$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Mengapa Warga Timor Leste Padati PLBN Motaain? Imigrasi Atambua Beri Penjelasan Mengejutkan

INDONESIAKININEWS.COM -  Puluhan warga negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) yang hendak kembali ke negaranya sempat menumpuk di PLB...



INDONESIAKININEWS.COM - Puluhan warga negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) yang hendak kembali ke negaranya sempat menumpuk di PLBN Motaain, Kabupaten Belu-Indonesia, Kamis (4/3/2021).

Informasi yang diperoleh Pos Kupang.Com cukup beragam.

Ada yang mengatakan, warga Timor Leste tidak diizin keluar sebelum membayar biaya administrasi akibat masa berlaku izin tinggal di Indonesia sudah habis.


 
Informasi lainnya disebutkan, warga negara Timor Leste tidak bisa masuk ke negara asalnya karena pelayanan di pintu PLBN Timor Leste di Batu Gede tutup sehingga warga Timor Leste hanya menumpuk di PLBN Motaain.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Atambua, K.A Halim saat dikonfirmasi, Kamis (4/3/2021) malam membenarkan adanya penumpukan sekitar 50-an orang warga negara Timor Leste di salaser pintu masuk gedung utama keberangkatan PLBN Motaain sejak pukul 09.00 Wita.

Alasan utama penumpukan warga itu karena pemerintah Timor Leste belum mengizinkan warganya masuk ke Timor Leste.


Halim menegaskan, Imigrasi Atambua perlu meluruskan informasi yang beredar bahwa penumpukan warga Timor Leste di PLBN Motaain terjadi karena masalah internal dari negara Timor Leste sendiri.

Bukan diperhambat oleh petugas  
Custom Immigration Quarantine (Bea Cukai, Imigrasi, Karantina). 

Halim menjelaskan kronologisnya bahwa Kamis (4/3/2021) direncanakan keberangkatan 12 pasien Timor Leste ditambah pengurus atau pengantar pasien yang selama ini berobat di Jakarta.

Pihak Konsulat telah mendapat persetujuan dari Pemerintah Timor Leste untuk keberangkatan 12 pasien tersebut. 


 
Namun diluar dari pasien tersebut datang juga mahasiswa Timor Leste yang sudah beberapa lama ini tertahan di Konsulat Timor Leste di Atambua karena belum mendapat ijin masuk dari Imigrasi Timor Leste. 

Selain mahasiswa, ada juga masyarakat umum yang akan pulang ke Timor Leste datang ke PLBN Motaain.

Namun setelah batas waktu pelayanan yang disepakati yaitu dari jam 09.00-12.00 Wita, ternyata pesawat yang mengangkut pasien tersebut belum datang atau terlambat sehingga menyebabkan keterlambatan para pasien tiba di Motaain. 

Selain itu, belum adanya izin masuk bagi mahasiswa dan masyarakat umum sehingga pelayanan yang dilakukan Imigrasi Timor Leste terhadap warga negaranya sendiri dipending hingga besok sambil menunggu persetujuan dari Pemerintah Pusat Timor Leste sendiri.


Kondisi ini membuat warga Timor Leste yang hendak pulang ke negaranya menumpuk di PLBN Motain tadi pagi.

 
Menurut Halim, sesuai informasi dari pihak Timor Leste, besok pagi semua warga negara Timor Leste, baik pasien, mahasiswa dan masyarakat umum yang selama ini tertahan akan diberangkatkan. Jumlah pelintas yang difasilitasi Konsulat Timor Leste di Atambua berjumlah 52 orang. 

Halim menambahkan, semua pelintas tersebut memiliki dokumen perjalanan dan izin tinggal.

Perlu diketahui, dalam pasal 16 ayat 2 UU nomor 6 tahun 2011 disebutkan,  
Pejabat Imigrasi juga berwenang menolak Orang Asing untuk keluar Wilayah Indonesia dalam hal Orang Asing tersebut masih mempunyai kewajiban di Indonesia yang harus diselesaikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
 

Pasal 78 dijelaskan, Orang Asing pemegang Izin Tinggal yang telah berakhir masa berlakunya dan masih berada dalam Wilayah Indonesia kurang dari 60 (enam puluh) hari dari batas waktu Izin Tinggal dikenai biaya beban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


 
Orang Asing yang tidak membayar biaya beban sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenai Tindakan Administratif Keimigrasian berupa Deportasi dan Penangkalan. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas)


 

herbal_Cosmetic08139148****
1d
1

📣info Pemesanan/WA= О8Ӏ.39Ӏ.Ч88.399 Jual Obat Herbal Cocok Untuk Usia Lanjut= 💊OBΑΤ KUAT TAHAN LAMA 💊OBAT PEMBESAR PENlS 💊PER4NGSANG 💊OBAT TIDUR 💊OBAT PENGENTAL SPERMA 💊ALAT BANTU SEΧ PRIA&WANITA 💊VAKUM ΡEMBESAR PENlS 💊OBAT PEMBESAR PAYUD4RA 💊ANEKA COMD0M SAMBUNG 💊PERAPAT VAGΙNΑ 💊PENGHILANG TATTO 💊PELANGSING/DIET 💊PENGGEMUK 💊PENINGGI BADAN 💊OBAT DAN CELANA HERNΙΑ (DEWASA&ANAK) =>BERGARANSI ika produk yg dijual palsu Uang kembali. Kasiat Terbukti Jos dan Aman Untuk segala penyakit Apapun. 📛Menerima pemesanan keseluruh indonesia via paket POS,JNE,TIKI,J&T (Gratis Ongkir) <<< terimakasih >>>..Lainnya

Balas

OBAT_PASUTRI
1d
1

♨Jual Obat Herbal"BERGARANSI"Cocok Untuk Usia Lanjut=... 💊OBΑΤ KUAT TAHAN LAMA 💊OBAT PEMBESAR PENlS 💊PER4NGSANG 💊OBAT TIDUR 💊OBAT PENGENTAL SPERMA 💊ALAT BANTU SEΧ PRIA & WANITA 💊VAKUM ΡEMBESAR PENlS 💊OBAT PEMBESAR PAYUD4RA 💊ANEKA COMD0M BERGERIGI 💊PENGHILANG TATTO 💊PELANGSING/DIET 💊PENGGEMUK 💊PENINGGI BADAN 💊OBAT DAN CELANA HERNΙΑ (DEWASA&ANAK) *📣INFO PRODUK & PEMESANAN Hubungi= 📲Whαtsαpp/Telegram= O8I.235.97I.82O* =>Jika Produk yg dijual palsu Uang kembali. Kasiat Terbukti Jos dan Aman Untuk segala penyakit Apapun. 📛Menerima pemesanan keseluruh indonesia via paket POS,JNE,TIKI,J&T (Gratis Ongkir) *TERIMA KASIH*Lainnya

Balas

GUEST_aE65J66Ym
2d

Negarawan Timor Leste, Pahlawan Negara RDTL kami ok
Balas

+62-8226993****
2d

Timor Leste dipimpin oleh presiden dan Perdana Menteri Xanana Gusmao mantan Napi LP Cipinang juga bisa jadi pemimpin negara Timor LesteLainnya

Balas
Tampilkan 4 komentar




Berikan pendapatmu

Mungkin kamu suka
Beredar Kritik untuk Ibu Felicia: Sikapnya ke Iriana Jokowi Sudah Offside


5
2h
suara.com


Ini Kata Xanana Gusmao Soal Timor Leste Bakal Jadi Negara Mati 10 Tahun Mendatang


6
2d
kupang.tribunnews.com


AHY Sibuk Safari Cegah Pengakuan Hasil KLB, Moeldoko Malah Lakukan Ini


40
19h
idntimes.com


Wika Salim Sapa Pemilik Truk Yang Pampang Wajahnya, Langsung Teriak Begini

3d
wowkeren.com



4

4

2


Mari kita bahas





Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Mengapa Warga Timor Leste Padati PLBN Motaain? Imigrasi Atambua Beri Penjelasan Mengejutkan
Mengapa Warga Timor Leste Padati PLBN Motaain? Imigrasi Atambua Beri Penjelasan Mengejutkan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBG2_54UvtfLfLmoKWD7wg55br13k7K9ywV5tOjz7bSAhoiJlHDLR2U520Rjke8411l2NiBW8EFiUQkKQNN_uDv-gd_GaFDtaIpN9PnoQkKSO3NCEqqSoN67BJTqgguy7ICJASc-5iIRY/w640-h386/Screenshot_2021-03-09-09-52-50-74.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBG2_54UvtfLfLmoKWD7wg55br13k7K9ywV5tOjz7bSAhoiJlHDLR2U520Rjke8411l2NiBW8EFiUQkKQNN_uDv-gd_GaFDtaIpN9PnoQkKSO3NCEqqSoN67BJTqgguy7ICJASc-5iIRY/s72-w640-c-h386/Screenshot_2021-03-09-09-52-50-74.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/03/mengapa-warga-timor-leste-padati-plbn.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/03/mengapa-warga-timor-leste-padati-plbn.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy