$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ma'ruf Amin: Umat Islam Seharusnya Berterima Kasih kepada Presiden Jokowi

INDONESIAKININEWS.COM -  Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan umat Islam seharusnya berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena memi...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan umat Islam seharusnya berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena memiliki kemauan untuk menguatkan dan memberdayakan umat dengan potensi besar wakaf, melalui Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU).

"Seharusnya kita berterima kasih kepada Pemerintah, kepada Presiden, karena mau memfasilitasi ini, punya kemauan untuk menguatkan umat, memberdayakan umat melalui potensi yang ada pada umat itu sendiri," kata Ma’ruf di Jakarta, saat membuka web seminar Literasi Wakaf Uang: Menjernihkan Sengkarut Bincang Publik secara daring, dilansir Antara, Kamis, 11 Februari.

Wakaf uang di Indonesia memiliki potensi besar untuk dikembangkan, kata Ma'ruf. Merujuk data Badan Wakaf Indonesia (BWI), wakaf uang yang bisa dikumpulkan oleh umat Islam di Indonesia diprediksi bisa mencapai Rp180 triliun per tahun.

Dengan potensi dana sebesar itu, maka manfaat wakaf uang dapat digunakan untuk membiayai program-program pemberdayaan, khususnya yang memberi manfaat bagi kelompok fakir dan miskin.

"Jadi kita (umat Islam) ini punya potensi tetapi tidak tau potensi itu apa. Kita punya dana umat yang bisa digali, bisa dikelola dengan baik; tetapi karena kita kurang peka, kurang berpikir dan kurang kompak, maka kemudian potensi itu tidak bisa kita kelola dan dimanfaatkan dengan baik," tuturnya.

Ma'ruf juga menegaskan bahwa Pemerintah hanya memfasilitasi gerakan wakaf uang dan tidak akan mengambil dana wakaf tersebut. Pemerintah hanya ingin mengarahkan, sementara pengelolaan dana wakaf tetap ada di bawah BWI.

Manfaat dari wakaf uang tersebut, tambah Ma'ruf, juga akan diberikan kepada penerima yang telah ditentukan oleh wakif atau pihak yang mewakafkan hartanya.

"Ini yang harus dipahami, bahwa Pemerintah tidak akan mengambil; dan ini tidak untuk Pemerintah, tapi Pemerintah memfasilitasi untuk kepentingan umat, dananya ya dana umat," tukasnya.

Melalui GNWU diharapkan semakin banyak umat Islam yang mewakafkan uangnya atau mengalihkan metode wakafnya. Selain itu, Wapres juga berharap pengelolaan wakaf uang dapat menjadi lebih profesional supaya memperoleh kepercayaan dari umat.

"Kami juga akan melakukan perbaikan struktural, termasuk di dalam BWI. Nanti ada pengawas-nya, kemudian ada manajer investasinya, semua untuk umat dan transparan. Itu nanti harus terbuka supaya semua bisa tahu apa yang terjadi," ujarnya.

S:voi


Name

Berita,12445,HUMOR,5,Internasional,158,Kesehatan,8,Nasional,12319,News,70,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ma'ruf Amin: Umat Islam Seharusnya Berterima Kasih kepada Presiden Jokowi
Ma'ruf Amin: Umat Islam Seharusnya Berterima Kasih kepada Presiden Jokowi
https://1.bp.blogspot.com/-CERxd83JJIk/YCUyiO-PjZI/AAAAAAAAHA8/DegGBLNY4DMcUBCDvntxLqpbRNIqj-kvQCLcBGAsYHQ/w640-h360/Screenshot_2021-02-11-20-32-23-65.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CERxd83JJIk/YCUyiO-PjZI/AAAAAAAAHA8/DegGBLNY4DMcUBCDvntxLqpbRNIqj-kvQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/Screenshot_2021-02-11-20-32-23-65.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/maruf-amin-umat-islam-seharusnya.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/maruf-amin-umat-islam-seharusnya.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy