$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Densus 88 Belum Tembus Rimba Raya Papua Berantas Teroris KKB, Ternyata Perintah Jenderal Ini yang Ditunggu

INDONESIAKININEWS.COM -  Pemerintah Indonesia secara resmi menyebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di tanah Papua sebagai teroris. Hal i...



INDONESIAKININEWS.COM - Pemerintah Indonesia secara resmi menyebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di tanah Papua sebagai teroris.

Hal itu diumumkan langsung oleh Menko Polhukam Mahfud MD. Dengan status teroris pada KKB, maka wilayah Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88 AT) Polri, yang akan jadi garda terdepan memberantasnya.

Namun, kenapa hingga saat ini Densus 88 belum juga masuk rimba hutan Papua memburu KKB?

Tampaknya hingga saat ini Densus 88 yang terkenal militan dan dipercaya ampuh melumpuhkan teroris masih menunggu komando dari sosok jenderal bernama Listyo Sigit Prabowo.

Mabes Polri mengatakan jika Densus 88 siap memberantas kelompok teroris KKB di Papua.

Namun, hingga saat ini Densus 88 masih menunggu instruksi Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Secara umum kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, pelibatakan Densus 88 tidaklah sulit.

Dia mencontohkan keteribatan Densus 88 saat penanganan sejumlah pelaku teroris di wilayah Poso Sulteng dan Mujahidin Indonesia Timur.

"Densus 88 dilibatkan di dalam membantu Satgas Operasi Tinombala maupun Satgas Operasi Madago Raya," kata Kombes Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, pada Jumat, 30 April 2021.

Apakah Densus siap ke Papua?

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, menjelaskan jika Densus 88 siap menangani KKB di Papu

Saat ini pasukan Densus 88 tinggal menunggu instruksi dari Kapolri.

Kata dia, Densus 88 berada langsung di bawah Kapolri dalam menjalankan tugasnya.

"Densus ini langsung di bawah Kapolri. Tentunya Densus 88 akan melaksanakan perintah setelah mendapatkan perintah dari Kapolri," kata Ramadhan.

Jika Densus 88 diperintahkan ke Papua, maka akan siap membantu Satuan Tugas Operasi Nemangkawi yang saat ini sudah bertugas dalam rangka memburu KKB di Papua.

"Saat ini, masih menunggu perintah dari Kapolri," sambung Ramadhan.

Stigma orang Papua di Rantau

Pelabelan teroris terhadap KKB Papua menimbulkan polemik hingga penolakan, salah satunya dari Pemerintah Provinsi Papua.

Terbaru, Pemerintah Provinsi Papua meminta pemerintah pusat untuk mengkaji ulang pelabelan KKB sebagai kelompok teroris.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan pemerintah pusat harus melakukan kajian terlebih dahulu secara komprehensif dengan memperhatikan dampak sosial, ekonomi dan dampak hukum terhadap warganya.

Dirinya mengatakan Pemprov Papua menginginkan aparat keamanan untuk melakukan pemetaan terhadap anggota dan lokasi KKB, agar tidak ada warga Papua yang menjadi salah sasaran.

Dirinya juga khawatir pelabelan tersebut akan memiliki dampak psikosial bagi warga Papua di perantauan.

"Ini ditakutkan akan memunculkan stigmatisasi negatif yang baru bagi warga Papua yang ada di perantauan," kata Lukas Enembe seperti dikutip oleh Pikiran-Rakyat.com dari Anadolu Agency.***


 

S: Tribunnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Densus 88 Belum Tembus Rimba Raya Papua Berantas Teroris KKB, Ternyata Perintah Jenderal Ini yang Ditunggu
Densus 88 Belum Tembus Rimba Raya Papua Berantas Teroris KKB, Ternyata Perintah Jenderal Ini yang Ditunggu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhluJDEwdbLcuIkMPKemJohDsxqEHmaElTRW1o57KOp4dvGhWuDFfrXRtTiGpXrNKAZyhp2aDjD-7i21lBmvByvUthgx-WHZIN0i8mf01OhV1sPnEosFTFCbwb9jVF-GjOIutMDqlcMimQ/w640-h360/Screenshot_2021-05-01-20-13-03-09.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhluJDEwdbLcuIkMPKemJohDsxqEHmaElTRW1o57KOp4dvGhWuDFfrXRtTiGpXrNKAZyhp2aDjD-7i21lBmvByvUthgx-WHZIN0i8mf01OhV1sPnEosFTFCbwb9jVF-GjOIutMDqlcMimQ/s72-w640-c-h360/Screenshot_2021-05-01-20-13-03-09.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/densus-88-belum-tembus-rimba-raya-papua.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/densus-88-belum-tembus-rimba-raya-papua.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy