$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Air Tak Juga Surut, Ratusan Korban Banjir di Jombang Bertahan di Tanggul Sungai

INDONESIAKININEWS.COM -  Ratusan korban banjir di Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, masih tinggal di pengungsian karena ban...



INDONESIAKININEWS.COM - Ratusan korban banjir di Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, masih tinggal di pengungsian karena banjir yang menggenangi tempat tinggal mereka belum sepenuhnya surut.

Ratusan warga yang masih tinggal di pengungsian berasal dari Dusun Kedunggabus dan Dusun Bandar Kedungmulyo, Desa Bandar Kedungmulyo.

Pantauan Kompas.com pada Kamis (11/2/2021), di bantaran dan tanggul Sungai Brantas masih banyak terdapat tenda darurat yang menjadi tempat para korban banjir untuk mengungsi.

Kemudian tidak jauh lokasi pengungsian, banjir tampak menggenangi sebuah perkampungan penduduk, baik di jalan, pekarangan, maupun rumah-rumah penduduk.

Perkampungan yang masih tergenang banjir antara 40 - 60 sentimeter tersebut adalah Dukuh Kalipuro, bagian dari wilayah Dusun Kedunggabus, Desa Bandar Kedungmulyo.

Emi Wahyuningrum (42), salah satu pengungsi banjir mengungkapkan, banjir yang menggenangi tempat tinggalnya belum benar-benar surut.

Dia dan keluarganya belum bisa kembali ke rumahnya di Dukuh Kalipuro, karena banjir masih cukup tinggi, sekitar 50 sentimeter dari permukaan jalan.

"Banjirnya tinggi lagi, akhirnya ya bertahan di sini dulu. Di tempat (rumah) saya masih dalam," kata Emi, saat ditemui di bantaran Sungai Brantas, tempat dia dan keluarganya mengungsi, Kamis.

Tanggul sungai jebol, ribuan warga mengungsi
Pernyataan senada disampaikan Mukhlas (50), pengungsi banjir di bantara Sungai Brantas asal Dukuh Kalipuro, Dusun Kedunggabus.

"Tadi sempat ngecek, ternyata airnya naik lagi. Jadi ya tinggal di sini dulu," kata Mukhlas saat ditemui di tenda pengungsian yang ditempatinya.

Pada Jumat (3/2/2021) malam, banjir melanda Dusun Kedunggabus, Dusun Bandar Kedungmulyo, serta Dusun Kedung Asem, akibat jebolnya tanggul sungai Afvour Besuk.

Banjir tersebut memaksa ribuan warga dari dusun di Desa Bandar Kedungmulyo, mengungsi ke beberapa tempat yang dianggap aman.

Perangkat Desa Bandar Kedungmulyo Muhaimin mengungkapkan, lebih dari 400 warga masih tinggal di pengungsian karena tempat tinggal mereka masih tergenang banjir.

Dia menuturkan, banjir di sebagian besar wilayah Desa Bandar Kedungmulyo sudah surut, diikuti dengan turunnya jumlah pengungsi karena sudah kembali ke rumah masing-masing.

Kondisi banjir di Dukuh Kalipuro, Dusun Kedunggabus, Desa Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (11/2/2021).

200 warga mengungsi di tanggul sungai
Hingga Kamis, sebut dia, dua ratus lebih warga dari Dusun Kedunggabus dan Bandar Kedungmulyo, masih menempati tenda pengungsian di bantaran dan tanggul Sungai Brantas.

Selain di tanggul dan bantaran Sungai Brantas, ratusan pengungsi menempati gedung SDN Bandar Kedungmulyo, di dekat kantor desa.

"Yang mengungsi di sini, warga Kalipuro (Dusun Kedunggabus). 

Kalau yang disana warga Dusun Bandar Kedungmulyo," kata Muhaimin kepada .

Menurut Muhaimin, sebagian besar wilayah Desa Bandar Kedungmulyo, sudah terbebas dari banjir.

Namun pada beberapa titik di Dukuh Kalipuro dan Dusun Bandar, Kedungmulyo, genangan banjir masih cukup tinggi.

"Warga belum bisa kembali karena banjirnya masih tinggi. Kemarin sempat surut, tapi naik lagi. Sekarang surut sedikit," kata Muhaimin.

Sebagian wilayah sudah surut
Camat Bandar Kedungmulyo, Mahmudi mengatakan, banjir di sebagian besar wilayahnya sudah surut, diikuti dengan turunnya jumlah pengungsi.

Selain di Dusun Kedunggabus dan Dusun Bandar Kedungmulyo, wilayah yang masih tergenang banjir adalah Dusun Simo, Desa Pucangsimo, serta Dusun Brangkal dan Proko, Desa Brangkal.

Hingga Kamis, sebut dia, jumlah pengungsi akibat banjir tinggal 1.032 jiwa. Banyak diantara korban banjir, mengungsi ke rumah kerabatnya.

"Hasil pendataan kami, jumlah pengungsi tinggal 1.032 jiwa. Pengungsi yang di tangkis (tanggul) masih ada," kata Mahmudi.

Sebelumnya diberitakan, banjir melanda beberapa desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, akibat jebolnya tanggul 2 sungai, Afvour Besuk dan Afvour Brawijaya, pada Kamis (2/2/2021) dinihari.

Pada Senin (8/2/2021), banjir yang melanda beberapa desa berangsur surut. Sebagian pengungsi, bahkan sudah kembali ke rumah.


S:Kompas.com



Name

Berita,13855,H,2,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,9,Nasional,13727,News,72,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Air Tak Juga Surut, Ratusan Korban Banjir di Jombang Bertahan di Tanggul Sungai
Air Tak Juga Surut, Ratusan Korban Banjir di Jombang Bertahan di Tanggul Sungai
https://1.bp.blogspot.com/-BvJqjGd65PM/YCZfCI-cg5I/AAAAAAAAA9M/4I_lT4oUu7w21YRg48-HPe2uCCTZCywEACLcBGAsYHQ/w640-h422/Screenshot_2021-02-12-17-54-40-600_id.co.babe.png
https://1.bp.blogspot.com/-BvJqjGd65PM/YCZfCI-cg5I/AAAAAAAAA9M/4I_lT4oUu7w21YRg48-HPe2uCCTZCywEACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h422/Screenshot_2021-02-12-17-54-40-600_id.co.babe.png
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/air-tak-juga-surut-ratusan-korban.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/air-tak-juga-surut-ratusan-korban.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy