena.

"Setelah itu ada serah terima ketua umum Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari. Itu ada penyerahan dua organisasi itu ya, organisasi Bhayangkari dengan Yayasan Kemala Bhayangkari. Dari ketua yang lama kepada yang baru," jelasnya.

Ditambahkan Rusdi, istri Listyo juga akan diangkat sebagai ibu asuh polisi wanita (Polwan).

"Ketiga pengangkatan ibu asuh Polwan RI semua dilaksanakan di Mabes dengan memperhatikan protokol kesehatan ketat. Beberapa pejabat hadir virtual," tandasnya.

Resmi Dilantik Jokowi

Komjen Listyo Sigit Prabowo sudah resmi menjadi Kapolri, Rabu (27/1/2021).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (27/1/2021) pukul 09.40 WIB.

Tidak hanya melantik sebagai Kapolri, Sigit juga mendapatkan kenaikan pangkat dari Komjen menjadi Jenderal.

Pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan terhadap Sigit berjalan mulus pada Rabu (20/1/2021).

Dari sembilan Fraksi di Komisi III DPR RI resmi menyetujui pengangkatan Sigit sebagai Kapolri.

Seperti diketahui, Sigit merupakan calon tunggal Kapolri yang dipilih oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Kapolri saat ini, Jenderal (Pol) Idham Azis.

Adapun Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada akhir Januari 2021.

Setelah uji kepatutan dan kelayakan terhadap Sigit digelar pada Rabu (20/1/2021), rapat paripurna DPR mengesahkan keputusan Komisi III yang menyetujui pengangkatan Sigit sebagai Kapolri.

Persetujuan tersebut kemudian disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani kepada Presiden Jokowi melalui surat, dan diterima pihak Istana Kepresidenan pada, Jumat (22/1/2021).

Sebelumnya, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengungkap, ada sejumlah alasan yang mendasari Jokowi memilih Sigit, mulai dari faktor kapabilitas hingga loyalitas.

"Kan semua ada kriteria. Kapasitas, kapabilitas, loyalitas, integritas, itu bagian dari semua itulah," kata Moeldoko pada Rabu (20/1/2021).

Moeldoko mengatakan, seorang pemimpin puncak mempunyai tanggung jawab yang luar biasa.

Tanggung jawab tersebut hanya dapat diemban oleh seseorang dengan kemampuan luar biasa pula.

Menurut Moeldoko, kapabilitas dan kapasitas Listyo dalam mengadopsi berbagai persoalan sudah terbukti baik.

Tak hanya itu, lanjut Moeldoko, seorang pemimpin juga harus berjiwa loyal terhadap negara.
Integritas atau sejalannya kata dengan perbuatan juga tak bisa ditawar.

"Jadi semua agregat dari indikator-indikator yang dikenali dari awal itu memuculkan sebuah agregat.

"Dan agregat itu seseorang akan dipilih, begitu. Jadi bukan karena macam-macam, jangan diartikan macam-macam," ujarnya.


s: tribunnews.com


Name

Berita,12610,HUMOR,5,Internasional,158,Kesehatan,8,Nasional,12484,News,70,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Usai Dilantik Jadi Kapolri, Listyo Sigit dan Istri Akan Gelar Upacara Serah Terima Panji Polri
Usai Dilantik Jadi Kapolri, Listyo Sigit dan Istri Akan Gelar Upacara Serah Terima Panji Polri
https://1.bp.blogspot.com/-nWTjAs0ATaA/YBD0xYQya1I/AAAAAAAAIBI/LTU9T2GRFQ0OthwBlrvw8rN7dgUb9ppuQCLcBGAsYHQ/w640-h360/5857bb6e776d408a8fc74c3e3d0fa0fa-2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-nWTjAs0ATaA/YBD0xYQya1I/AAAAAAAAIBI/LTU9T2GRFQ0OthwBlrvw8rN7dgUb9ppuQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/5857bb6e776d408a8fc74c3e3d0fa0fa-2.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/usai-dilantik-jadi-kapolri-listyo-sigit.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/usai-dilantik-jadi-kapolri-listyo-sigit.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy