$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Cek Fakta: UAS Jadi Tersangka, Polri Amankan Uang Sumbangan Umat, Benarkah?

INDONESIAKININEWS.COM -  Sebuah narasi yang menyebut bahwa UAS jadi tersangka dan Polri telah mengamankan uang hasil sumbangan umat beredar ...



INDONESIAKININEWS.COM - Sebuah narasi yang menyebut bahwa UAS jadi tersangka dan Polri telah mengamankan uang hasil sumbangan umat beredar di media sosial.

Video tersebut diunggah di Youtube oleh akun Suara Inspirasi pada 18/5/2021 dan dibuat dengan durasi sepanjang 10 menit 3 detik.

Di bagian muka video, tampak sosok mirip UAS mengenakan baju tahanan berwarna oranye. Ada pula narasi yang menyebut bahwa UAS akan dijerat pasal berlapis.

Berikut ini narasi selengkapnya: 

"Berita Terkini ~ UAS Jadi Tersangka!! Polri Amankan Uang Sumbangan Umat"
 
"AKHIRNYA TERUNGKAP- POLRI TEMUKAN BUKTI BARU 'UAS TERJERAT PASAL BERLAPIS',"

Lantas benarkah klaim tersebut?

Cek Fakta UAS jadi tersangka, Polri amankan uang hasil sumbangan umat (turnbackhoax.id)
Cek Fakta UAS jadi tersangka, Polri amankan uang hasil sumbangan umat (turnbackhoax.id)
PENJELASAN: 

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id -- Jaringan Suara.com, narasi yang menyebut bahwa UAS jadi tersangka, Polri amankan uang sumbangan umat tidaklah benar.

Faktanya, hingga saat ini belum ada informasi resmi dan tepercaya terkait klaim tersebut. Video yang diunggah dengan menyertakan narasi tersebut pun dinilai tak mengandung informasi pendukung yang valid.

Dalam video itu pun tak ditemui narasi yang menyatakan UAS telah diamankan oleh Polri terkait tuduhan kasus penipuan uang sumbangan rakyat. Video hanya berisi sorotan beberapa tokoh terkait transparansi uang donasi yang telah terkumpul.

Berdasarkan penelurusan melalui yandex, thumbnail video yang menunjukkan UAS menggunakan baju tahanan berwarna oranye bersama Polri adalah hasil suntingan.

Dari hasil penelurusan yandex menunjukkan gambar tersebut identik dengan artikel berjudul "Perkembangan Kasus Memiles, Siapa Lagi Artis yang Diperiksa" yang diunggah di situs kompas.tv pada 21 Januari 2020.

Foto dalam artikel tersebut tidak terdapat sosok UAS yang mengenakan baju tahanan berwarna oranye dan artikel tersebut juga tidak ada kaitannya dengan kabar UAS jadi tersangka.

Video serupa yang menyatakan UAS terjerat kasus penipuan telah banyak beredar di beberapa akun Youtube dan dibagikan melalui beberapa platform media sosial lainnya.

Menanggapi hal tersebut beberapa media pemeriksa fakta telah membantah tuduhan tersebut karena tidak ada informasi dan pemberitaan resmi dan pihak Polri maupun stakeholder lain yang terlibat.




 

S:suara.com


Name

Berita,15462,H,7,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,12,Nasional,15332,News,75,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Cek Fakta: UAS Jadi Tersangka, Polri Amankan Uang Sumbangan Umat, Benarkah?
Cek Fakta: UAS Jadi Tersangka, Polri Amankan Uang Sumbangan Umat, Benarkah?
https://1.bp.blogspot.com/-ZmnRia0mRzA/YK-kiAnDIBI/AAAAAAAAOHM/4KncIRDk7csla-FcheVUeYjvGkrmZz5HQCLcBGAsYHQ/w640-h384/Screenshot_2021-05-27-20-52-43-10.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ZmnRia0mRzA/YK-kiAnDIBI/AAAAAAAAOHM/4KncIRDk7csla-FcheVUeYjvGkrmZz5HQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h384/Screenshot_2021-05-27-20-52-43-10.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/cek-fakta-uas-jadi-tersangka-polri.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/cek-fakta-uas-jadi-tersangka-polri.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy