$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Pakar Hukum: AD/ART Demokrat Langgar Kedaulatan Anggota dan UU Parpol, Pengurus Hasil KLB Berpeluang

INDONESIAKININEWS.COM -  Ternyata struktur Partai Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat belum lama ini berpeluang disahkan...



INDONESIAKININEWS.COM - Ternyata struktur Partai Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat belum lama ini berpeluang disahkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). 

Hal ini karena beberapa pihak menilai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat yang menghasilkan pengurus Kongres tahun 2020 lalu menyalahi Undang-Undang Partai Politik.

Tak hanya itu, AD/ART Partai Demokrat tidak memberikan kedaulatan kepada anggota.

Pakar Hukum Universitas Al-Azhar Indonesia, Suparji Ahmad menilai bahwa Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang bisa saja disahkan.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. 

(Kolase Tribun Manado / Istimewa)
"KLB tersebut bisa disahkan karena pada kongres Partai Demokrat (PD) di Jakarta 2020 ada hal-hal yang perlu direkonstruksi agar selaras dengan undang-undang Partai Politik," kata Suparji dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (22/3/2021).

Menurut Suparji, substansi dalam AD/ART Partai Demokrat yang perlu direkonstruksi agar sesuai dengan UU Partai Politik, misalnya dukungan untuk memberikan suara kepada ketua umum terpilih.

"Surat dukungan tersebut kemudian diberikan oleh Ketua DPD/DPC namun diduga pemberian surat dukungan tersebut dilakukan tidak secara demokratis," ungkapnya.

Dia beranggapan, hal itu tidak selaras dengan pasal 15 UU Parpol yang di dalamnya menerangkan bahwa kedaulatan partai politik berada di tangan anggota yang dilaksanakan menurut AD/ART.

Suparji lantas menyebutkan bahwa AD/ART Partai Demokrat meletakkan forum kekuasaan tertinggi pada Majelis Tinggi Partai.

Kata dia, dalam aturan internal itu, KLB dapat diadakan atas persetujuan Majelis Tinggi serta minimal dihadiri 2/3 DPD dan 1/2 DPC.

"Ini menunjukkan Majelis Tinggi Partai mengeliminasi hak pemilik suara dalam urusan dengan Kongres dan Kongres Luar Biasa. Karena kekuasaan dan kewenangan Ketua Majelis Tinggi Partai lebih tinggi dari Kongres/KLB atau lebih tinggi dari kehendak Para Pemilik Suara," jelasnya.

Dia menyatakan, jika ditinjau dari AD/ART Partai Demokrat 2020, memang KLB di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara tidak sah.
 
Kendati demikian, AD/ART PD 2020 dikualifikasi tidak sesuai dengan kedaulatan anggota dan UU Parpol, maka Suparji mengatakan, AD/ART tersebut tidak dapat dijadikan batu uji untuk menilai legalitas KLB.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pakar Hukum Sebut KLB Demokrat Deli Serdang Bisa Saja Disahkan, https://www.tribunnews.com/nasional/2021/03/22/pakar-hukum-sebut-klb-demokrat-deli-serdang-bisa-saja-disahkan.

Editor: Dewi Agustina


 




Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Pakar Hukum: AD/ART Demokrat Langgar Kedaulatan Anggota dan UU Parpol, Pengurus Hasil KLB Berpeluang
Pakar Hukum: AD/ART Demokrat Langgar Kedaulatan Anggota dan UU Parpol, Pengurus Hasil KLB Berpeluang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsIcSnAcSSUuqiSXCZK94BhgP-cEeyvcO4Bj3zgB_UZoMDfFdLvsZEk6RYgpAiIZzl_-r8ubPD89cPC5Cknf0gTmtqzNLHPIBrSN9HvY3hde7fVjdmcWFQRyCNVoh-6c6IM5YWRhUG_aQ/w640-h428/Screenshot_2021-03-22-19-42-31-03.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsIcSnAcSSUuqiSXCZK94BhgP-cEeyvcO4Bj3zgB_UZoMDfFdLvsZEk6RYgpAiIZzl_-r8ubPD89cPC5Cknf0gTmtqzNLHPIBrSN9HvY3hde7fVjdmcWFQRyCNVoh-6c6IM5YWRhUG_aQ/s72-w640-c-h428/Screenshot_2021-03-22-19-42-31-03.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/03/pakar-hukum-adart-demokrat-langgar.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/03/pakar-hukum-adart-demokrat-langgar.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy