$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Posisi AHY Terancam, Kemenkumham Beri Waktu 7 Hari KLB Sempurnakan Berkas, Begini Respon Darmizal

INDONESIAKININEWS.COM -  Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang mendapat angin segar dari Kementeri Hukum dan HAM ( Kemenkumham ). Setelah m...



INDONESIAKININEWS.COM - Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang mendapat angin segar dari Kementeri Hukum dan HAM ( Kemenkumham ).

Setelah menyerahkan berkas, Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang diberi waktu Kemenkumham untuk sempurnakan berkas.

Bagaimana nasib Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY )? Apakah posisi AHY terancam?
 
Sementara Penggagas Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat Darmizal mengatakan akan segera melengkapi berkas terkait permohonan pengesahan partai ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Hal tersebut dikatakan Darmizal sebagai respon terkait pernyataan Menkumham RI Yasonna Laoly yang mengatakan berkas dari KLB belum sempurna.

"Maka, kami harus taat hukum, taat azas dan norma yang berlaku," kata Darmizal melalui keterangan tertulisnya yang diterima Tribunnews.com, Minggu (21/3/2021).

"Sehingga, jika memang masih ada sedikit kekurangan atau ada yang tercecer, kami pasti segera melengkapi dengan sebaik baiknya sesuai UU, Permen (Peraturan Menteri) dan atau peraturan lainnya yang berlaku," katanya menambahkan.

Dirinya juga mengungkap, rasa terima kasih kepada Menteri Yasonna karena telah memeriksa dokumen yang dilayangkannya secara cermat.

Dirinya beranggapan, cara kerja Menkumham sudah sesuai prosedur sebagai rujukan dalam proses administrasi permohonan pengesahan partai yang pihaknya ajukan.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyatakan, pihaknya sudah meneliti berkas yang diserahkan Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang.
 
Kendati demikian kata Yasonna, dalam berkas tersebut masih belum sempurna dan harus dilengkapi.

"Sudah, kami sudah teliti dirjen juga sudah memberikan surat. ada beberapa hal yang belum sempurna, belum cukup," kata Menteri Yasonna kepada wartawan di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat, Minggu (21/3/2021).

Lebih lanjut, kata politisi dari F-PDIP itu, pihaknya dalam hal ini Dirjen AHU sudah melayangkan surat kepada kubu KLB yang menetapkan Kepala Staf Presiden KSP Moeldoko sebagai ketua umum Partai Demokrat pada Jumat kemarin.

Pada surat tersebut, kubu KLB diminta untuk melengkapi berkas dengan berikan tenggat waktu selama 7 hari.

"Hari Jumat sudah dilaporkan kepada saya dikirimkan surat ke pihak KLB untuk melengkapinya. Diberi waktu karena kan ada waktu 7 hari," kata Yasonna.

"Maka beri waktu mungkin senin atau selasa diberikan kepada kami untuk kami lihat lagi," lanjutnya.

Akan tetapi, Yasonna tidak membeberkan sudah sejauh mana kelengkapan berkas dari kubu Partai Demokrat versi KLB yang diteliti pihaknya.

"Pokoknya masih ada yang harus dilengkapi untuk kepentingan. Dokumen-dokumen masih ada yang harus dilengkapi," lanjut Yasonna.

Dirinya menyebut, akan melanjutkan proses pemeriksaan terhadap dokumen itu jika sudah dilengkapi oleh pihak KLB.

"Kalau lengkap kami teruskan, kalau tidak lengkap ya kami ambil keputusan," kata Menteri Yasonna.

Adapun persyaratan kelengkapan KLB yang dimaksud oleh politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu yakni yang harus mematuhi ketentuan perundang-undangan partai politik.

Serta kata dia, KLB yang terjadi pada 5 Maret 2021 di Deli Serdang itu harus mematuhi peraturan Partai Demokrat yang tertuang dalam anggaran dasar anggaran rumah tangga (AD/ART).

"Kan kalau dari segi ketentuan perundang-undangan disebut harus sesuai dengan ad/art ya pelaksanaannya. KLB itu harus kami lihat persyaratannya, seperti 2/3 kehadiran untuk DPD, setengah DPC, ada izin Majelis Tinggi yang substansi itu, jadi harus kami cek," tukas Yasonna.


 

S: Tribunnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Posisi AHY Terancam, Kemenkumham Beri Waktu 7 Hari KLB Sempurnakan Berkas, Begini Respon Darmizal
Posisi AHY Terancam, Kemenkumham Beri Waktu 7 Hari KLB Sempurnakan Berkas, Begini Respon Darmizal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjcihb_gFmd96KdNcM0BUsVI1Ezq6NCsRno1UfqgTLPfwFqgEcn2jKVJ1oYuaV7TgNWr6HJmjNCwGycOT5l1-Ka7oUDephiwSx8pG3-o1fw-R6iaMRUlANFAVNC-5FOFQCqHVonpU7OWI/w640-h356/Screenshot_2021-03-22-19-29-59-37.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjcihb_gFmd96KdNcM0BUsVI1Ezq6NCsRno1UfqgTLPfwFqgEcn2jKVJ1oYuaV7TgNWr6HJmjNCwGycOT5l1-Ka7oUDephiwSx8pG3-o1fw-R6iaMRUlANFAVNC-5FOFQCqHVonpU7OWI/s72-w640-c-h356/Screenshot_2021-03-22-19-29-59-37.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/03/posisi-ahy-terancam-kemenkumham-beri.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/03/posisi-ahy-terancam-kemenkumham-beri.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy