$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

GAGAL Dampingi AHY di Pilkada Jakarta, Mpok Sylvi Sukses Jadi Senator: Walikota Pertama Wanita

INDONESIAKININEWS.COM -  Tentu anda masih ingat dengan Sylviana Murni. Sosok ini adalah Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 yang ber...



INDONESIAKININEWS.COM - Tentu anda masih ingat dengan Sylviana Murni. Sosok ini adalah Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 yang berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY).

Sapaan Mpok Sylvi kini membagikan kabar bahagianya.
Seperti diketahui Sylviana Murni Rela mundur dari jabatannya sebagai pegawai negeri untuk maju jadi bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta
 
Dia telah memulai karier politiknya dengan masuk dalam bursa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017.

Kala itu, Agus-Sylviana harus berhadapan dengan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno.

Namun ternyata warga Jakarta memiliki pilihan lain, pasangan dengan nomor urut satu itu tidak bisa lolos pada putaran pertama.

Pada tanggal 15 Februari 2017, Agus-Sylviana hanya bisa memperoleh suara 17,06 persen.

Setelah itu mereka memutuskan untuk tidak memberikan dukungan kepada Basuki-Djarot ataupun Anies-Sandi.

Dari situ nama Sylviana sudah mencuri perhatian karena satu-satunya calon wakil gubernur DKI perempuan yang berangkat dari latar belakang birokrat.

Kini, perempuan yang lahir dan besar di Jakarta itu sukses meraih kursi DPD RI sebagai salah satu dari empat senator ibu kota usai meraup 455.182 suara pada Pemilihan Legislatif 2019.

Sylviana pun baru-baru ini membagikan kabar bahagianya.
Anak perempuannya yang berprofesi sebagai dokter berulang tahun.
Dia pun menyampaikan doa dan harapan kepada sang anak yang sangat dicintainya.

Assalamu’alaikum Wr. Wb
dr Monica Andalusia SpKj binti H. Gde Sardjana, Barrakalloh Fii Umrik, Happy milad Nico. 

Semoga sehat, panjang umur, sukses menjadi istri, mama, ananda yg sholehaah dan setiap langkah selalu dalam Ridho Allah SWT, serta menjadi keluarga yg Sakinah Mawaddah wa Rohmah, Mutma’inah In Syaa Allah Husnul Khotimah, Al Fathihaah...Aamiin....Wassalam
Mama Papa yg slalu menyayangi dan mendoakan Monic sekeluarga

Perjalanan Karir Sylviana

Kiprah istri Gde Sardjana itu di Pemprov DKI Jakarta berawal pada 1985, selang empat tahun setelah ia menyabet gelar None Jakarta.

Saat itu, DKI Jakarta dipimpin Gubernur Soeprapto.

Sylviana memulai kariernya sebagai PNS sebagai staf penatar Badan Pembinaan, Pendidikan, dan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (BP-7) DKI selama hingga 1987, lalu menjadi staf Biro Pembinaan Mental DKI Jakarta sampai 1989.

Selang dua tahun, ia menjabat Kepala Sub Bagian Seni Budaya Biro Pembinaan Mental DKI Jakarta selama empat tahun hingga 1995, sebelum menjabat Kepala Bagian Kebudayaan Biro Pembinaan Mental DKI Jakarta pada 1995-1997.

Perempuan yang memperoleh gelar profesor dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka Jakarta ini juga pernah menjadi politisi Partai Golkar.

Ia bahkan pernah duduk di kursi DPRD DKI Jakarta periode 1997-1999.

Sylviana kemudian kembali menjadi birokrat sehubungan peraturan pemerintah yang mewajibkan PNS tidak berkaitan langsung dengan partai politik.

Tanpa perlu waktu lama, jabatan pimpinan lembaga lain kembali menanti perempuan yang saat ini memiliki dua orang putri itu. 

Dalam rentang 1999-2001, Sylviana menjabat Kepala Biro Bina Sosial DKI Jakarta.

Setelahnya, Sylviana berturut-turut duduk di kursi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta hingga 2004 dan Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI Jakarta hingga 2008.

Sylviana kemudian terpilih sebagai Wali Kota Jakarta Pusat untuk rentang waktu 2008-2013. 

Hal ini menorehkan capaian tersendiri bagi Sylviana. Sebab, ia menjadi Wali Kota Jakarta Pusat perempuan pertama sepanjang sejarah.

Kematangannya dalam seluk-beluk birokrasi DKI Jakarta mengantarkannya menjadi Asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan DKI Jakarta ketika tampuk kepemimpinan Ibu Kota berpindah ke tangan Joko Widodo.

Jabatan ini membuatnya sempat mencicipi lagi pekerjaan walikota pada 2013, kali ini sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Barat, menggantikan Burhanuddin yang mencalonkan diri sebagai calon legislatif pada Pileg 2014.

Tantangan semakin menjadi saat Sylviana dilantik sebagai bos satpol PP di tahun yang sama. 

Dia ditunjuk sebagai Plt Kepala Satpol PP, mengisi posisi Effendi Anas yang pensiun, selama satu tahun.

Sebagai birokrat kawakan, nama Sylviana Murni sempat masuk dalam bursa calon sekretaris daerah, jabatan paling prestisius bagi birokrat di dunia pemerintahan.

Namun, kali ini keberuntungan belum menaunginya.

Posisi Sekretaris Daerah DKI Jakarta jatuh ke tangan Saefullah hingga hari ini. Sylviana sendiri didapuk sebagai Deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta.

Petualangan Sylviana dalam birokrasi Ibu Kota tamat usai mengundurkan diri pada September 2016.

Ia mendaftarkan diri sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2017 mendampingi Agus Harimurti Yudhoyono sebagai pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1.

Bukan mustahil, deretan rekam jejak inilah yang pada akhirnya berhasil memboyongnya ke Senayan sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Ia bersanding dengan nama-nama tenar lain seperti eks pebisnis yang telah duduk di kursi DPD RI 2014-2019 Fahira Idris, politisi senior Sabam Sirait, dan eks Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie.



S:tribunnews.com


Name

Berita,12527,HUMOR,5,Internasional,158,Kesehatan,8,Nasional,12401,News,70,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: GAGAL Dampingi AHY di Pilkada Jakarta, Mpok Sylvi Sukses Jadi Senator: Walikota Pertama Wanita
GAGAL Dampingi AHY di Pilkada Jakarta, Mpok Sylvi Sukses Jadi Senator: Walikota Pertama Wanita
https://1.bp.blogspot.com/-nRSkMrsxD7E/YCJnV-SXpeI/AAAAAAAAAwo/ApHWqTsBgeQFUJIu7MMWgXDguwsDTC8xwCLcBGAsYHQ/w640-h378/Screenshot_2021-02-09-17-39-12-697_com.opera.app.newslite.png
https://1.bp.blogspot.com/-nRSkMrsxD7E/YCJnV-SXpeI/AAAAAAAAAwo/ApHWqTsBgeQFUJIu7MMWgXDguwsDTC8xwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h378/Screenshot_2021-02-09-17-39-12-697_com.opera.app.newslite.png
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/gagal-dampingi-ahy-di-pilkada-jakarta.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/gagal-dampingi-ahy-di-pilkada-jakarta.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy