$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Perempuan Arab Terima Ginjal dari Lelaki Yahudi yang Tewas Dilempari Batu

INDONESIAKININEWS.COM -  Seorang lelaki Yahudi tewas sewaktu terjadi bentrokan dengan kekerasan di Lod, Israel. Kematiannya membawa kehidupa...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Seorang lelaki Yahudi tewas sewaktu terjadi bentrokan dengan kekerasan di Lod, Israel. Kematiannya membawa kehidupan baru bagi seorang perempuan Arab yang telah lama menunggu datangnya donor ginjal.

Yigal Yehoshua, seorang lelaki Yahudi berusia 56 tahun, meninggal dunia pertengahan Mei lalu. Ia tewas setelah dilempari batu, di tengah-tengah kerusuhan antara warga Arab dan Yahudi di Kota Lod, Israel, yang warganya berasal dari beragam latar belakang etnik.

Kekerasan etnik itu terjadi di tengah-tengah pertempuran 11 hari antara pasukan Israel dan militan Hamas di Gaza, yang dipicu oleh berbagai protes dan bentrokan di Yerusalem.

Di Lod serta di berbagai kota lain di dalam wilayah Israel yang memiliki penduduk dari beragam etnik, geng-geng warga Arab dan Yahudi saling berkelahi dan bentrok di jalan-jalan. Mereka membakar mobil-mobil, juga tempat-tempat usaha.

Namun, setelah bentrok berhari-hari, siang dan malam, ada momen langka mengenai harapan persatuan, ketika Randa Aweis, yang berusia 58 tahun, menerima salah satu ginjal Yehoshua setelah menunggu donor selama 10 tahun.

Yehoshua tercatat sebagai donor organ. Secara medis, lelaki Yahudi dan perempuan Arab itu cocok sebagai pendonor dan penerima ginjal.

"Setelah 10 tahun, saya katakan pada diri sendiri. Cukup. Tak ada ginjal. Saya tak menginginkannya. Pekan lalu hari Senin, saya menjalani cuci darah, lalu saya pulang. Setiba di rumah, saya menerima telepon dari Hadassah. Saya tak bisa mempercayainya. Sungguh, saya benar-benar tak percaya," kata Aweis ketika ditemui baru-baru ini Hadassah Medical Center di Yerusalem.

Aweis, yang ditemani putrinya, Niveen, satu dari enam anaknya, menyatakan rasa syukur yang tak henti-henti.

"Saya berterima kasih kepada mereka. Terima kasih, sebanyak-banyaknya. Mereka menyelamatkan saya. Mereka tidak mempermasalahkan apa pun, Arab atau Yahudi. Dari apa yang saya dengar mengenai dia, orang-orang mengatakan bahwa ia adalah lelaki yang baik. Yigal Yehoshua orang baik, tidak melakukan pengrusakan apa pun, tidak merugikan siapa pun, mengapa ia dibunuh? Ini dilarang, haram. Harus ada perdamaian antara Yahudi dan Arab. Perdamaian yang sejati, bukan bohong-bohongan," paparnya.

Sewaktu kematian Yehoshua diumumkan, PM Israel Benjamin Netanyahu mengemukakan, “Kami akan menyelesaikan masalah ini dengan memburu siapa pun yang terlibat dalam pembunuhan ini, tidak seorang pun yang akan lolos dari hukuman.”

Polisi telah menangkap beberapa tersangka yang terkait dengan kekerasan itu.

Aweis tidak pernah bertemu dengan Yehoshua, tetapi ia berbicara dengan jandanya dalam pertemuan melalui video yang dipenuhi dengan isak tangis.

"Saya berbicara dengan istrinya yang malang, ia banyak menangis. Ia menjenguk saya melalui video call. Saya sedang di unit perawatan intensif. Situasinya agak sulit baginya. Apa yang dapat kami lakukan?” kata Aweis.

Ditanya apakah ia berencana untuk menemui istri Yehoshua, Aweis mengatakan ia sudah merencanakan pertemuan itu, tetapi belum dapat melakukannya.

Ia berharap dapat mengunjungi keluarga Yehoshua secara langsung, duduk dan berbincang bersama, begitu ia pulih dari operasi cangkok ginjalnya.

"Ia menyelamatkan saya. Yigal menyelamatkan saya, dan sebanyak apa pun saya ucapkan terima kasih, kepada keluarganya kepada siapa pun, ini mish kifaya, tidak cukup."

S:


Name

Berita,16991,H,101,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,13,Nasional,16861,News,572,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Perempuan Arab Terima Ginjal dari Lelaki Yahudi yang Tewas Dilempari Batu
Perempuan Arab Terima Ginjal dari Lelaki Yahudi yang Tewas Dilempari Batu
https://1.bp.blogspot.com/-bk7K4EgFgPs/YLTk4Xt20FI/AAAAAAAAAvk/6ExMNFPHlEMVnFOIVFxNesvkR6hqalUmACLcBGAsYHQ/w640-h360/Screenshot_2021-05-31-20-29-17-81.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-bk7K4EgFgPs/YLTk4Xt20FI/AAAAAAAAAvk/6ExMNFPHlEMVnFOIVFxNesvkR6hqalUmACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/Screenshot_2021-05-31-20-29-17-81.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/perempuan-arab-terima-ginjal-dari.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/perempuan-arab-terima-ginjal-dari.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy