$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Pengamat: SKPD Dibungkam Demi Pencitraan Anies Baswedan

INDONESIAKININEWS.COM -  Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahardiansyah menyoroti keluhan anggota DPRD DKI Jakarta...



INDONESIAKININEWS.COM - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahardiansyah menyoroti keluhan anggota DPRD DKI Jakarta Jamaluddin karena dicuekin Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta saat menyampaikan aspirasi masyarakat.

Menurut Trubus, SKPD tidak bersikap transparan karena tekanan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) besutan Gubernur Anies Baswedan. Dia menyebut, Gubernur Anies memberikan kepercayaan luar biasa ke TGUPP untuk mengontrol SKPD. Imbasnya, masyarakat menjadi korban dan kehilangan informasi lengkap.

"Ini semua ulah dari TGUPP membungkam SKPD agar tidak mempublikasikan data kepada publik," kata Trubus ketika dikonfirmasi AKURAT.CO, Selasa (13/4/2021).

Masih kata Trubus, pembungkaman SKPD semata-mata untuk menjaga nama baik Anies Baswedan agar tidak terlihat jelek di mata publik.

Di sisi lain, Anies dinilai rajin membangun narasi soal transparansi untuk meyakinkan publik.

"Tujuan pembungkaman SKPD adalah untuk pencitraan politik gubernur, ini politik. Semuanya ditutupi, TGUPP ini enggak tahu fungsinya apa, tapi dipertahankan terus. (TGUPP) enggak ada kerjaan lain, kecuali mengamankan kepentingan Gubernur," tegasnya. 

Trubus melanjutkan, salah satu ketidaktransparanan Pemerintah  Provinsi DKI  Jakarta adalah tentang anggaran Formula E. Kata dia masyarakat sama sekali tidak pernah diberitahu mengenai kejelasan anggaran ini.

Besaran anggaran Formula E baru terbongkar setelah BPK mengaudit dan menemukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menggelontorkan anggaran nyaris Rp1 triliun kepada penyelenggara. Commitment fee ini telah dibayarkan sejak 2019 lalu.

"Terus muncul lagi kasus pembeliaan tanah untuk rumah Dp 0 rupiah itu juga masyarakat tidak tahu, anggaran dan perencanaannya, ketika KPK turun tangan, jadi tersangka lah si Yoory (mantan Dirut Perumda Pemangunan Sarana Jaya), ini juga karena ada karyawan yang lapor, masyarakat tidak bisa lapor karena tidak punya data," tegasnya.

Sebelumnya,  Politisi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta Jamaludin merasa jengkel dengan sejumlah pimpinan SKPD Provinsi DKI Jakarta yang kerap mencueki pesan singkat atau sambungan telepon darinya.

Bukan tanpa sebab, Jamaludin berang. Pasalnya, dia menghubungi SKPD untuk menyampaikan aspirasi masyarakat yang diresapnya ketika masa reses, namun tidak mendapat respons. Kekesalan Jamaludin ditumpahkan ketika rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021).

Jamaludin bahkan meminta Wakil Ketua DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi selaku pimpinan rapat paripurna untuk menyampaikan kritiknya kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia berpesan agar Anies mencari pimpinan SKPD yang bermartabat dan berakhlak baik.

"Saya meminta kepada pimpinan, bisa kiranya dapat menyampaikan kepada gubernur dan wakilnya agar jangan mementingkan manusia berilmu tinggi saja. Tolong yang berakhlak tinggi juga dijadikan pembantu pimpinan gubernur dan wagub," kata Jamuldian dalam rapat.


s: akurat.co


Name

Berita,14390,H,4,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,10,Nasional,14261,News,72,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Pengamat: SKPD Dibungkam Demi Pencitraan Anies Baswedan
Pengamat: SKPD Dibungkam Demi Pencitraan Anies Baswedan
https://1.bp.blogspot.com/-7lW3RLmtsjE/YHaNzKnsCAI/AAAAAAAAKLs/VlRqsaPMQ0cLZG5rXr1s1K0DJh9k-iTYACLcBGAsYHQ/w640-h640/cec8871389f90c297f8d6e44e4e2e9e1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7lW3RLmtsjE/YHaNzKnsCAI/AAAAAAAAKLs/VlRqsaPMQ0cLZG5rXr1s1K0DJh9k-iTYACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h640/cec8871389f90c297f8d6e44e4e2e9e1.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/pengamat-skpd-dibungkam-demi-pencitraan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/pengamat-skpd-dibungkam-demi-pencitraan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy