$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ikan Mas yang Dibuang ke Danau Tumbuh Raksasa dan Jadi Malapetaka

INDONESIAKININEWS.COM -  Ikan mas yang dilepaskan ke danau dapat tumbuh beberapa kali dari ukuran biasaa dan menjadi raksasa. Pertumbuhan ik...



INDONESIAKININEWS.COM - Ikan mas yang dilepaskan ke danau dapat tumbuh beberapa kali dari ukuran biasaa dan menjadi raksasa. Pertumbuhan ikan mas secara tidak biasa ini mendatangkan malapetaka pada spesies asli, menurut pejabat di Burnsville, sekitar 24 kilometer selatan Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat.

"Tolong jangan lepaskan ikan mas peliharaan Anda ke telaga dan danau!" tulis akun pemerintah Kota Burnsville di Twitter pada hari Jumat lalu.

"Mereka tumbuh lebih besar dari yang Anda perkirakan dan mengotori sedimen dasar dan mencabut vegetasi, berkontribusi pada kualitas air yang buruk," cuit mereka.

Para petugas di Kabupaten Carver (Carver County) yang berdekatan dengan Burnsville memindahkan hingga 50.000 ikan mas dari saluran air lokal pada November lalu. Menurut Paul Moline, manajer pengelolaan air county tersebut, ikan mas "adalah spesies yang belum dipelajari" dengan "potensi signifikan untuk sangat mempengaruhi kualitas air danau."
 
Ikan mas, seperti ikan karper, dapat dengan mudah berkembang biak dan hidup di lingkungan rendah oksigen sepanjang musim dingin di Minnesota. Departemen Sumber Daya Alam Minnesota memperingatkan, "Beberapa ikan mas mungkin tampak seperti tambahan yang tidak berbahaya bagi badan air setempat, tetapi sebenarnya tidak."

Ikan mas yang dilepas di danau bisa tumbuh jadi ikan raksasa. (City of Burnsville)

Meskipun ikan mas kurang mendapat perhatian dibandingkan spesies invasif lainnya seperti ikan mas Asia dan kerang zebra, peringatan telah dikeluarkan di Virginia, Washington, Australia, dan Kanada.


Menurut Scientific American, para peneliti pernah menyisir Danau Tahoe di Amerika Serikat pada tahun 2013 dan kemudian menangkap ikan mas yang panjangnya sekitar 45 sentimeter dan beratnya hampir dua kilogram. "Secara global, perdagangan ikan akuarium telah menyumbang sepertiga dari spesies akuatik dan invasif terburuk di dunia tersebut," menurut penulis penelitian tentang perdagangan ikan akuarium di California, sebagaimana dilansir Nature World News.

Setelah seorang pemancing menangkap ikan mas berukuran 40 sentimeter, otoritas margasatwa di Virginia segera mengeluarkan peringatan. Mereka memperingatkan bahwa "pemilik hewan peliharaan tidak boleh melepaskan makhluk air mereka ke alam liar."

Ikan mas yang tumbuh raksasa di alam liar jadi spesies invasif
Ikan mas yang tumbuh raksasa di alam liar jadi spesies invasif (Greenville Rec on Facebook)
Ikan mas berukuran besar yang ditemukan di danau.
Ikan mas berukuran besar yang ditemukan di danau. (Wikimedia Commons)
Biaya untuk memulihkan sungai yang dipenuhi ikan mas sangatlah besar. Misalnya, sebuah bisnis konsultasi di Carver County, Minnesota, dianugerahi kontrak 88.000 dolar AS untuk mencari cara menghilangkan kawanan ikan tersebut.

Menurut Washington Post, pejabat negara bagian Washington mengumumkan pada 2018 bahwa mereka akan menginvestasikan 150.000 dolar AS untuk merehabilitasi sebuah danau di dekat Spokane. Selain itu, masalah ikan mas telah digambarkan sebagai "menakutkan" oleh spesialis spesies invasif di Alberta, Kanada.
 
Ikan mas yang hidup di akuarium.
Ikan mas yang hidup di akuarium. (Wikimedia Commons)
Ikan mas yang dilepas di alam liar bisa tumbuh berkali-kali lipat lebih besar dibanding ikan mas di akuarium.
Ikan mas yang dilepas di alam liar bisa tumbuh berkali-kali lipat lebih besar dibanding ikan mas di akuarium. 

(City of Burnsville)
Setiap tahun, diyakini bahwa hingga 200 juta ikan mas dibiakkan, dengan mayoritas dari mereka berakhir di akuarium perumahan. Ikan mas di penangkaran atau akuarium umumnya hanya mengkonsumsi makanan pelet atau serpihan.

Namun saat di alam liar, ikan mas dapat memakan banyak hal. Mulai dari cacing, larva, krustasea kecil seperti udang air asin, dan bahkan bahan pelengkap salad seperti kacang polong dan selada. Oleh karena itulah tubuh ikan mas di alam liar bisa berkali-kali lipat lebih besar dari ikan mas di akuarium.


 

S: Tribunnews


Name

Berita,17439,H,110,HUMOR,7,Internasional,159,Kesehatan,13,Nasional,17309,News,705,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ikan Mas yang Dibuang ke Danau Tumbuh Raksasa dan Jadi Malapetaka
Ikan Mas yang Dibuang ke Danau Tumbuh Raksasa dan Jadi Malapetaka
https://1.bp.blogspot.com/-tpvwOoDjjGk/YPA9tq14ENI/AAAAAAAAPuw/jrD1IPlWHLwUzYV8WzgibvB99e2jSJeXwCLcBGAsYHQ/w640-h442/Screenshot_2021-07-15-20-49-55-27.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tpvwOoDjjGk/YPA9tq14ENI/AAAAAAAAPuw/jrD1IPlWHLwUzYV8WzgibvB99e2jSJeXwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h442/Screenshot_2021-07-15-20-49-55-27.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/07/ikan-mas-yang-dibuang-ke-danau-tumbuh.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/07/ikan-mas-yang-dibuang-ke-danau-tumbuh.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy