$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Hukum Nonmuslim Berkurban Seperti Denise Chariesta, Ini Penjelasan Buya Yahya

INDONESIAKININEWS.COM -  Selebgram dan pengusaha bunga hias Denise Chariesta ikut berkurban sapi di Hari Raya Idul Adha tahun ini. Tapi hal ...



INDONESIAKININEWS.COM - Selebgram dan pengusaha bunga hias Denise Chariesta ikut berkurban sapi di Hari Raya Idul Adha tahun ini. Tapi hal itu jadi sorotan lantaran dia bukan seorang muslim.

Sebenarnya bagaimana hukum orang nonmuslim ikut berkurban di Hari Raya Idul Adha?

Pengasuh pondok Pesantren Al-Bahjah, Cirebon, KH. Yahya Zainul Ma'arif atau lebih dikenal Buya Yahya, memberikan penjelasan soal ini.

Dalam video di kanal YouTube Buya Yahya yang diunggah Agustus 2019, Buya Yahya mendapat pertanyaan dari salah satu jamaahnya.
 
Baca Juga: Denise Chariesta Kurban Sapi, Komentar Dinar Candy Jadi Mualaf Disorot

"Bagaimana hukumnya jika ada penganut agama lain ikut menyumbang hewan kurban di salah satu masjid lalu dagingnya dibagikan untuk masyarakat setempat?" demikian bunyi pertanyaan tersebut.

Buya Yahya mengatakan berkurban adalah kewajiban seorang muslim saja. Sehingga jika ada orang nonmuslim ikut berkurban, tak ada nilai dari kurban itu sendiri.

"Tapi kalau mereka ingin berkurban, maksudnya ingin berderma itu sah-sah saja. Bahkan di dalam Islam terjalin suatu keindahan," kata Buya Yahya.

Lebih lanjut Buya Yahya menjelaskan, daging kurban yang berasal dari orang nonmuslim sifatnya hadiah. Dan kata dia, orang muslim boleh menerima hadiah dari penganut agama lain.

"Jadi kita tuh boleh menerima hadiah. Jadi kalau hari raya korban ada orang nonmuslim atau orang kafir yang memberikan sapi untuk disembelih kurban, sah, tapi tidak jatuh korban, ya sudah disembelih saja, dimakan kaum muslimin," ujarnya menjelaskan.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Menjual Kulit Hewan Kurban? Ini Penjelasan Buya Yahya
 
Kendati demikian, tetap ada catatan terkait hal itu. Pertama, orang nonmuslim yang ikut berkurban tak boleh disertai unsur perendahan terhadap orang Islam.

"Akan tetapi kalau memberinya ada irama kebersamaan dalam sebuah persatuan masyarakat, karena dia orang kaya, dia ikut berderma, nggak apa-apa," ujarnya.

Rambu kedua adalah jika orang nonmuslim berkurban sengaja ingin dipandang orang masyarakat sekitar.

"Niatnya dia untuk mengalihkan perhatian lalu ingin mengatakan bahwa yang baik itu saya," katanya.


Di akhir penjelasannya, Buya Yahya ingin menegaskan bahwa hubungan orang Islam dengan nonmuslim tetap harus dijaga.

Baca Juga: Denise Chariesta Kurban Sapi, Komentar Dinar Candy Jadi Mualaf Disorot

"Tetapi pada dasarnya hubungan orang Islam dengan nonmuslim dibangun dengan indah sekali. Ada saat kita memberi, ada saat kita menerima. wallahu a'lam bishawab," kata Buya Yahya.


 

S:Suara


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Hukum Nonmuslim Berkurban Seperti Denise Chariesta, Ini Penjelasan Buya Yahya
Hukum Nonmuslim Berkurban Seperti Denise Chariesta, Ini Penjelasan Buya Yahya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhel3XPpCDovhqFw_pV-11OPez95tAjuW3meMLm93POb8VaWqSJbJf6CzFWZ_GJwAjiSKb7kb5ANptaBtvhx3APJfNtFPe7c5HDq0jvMUYOEjSNIOMGteOJlK03IGElG9psSbfbrlR9ek/w640-h376/Screenshot_2021-07-21-20-06-10-75.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhel3XPpCDovhqFw_pV-11OPez95tAjuW3meMLm93POb8VaWqSJbJf6CzFWZ_GJwAjiSKb7kb5ANptaBtvhx3APJfNtFPe7c5HDq0jvMUYOEjSNIOMGteOJlK03IGElG9psSbfbrlR9ek/s72-w640-c-h376/Screenshot_2021-07-21-20-06-10-75.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/07/hukum-nonmuslim-berkurban-seperti.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/07/hukum-nonmuslim-berkurban-seperti.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy