$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Alasan Irjen Mathius Biarkan KKB Papua Kabur ke Hutan Lebat Setelah Tembaki Sipil

INDONESIAKININEWS.COM - Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri punya penjelasan soal kaburnya KKB Papua. Dia rupanya tak mau terpancing oleh...


INDONESIAKININEWS.COM -
Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri punya penjelasan soal kaburnya KKB Papua.

Dia rupanya tak mau terpancing oleh aksi kebrutalan teroris KKB Papua seusai menembak warga sipil.

Warga sipil yang ditembak teroris KKB Papua berstatus sebagai pekerja bangunan di Habel Halenti Kampung Eromaga, Distrik Omukia.

Penembakan terjadi pada Kamis (3/6/2021) siang.

Kebrutalan KKB Papua semakin menjadi-jadi.

Di hari yang sama, mereka membakar satu tower bandara, ruang tunggu bandara, tiga perumahan perhubungan udara dan satu rumah warga pada pukul 17.30 WIT.

Satgas Nemangkawi yang menuju ke lokasi kejadian sempat kontak senjata selama satu jam dengan teroris KKb Papua.


Aparat keamanan memilih mengurungkan niat untuk mengejar para teroris KKB Papua yang lari ke hutan lebat dan dimungkinkan, hanya mereka yang menguasai medan. 

Namun, aksi pengamanan bandara dilanjutkan aparat gabungan pada Jumat (4/6/2021) pagi.

Setelah terjadi kontak senjata dan teroris KKB Papua lari ke perbukitan penuh pepohonan lebat, Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri memerintahkan aparat keamanan mundur dan tidak mengejarnya.

Fakhiri tidak ingin ceroboh dengan mengejar para teroris. Sebab, jika ceroboh maka akan menyumbang senjata dan amunisi kepada para teroris Papua tersebut.

"Kalau ceroboh, justru kita jadi penyumbang senjata dan amunisi buat mereka," kata Irjen Mathius D Fakhiri.

Di sekitar Bandara Aminggaru adalah kawasan perbukitan yang masih dipenuhi pepohonan sehingga aparat keamanan sempat mengalami kesulitan mendekati tempat kejadian.

Tim gabungan pun memutuskan menghentikan sementara kontak senjata pada Kamis malam.

Irjen Mathius D Fakhiri mengaku telah memberikan instruksi supaya aparat keamanan di daerah rawan tidak gegabah.

Salah satu kendala aparat keamanan dalam menghadapi KKB adalah kondisi geografis.


KKB yang merupakan masyarakat setempat lebih menguasai medan sehingga sulit untuk dikejar.

Fakhiri menjelaskan, bila aparat ceroboh dan memaksakan diri untuk mengejar pada saat situasi tak memungkinkan, justru akan menguntungkan KKB.

"Kalau ceroboh justru kita jadi penyumbang senjata dan amunisi buat mereka," kata dia. Namun, Kapolda menegaskan tidak akan mundur menghadapi serangan KKB.

"Pagi ini aparat gabungan akan ke bandara dan diperkirakan KKB masih ada di sekitar bandara sehingga tidak menutup kemungkinan akan kembali ke terjadi kontak senjata, kami tidak akan mundur," ujar Mathius D Fakhiri melalui pesan singkat, Jumat (4/6/2021).

S: Tribun Jateng


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Alasan Irjen Mathius Biarkan KKB Papua Kabur ke Hutan Lebat Setelah Tembaki Sipil
Alasan Irjen Mathius Biarkan KKB Papua Kabur ke Hutan Lebat Setelah Tembaki Sipil
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhwrD6jZPBWdsOnbrBFNEzxgfkvDfBfMy6lBJQ7jg8P8iI2aVZlcFiKS2H_FKnk3wzswhvrJtm8x9B219fYQcZfJjLU6lg2uK4suDKgPgcyq6qUlMDUUXnNOrHYtWshIbVTlbPtVTNyqSh_/w640-h360/IMG_20210605_184628.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhwrD6jZPBWdsOnbrBFNEzxgfkvDfBfMy6lBJQ7jg8P8iI2aVZlcFiKS2H_FKnk3wzswhvrJtm8x9B219fYQcZfJjLU6lg2uK4suDKgPgcyq6qUlMDUUXnNOrHYtWshIbVTlbPtVTNyqSh_/s72-w640-c-h360/IMG_20210605_184628.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/alasan-irjen-mathius-biarkan-kkb-papua.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/alasan-irjen-mathius-biarkan-kkb-papua.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy