$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Anies Bangga Cipinang Melayu Tak Banjir, Pengamat: yang Banjir Itu di Bantaran Ciliwung!

INDONESIAKININEWS.COM -  Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Nirwono Joga menyidir Gubernur Anies Baswedan yang merasa bangga karena kaw...



INDONESIAKININEWS.COM - Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Nirwono Joga menyidir Gubernur Anies Baswedan yang merasa bangga karena kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur tidak diterjang banjir pada Minggu (7/2/2021) hingga Selasa (9/2/2021) lalu.

Saat itu Anies memamerkan foto kunjungannya ke kawasan itu di berbagai media sosial milik pribadinya. 

Dia mengklaim, kawasan itu bebas banjir tahun ini karena kerja keras Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Terkait kebanggaan Anies Baswedan itu, Nirwono menyebut Anies Baswedan tidak jeli melihat masalah banjir yang menggenangi wilayah ia pimpin.

"Jika gubernur DKI jeli, maka kunjungannya harusnya ke kali Ciliwung bukan ke kali Cipinang karena yang terdampak banjir parah di permukiman di bantaran kali Ciliwung," kata Nirwono ketika dikonfirmasi Akurat.co Santu (13/2/2021).

Nirwono mengatakan, banjir yang menerjang Jakarta pekan lalu, bukan terjadi karena hujan lokal, jelas saja kawasan Cipinang Melayu lolos bencana tahunan itu.

Nirwono bahkan menyebut, banjir itu terjadi lantaran air kiriman dari sejumlah kawasan di Jawa Barat, sehingga kawasan yang rawan adalah permukiman di bantaran Ciliwung.

"Banjir awal minggu ini adalah banjir kiriman dimana Depok, Bogor, Puncak, hujan lebat. Sementara Jakarta hujan ringan, sehingga air yang mengalir ke kali Ciliwung meluap menggenangi sebagian besar permukiman di tepi bantaran kali seperti Pejaten Timur, Kebon Pala, Bidara Cina, dan Kebon Baru Tebet," tegasnya.

Dengan meliat fakta bahwa kawasan bantaran Ciliwung masih sangat rentan terhadap bencana banjir, Nirwono mengatakan, selama tiga tahun kepemimpinan Anies Baswedan dirinya tidak serius menangi banjir Jakarta.

"Artinya ini membuktikan bahwa Pemda DKI tidak melakukan pecengahan dan penataan kali Ciliwung yang mejadi langganan banjir," tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim kawasan langganan banjir di RW 04 kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, kini sudah terbebas dari ancaman banjir pada tahun ini.

Kawasan ini, pada tahun-tahun sebelumnya menjadi salah satu kawasan yang paling parah diterjang banjir karena letaknya yang berada di pinggir kali Sunter. Tahun lalu, kata Anies, kawasan ini bahkan terendam air hingga 3 meter.

"Biasanya kalau musim hujan akan terjadi banjir yang amat tinggi, bahkan tahun lalu terendam sampai 3 meter. 

Tapi pada musim penghujan kali ini tak diterjang banjir," kata Anies Baswedan.

Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pihaknya lalu berupaya keras untuk menangani banjir di tempat itu. 

Dia mengklaim jauh sebelum musim hujan tiba, pihaknya melakukan penanganan menyeluruh dari hulu Kali Sunter.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Jakarta itu mengatakan, melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) mengerahkan 15 eskavator untuk mengeruk sedimen Kali Sunter untuk menambah daya tampung serta membuat sodetan sehingga debit air yang mengalir di Kali Sunter menjadi lebih terkendali.

"Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berupaya keras menanggulangi banjir di Kampung Cipinang Melayu ini. Kita memberikan perhatian," ujarnya.

Tidak hanya melakukan pembenahan Kali Sunter, Anies menyebut di sisi selatan Jakarta Timur, Waduk Rangon dan Waduk Tiu juga dikeruk dan disiapkan sodetan khusus sehingga air Kali Sunter dialirkan dan ditahan di waduk.

"Atas izin Allah SWT ikhtiar itu dimudahkan. Kita semua patut bersyukur karena warga kawasan RW 04 dan RW 03 Cipinang Melayu bisa merasakan musim penghujan tanpa kebanjiran," tuturnya.


S:Akurat



Name

Berita,12410,HUMOR,5,Internasional,158,Kesehatan,8,Nasional,12284,News,70,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Anies Bangga Cipinang Melayu Tak Banjir, Pengamat: yang Banjir Itu di Bantaran Ciliwung!
Anies Bangga Cipinang Melayu Tak Banjir, Pengamat: yang Banjir Itu di Bantaran Ciliwung!
https://1.bp.blogspot.com/-3rUE9gsgoZU/YCexxfGzb5I/AAAAAAAABBM/0lOmpRS5i947HNcvdE50jadTzU8ZxcB8ACLcBGAsYHQ/w640-h416/Screenshot_2021-02-13-18-00-09-759_id.co.babe.png
https://1.bp.blogspot.com/-3rUE9gsgoZU/YCexxfGzb5I/AAAAAAAABBM/0lOmpRS5i947HNcvdE50jadTzU8ZxcB8ACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h416/Screenshot_2021-02-13-18-00-09-759_id.co.babe.png
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/anies-bangga-cipinang-melayu-tak-banjir.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/anies-bangga-cipinang-melayu-tak-banjir.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy