$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Mahfud MD Sebut KPK Hambat Kejagung Buru Koruptor di Luar Negeri

INDONESIAKININEWS.COM - Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) mengungkap bahwa ada institusi penegak hukum y...



INDONESIAKININEWS.COM - Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) mengungkap bahwa ada institusi penegak hukum yang menolak kehadiran Tim Pemburu Koruptor Kejaksaan Agung (Kejagung). 

Menko Polhukam Mahfud MD menyebutkan bahwa institusi yang tidak mendukung penuh kehadiran Tim Pemburu Koruptor Kejagung itu adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sehingga sampai saat ini Surat Keputusan (SK) Perpanjangan Tim Pemburu Koruptor di luar negeri itu belum juga diteken oleh Mahfud MD. 

Menurut Mahfud, KPK berpandangan bahwa Tim Pemburu Koruptor itu bisa tumpang-tindih dengan tugas penegak hukum reguler, sehingga dinilai tidak efektif. 

Baca Juga : Lagi! Tim Kejaksaan Bekuk Koruptor Dana Investasi Askrindo "Sebenarnya ada banyak yang tidak setuju dengan Tim Pemburu Koruptor ini. 

KPK juga tidak setuju, karena memburu koruptor ini bisa jadi tumpang-tindih dengan pekerjaan rutin seperti biasanya," tuturnya di Kejagung, Senin (15/3/2021).

 Menurut Mahfud, Pemerintah Pusat sampai kini masih melakukan pembahasan perlu atau tidak kehadiran Tim Pemburu Koruptor yang biasanya diketuai oleh Wakil Jaksa Agung. 

"SK Tim Pemburu Koruptor itu masih dibahas oleh Sekretariat Negara," katanya. Baca Juga : Tahunan Buron, Koruptor Ini Tak Berkutik Saat Dibekuk Tim Kejaksaan Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono mengemukakan bahwa Tim Pemburu Koruptor Kejagung tersebut tidak hanya memiliki wewenang untuk menangkap para buronan yang sudah masuk red notice interpol, tetapi juga punya wewenang menelusuri aset milik buronan tersebut untuk dirampas oleh negara. 

"Tim ini kan nanti diketuai oleh Wakil Jaksa Agung ya, semua aparat penegak hukum agar tergabung di dalam tim ini untuk bersinergi dan menangkap DPO  yang masuk red notice. 

Tim ini nantinya bisa sekaligus melakukan tracing aset milik buronan kasus korupsi untuk dirampas negara," tuturnya belum lama ini. 

Dia berpandangan bahwa buronan kasus korupsi asal Indonesia yang melarikan diri ke luar negeri, biasanya akan menyamarkan uang hasil korupsi tersebut ke dalam berbagai bentuk aset bergerak maupun tidak bergerak.

 "Terkadang mereka (buronan korupsi) itu kan menyamarkan atau menyimpan aset dari hasil korupsi di negara lain, kita bisa telusuri itu," kata Hari

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Mahfud MD Sebut KPK Hambat Kejagung Buru Koruptor di Luar Negeri", Klik selengkapnya di sini: https://m.bisnis.com/kabar24/read/20210315/16/1367736/mahfud-md-sebut-kpk-hambat-kejagung-buru-koruptor-di-luar-negeri.
Author: Sholahuddin Al Ayyubi
Editor : Edi Suwiknyo

Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS


Name

Berita,13803,H,2,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,9,Nasional,13675,News,72,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Mahfud MD Sebut KPK Hambat Kejagung Buru Koruptor di Luar Negeri
Mahfud MD Sebut KPK Hambat Kejagung Buru Koruptor di Luar Negeri
https://1.bp.blogspot.com/-Jn40P6SnRq4/YFB0ntj5YEI/AAAAAAAALwg/kPRqhlCSnOom9pOBzwFICRfwOZl02mSTACLcBGAsYHQ/w640-h388/Screenshot_2021-03-16-15-34-31-30.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Jn40P6SnRq4/YFB0ntj5YEI/AAAAAAAALwg/kPRqhlCSnOom9pOBzwFICRfwOZl02mSTACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h388/Screenshot_2021-03-16-15-34-31-30.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/03/mahfud-md-sebut-kpk-hambat-kejagung.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/03/mahfud-md-sebut-kpk-hambat-kejagung.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy