$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Cerita Eti Kurniawati, Guru Wanita Pertama di MAN Toraja yang Tidak Berhijab

INDONESIAKININEWS.COM -  Seorang guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), Eti Kurniawati, menjadi guru wani...



INDONESIAKININEWS.COM - Seorang guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), Eti Kurniawati, menjadi guru wanita pertama di sekolah tersebut yang tidak memakai hijab. Eti Kurniawati, yang baru diterima sebagai guru CPNS, awalnya tidak menduga akan ditempatkan di MAN Tana Toraja.

"Awalnya saya kaget ketika menerima SK dan mengetahui bahwa saya ditempatkan di MAN Tana Toraja. Saya pikirnya akan ditempatkan di sekolah umum sesuai agamaku," ujar Eti Kurniawati dalam keterangan resmi di situs Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) seperti dikutip pada Senin (1/2/2021).

Eti Kurniawati merupakan guru geografi yang menerima SK pengangkatannya sebagai guru CPNS pada 19 Januari 2021 bersama 8 CPNS lain. Eti Kurniawati, yang beragama Kristen, awalnya tidak menduga akan ditempatkan di sekolah yang basis pendidikannya beragama Islam.

"Tapi ya karena saya yakin ini adalah rencana Tuhan dalam hidup saya, maka akan saya jalani sebaik mungkin dan berusaha beradaptasi dengan lingkungan yang baru nantinya," kata Eti Kurniawati.

Eti Kurniawati yang merupakan alumni Universitas Negeri Makassar (UNM) ini mengatakan akan tetap melangkah sesuai kaidah agamanya dan menghargai keyakinan orang lain, meski menjadi guru di MAN Tana Toraja.

Lebih lanjut, Eti Kurniawati, yang telah lama berdomisili di Kota Makassar, mengaku tidak asing saat ditugaskan menjadi guru CPNS di Tana Toraja. Sebab, orang tuanya juga asli Tana Toraja. Dia akan segera ke Tana Toraja setelah mengurus berkasnya di Kementerian Agama Sulsel.

"Dalam minggu ini saya akan segera ke Tana Toraja setelah selesai mengurus berkas-berkas saya untuk dibawa ke sana," ujar Eti Kurniawati.

Analis Kepegawaian Kemenag Sulsel Andi Syaifullah turut mengomentari penempatan Eti sebagai guru CPNS beragama Kristen di MAN Tana Toraja. Kebijakan ini sejalan dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) RI tentang pengangkatan guru madrasah, khususnya pada Bab VI pasal 30.

"PMA Nomor 90 Tahun 2013 telah diperbaharui dengan PMA Nomor 60 Tahun 2015 dan PMA Nomor 66 Tahun 2016, di mana pada Bab VI Pasal 30 dicantumkan tentang standar kualifikasi umum calon guru madrasah (khususnya pada poin a), yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tidak disebutkan bahwa harus beragama Islam," kata Andi Syaifullah.

Adi juga mengungkapkan Eti ditempatkan di MAN Tana Toraja untuk mengajar mata pelajaran umum, bukan pelajaran terkait agama Islam.

"Jadi saya pikir tidak ada masalah. Bahkan ini salah satu manifestasi dari moderasi beragama di mana Islam tidak menjadi eksklusif bagi agama lainnya," paparnya.


s: detik.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Cerita Eti Kurniawati, Guru Wanita Pertama di MAN Toraja yang Tidak Berhijab
Cerita Eti Kurniawati, Guru Wanita Pertama di MAN Toraja yang Tidak Berhijab
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4rHnXGVDRgXkLTKFOcSyzkzwLgkjZxXGhxsHm4O8MoizzN4LtjFm6u22KVwlKOB-sKXz6K8kEvpDSnhgmRU5vLTH35IKRKnJg3AEZHAbscJozuPu5SykHlwXRg4uwuFDYaWDtue9Vb0-W/w640-h360/guru-man-tana-toraja-pertama-yang-tidak-menggunakan-hijab-dok-istimewa_169.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4rHnXGVDRgXkLTKFOcSyzkzwLgkjZxXGhxsHm4O8MoizzN4LtjFm6u22KVwlKOB-sKXz6K8kEvpDSnhgmRU5vLTH35IKRKnJg3AEZHAbscJozuPu5SykHlwXRg4uwuFDYaWDtue9Vb0-W/s72-w640-c-h360/guru-man-tana-toraja-pertama-yang-tidak-menggunakan-hijab-dok-istimewa_169.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/cerita-eti-kurniawati-guru-wanita.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/cerita-eti-kurniawati-guru-wanita.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy