$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Terbongkar, 5 Latar Aktor Kudeta AHY di Kursi Ketum Demokrat, Ferdinand Hutahaean Tak Tinggal Diam

INDONESIAKININEWS.COM -  Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono membeber upaya kudeta terhadap dirinya. Putra Presiden ke VI RI...



INDONESIAKININEWS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono membeber upaya kudeta terhadap dirinya.

Putra Presiden ke VI RI Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) ini pun mengantongi 5 aktor intelektual pelaku makar terhadap Partai Demokrat.

AHY pun membeberkan latar belakang 5 sosok yang berniat melengserkan dirinya.

Satu diantaranya disebut AHY merupakan orang dekat Presiden Joko Widodo.

Mantan kader Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean pun angkat bicara soal isu makar di tubuh partai bentukan SBY tersebut.

Ferdinand Hutahaean juga menyorot keberanian AHY menuding orang dekat Jokowi terlibat.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap ada gerakan politik yang ingin mengambil alih kepemimpinan partai tersebut secara paksa.

AHY menyebut informasi itu ia dapatkan setelah ada laporan dari pimpinan dan kader Demokrat, baik tingkat pusat maupun cabang.

"Adanya gerakan politik yang mengarah pada upaya pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat secara paksa."

"Yang tentu mengancam kedaulatan dan eksistensi Partai Demokrat," kata AHY lewat konferensi pers secara virtual, Senin (1/2/2021).

AHY menyatakan, menurut kesaksian dan testimoni banyak pihak yang didapatkan, gerakan itu melibatkan pejabat penting pemerintahan, yang secara fungsional berada di dalam lingkar kekuasaan terdekat dengan Presiden Joko Widodo.

AHY menyebut, gerakan tersebut terdiri dari kader secara fungsional, mantan kader, dan non-kader.

Gabungan dari pelaku gerakan itu ada 5 orang.

Terdiri dari 1 kader Demokrat aktif, 1 kader yang sudah 6 tahun tidak aktif, dan 1 mantan kader yang sudah 9 tahun diberhentikan dengan tidak hormat dari partai karena menjalani hukuman akibat korupsi.

Serta, 1 mantan kader yang telah keluar dari partai 3 tahun yang lalu.

Sedangkan yang non-kader partai adalah seorang pejabat tinggi pemerintahan.

"Tentunya kami tidak mudah percaya dan tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah (presumption of innocence) dalam permasalahan ini," ucap AHY.

Oleh karena itu, AHY sejak pagi tadi telah bersurat secara resmi kepada Presiden Jokowi, untuk mendapatkan konfirmasi dan klarifikasi terkait gerakan politik yang disebut inkonstutional itu.

"Tadi pagi, saya telah mengirimkan surat secara resmi kepada Yang Terhormat Bapak Presiden Joko Widodo."

"Untuk mendapatkan konfirmasi dan klarifikasi dari beliau terkait kebenaran berita yang kami dapatkan ini," paparnya.

Turut mendampingi AHY saat jumpa pers, Sekjen Demokrat Teuku Riefki Harsya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Panjaitan, Majelis Kehormatan Partai Demokrat Nahrawi Ramli, dan para keder Demokrat lainnya.

Tanggapan Ferdinand Hutahaen

Menanggapi statemen AHY, mantan kader Demokrat Ferdinand Hutahaen menyebut hal tersebut sebagai tuduhan yang sangat berani.

"Tuduhan yang sangat berani menyebut lingkarang Jokowi," tulis Ferdinand di akun Twitternya, Senin (1/2/2021).

Ferdinand menyebut, apabila tuduhan itu tidak bisa dibuktikan, hal itu sama saja Demokrat menabuh genderang perang dengan Jokowi.

"Kalau ini tak bisa dibuktikan, maka sama saja Demokrat menabuh genderang perang kepada Jokowi dan lingkarannya.

Mengambil alih sebuah partai yang sudah sah kepengurusannya tidaklah mudah dan saya tak percaya lingkaran Jokowi terlibat hal begini,"imbuhnya lagi.

Kader Solid

AHY langsung gerak cepat melakukan konsolidasi internal dengan jajarannya terkait adanya upaya kudeta, tersebut.

Suami Annisa Pohan ini langsung meminta garansi kesetiaan dari para kadernya di level provinsi maupun Kabupaten/Kota.

AHY meyakini, solidnya kader Partai Demokrat akan membuat upaya kudeta ini menjadi sia-sia.

Kendati demikian, AHY mengaku telah menerima surat pernyataan kesetiaan dan kebulatan tekad dari seluruh pimpinan Partai Demokrat di tingkat daerah dan cabang seluruh Indonesia.

"Insya Allah, gerakan ini dapat ditumpas oleh kesetiaan dan kebulatan tekad seluruh pimpinan, baik di tingkat pusat, maupun daerah dan cabang serta seluruh kader Demokrat lainnya di berbagai wilayah Tanah Air," kata dia.


s: tribunnews.com


Name

Berita,12524,HUMOR,5,Internasional,158,Kesehatan,8,Nasional,12398,News,70,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Terbongkar, 5 Latar Aktor Kudeta AHY di Kursi Ketum Demokrat, Ferdinand Hutahaean Tak Tinggal Diam
Terbongkar, 5 Latar Aktor Kudeta AHY di Kursi Ketum Demokrat, Ferdinand Hutahaean Tak Tinggal Diam
https://1.bp.blogspot.com/--cYd69-dapY/YBjVylpqdQI/AAAAAAAAIQw/A7DxP-oaObYHbzwCkm7WNlPWxjc9wjZyQCLcBGAsYHQ/w640-h360/5c19aa6f0db94efdda1df9dd60df2199.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--cYd69-dapY/YBjVylpqdQI/AAAAAAAAIQw/A7DxP-oaObYHbzwCkm7WNlPWxjc9wjZyQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/5c19aa6f0db94efdda1df9dd60df2199.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/terbongkar-5-latar-aktor-kudeta-ahy-di.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/terbongkar-5-latar-aktor-kudeta-ahy-di.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy