$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Tidak Diusung PDIP, Ganjar Tetap Menang Lawan Prabowo dan Anies Baswedan di Pilpres, Ini Penyebabnya

INDONESIAKININEWS.COM -  Nama kader PDIP Ganjar Pranowo tetap menguat sebagai sosok yang diunggulkan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres). Nam...



INDONESIAKININEWS.COM - Nama kader PDIP Ganjar Pranowo tetap menguat sebagai sosok yang diunggulkan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres).

Nama Gubernur Jawa Tengah ini tetap menjadi pilihan masyarakat, walaupun saat pilpres nanti tidak diusung PDIP.

Seperti diketahui, hubungan Ganjar Pranowo dan PDIP sedikit terjadi konflik
 
Ini setelah Ganjar Pranowo tidak diundang dalam acara yang digelar PDIP di Jawa Tengah.

Hasil sejumlah lembaga survei  terhadap calon-calon presiden yang kemungkinan maju di Pilpres 2024 mendatang, selalu ada nama Ganjar Pranowo.

Satu lembaga survei yang baru mengeluarkan hasil survei tentang pilpres, yakni Survei Nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).
Up
Hasi surveri SMRC  terkait Pemilihan Presiden, Ganjar Pranowo akan menang jika berhadapan hanya dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Ganjar Pranowo akan menang jika seluruh pemilih mengetahui ketiganya maju saat Pilpres.

Dikatakan Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad, jika saja Ganjar Pranowo tidak dicalonkan PDIP, persaingan ketat terjadi antara Prabowo dan Anies Baswedan.

Sebab, mereka secara signifikan tidak memiliki perbedaan elektabilitas.

Hasil ini dikatakan Saidiman Ahmad dalam rilis survei bertajuk Partai Politik dan Calon Presiden: Sikap Pemilih Pasca Dua Tahun Pemilu 2019 pada Minggu (13/6/2021).

"Bila Ganjar dicalonkan partai lain tanpa dukungan pemilih PDIP dan bersaing dengan Prabowo dan Anies maka Ganjar didukung 35,3%, Prabowo 30,8%, dan Anies 25,5%," Saidiman Ahmad menjelaskan.

Menurut Saidiman Ahmad, ada dua alasan mengapa Ganjar Pranowo masih kompetitif tanpa pemilih PDIP.

Pertama, Ganjar Pranowo dapat menarik pemilih dari partai lain terutama PKB, Demokrat, partai nonparlemen, pemilih yang belum memilih partai, dan menarik cukup besar dari Golkar dan Nasdem.


"Alasan kedua adalah Ganjar masih unggul tanpa PDIP karena mampu menarik pemilih yang puas dengan kinerja Jokowi di luar PDIP yang jumlahnya sangat besar," kata Saidiman Ahmad.

Ditambahkan Saidiman Ahmad, hal tersebut didukung dengan hasil survei yang menunjukan Ganjar Pranowo unggul di kelompok pemilih yang puas dengan kinerja Jokowi secara umum, dalam menangani Covid-19 dan dalam menangani pemulihan ekonomi akibat covid-19,

Sementara pada kelompok pemilih yang tidak puas dengan kinerja Jokowi, Prabowo yang unggul.

Saidiman Ahmad bilang, mayoritas warga menilai positif kinerja presiden Jokowi secara umum yakni 76%, dan secara lebih khusus dalam mengatasi Covid-19 yakni 62% dan krisis ekonomi yakni 52%.

Sedangkan dibanding Prabowo dan Anies, Ganjar Pranowo lebih mewakili pemilih yang positif dalam menilai kinerja Jokowi lepas dari sikap positif pemilih PDIP terhadap Jokowi karena yang menilai positif kinerja Jokowi juga datang dari pemilih partai-partai lain.


 
"Warga yang menilai positif kinerja Jokowi tersebut jauh lebih banyak yang memilih Ganjar dibanding memilih Prabowo dan apalagi Anies meskipun tanpa pemilih PDI Perjuangan," Saidiman Ahmad menjelaskan.

Populasi survei tersebut adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1.220 responden.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.072 atau 88%.

Sebanyak 1.072 responden tersebutlah yang dianalisis.

Sementara, Margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel tersebut sebesar kurang lebih 3,05% pada tingkat kepercayaan 95% (dengan asumsi simple random sampling).

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih dengan mematuhi protokol kesehatan.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendarangi responden terpilih (spot check).

Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti. Waktu wawancara lapangan dilakukan pada 21 sampai 28 Mei 2021.

 

S: Tribun Jambi


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Tidak Diusung PDIP, Ganjar Tetap Menang Lawan Prabowo dan Anies Baswedan di Pilpres, Ini Penyebabnya
Tidak Diusung PDIP, Ganjar Tetap Menang Lawan Prabowo dan Anies Baswedan di Pilpres, Ini Penyebabnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPaDK09-GHhOcUTPEwCXuBJm5Au_S9lkUKXec2Q5NIaiP37SIK_nd_QgWq_hLPcB1IGXTHjoI94959uFMubHpBMffADBjRyB-zIT1L0j1A1xq5P3W9DNmF6JF6nSntfFAXmpDlrZM_444/w640-h348/Screenshot_2021-06-14-19-03-29-18.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPaDK09-GHhOcUTPEwCXuBJm5Au_S9lkUKXec2Q5NIaiP37SIK_nd_QgWq_hLPcB1IGXTHjoI94959uFMubHpBMffADBjRyB-zIT1L0j1A1xq5P3W9DNmF6JF6nSntfFAXmpDlrZM_444/s72-w640-c-h348/Screenshot_2021-06-14-19-03-29-18.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/tidak-diusung-pdip-ganjar-tetap-menang.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/tidak-diusung-pdip-ganjar-tetap-menang.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy