$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Kisah Warga Papua Barat Setop Rombongan TNI untuk Minta Bendera Merah Putih

INDONESIAKININEWS.COM -  Masyarakat Kampung Mokwam, Distrik Warmere, Kabupaten Manokwari, Papua Barat mengadang Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen...



INDONESIAKININEWS.COM - Masyarakat Kampung Mokwam, Distrik Warmere, Kabupaten Manokwari, Papua Barat mengadang Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa. Ketika itu I Nyoman sedang melakukan perjalanan dalam rangka melakukan Touring Merah Putih ke Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf).

Warga mengadang karena Saat dalam perjalanan, rombongan tersebut dihentikan tiba-tiba oleh sekelompok warga karena mereka tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih pada HUT ke-76 RI, yang berlangsung pada 17 Agustus 2021 karena tidak memiliki bendera. Kejadian ini terjadi pada Sabtu, (14/8).

“Bapak kita mau minta bendera, karena sudah dekat 17 Agustus tapi kita belum dapat bendera merah putih. Kami akan ikat di pohon pisang raksasa, sehingga kami berharap pisang bisa terkenal di Indonesia,” ungkap salah satu warga.


Setelah bendera diberikan, warga tersebut langsung mengibarkannya di salah satu pohon pisang raksasa, di pinggir hutan yang berada dekat dengan mereka. Letak pohon tersebut juga tidak jauh dari tempat mereka menghentikan rombongan Pangdam Kasuari. Setelah diberikan bendera merah putih, warga memanjat pohon tersebut dan menancapkan bendera dan selanjutnya dilakukan penghormatan.

Menyikapi hal tersebut, Pangdam mengungkapkan bendera yang diberikan itu agar dijaga baik-baik, karena sebelumnya para leluhur dari tanah Papua banyak yang berjuang mengorbankan jiwa, darah dan air mata.

“Bapak ini ada bendera, nanti dipasang. Kita punya tanah ini harus di jaga, kita punya orang tua, leluhur, pejuang, pahlawan dari tanah Papua ini banyak, ada Marthen Indey, Frans Kaisiepo, Abraham Johanes Dimara dan lain sebagainya mengorbankan diri mereka untuk bendera ini,” ujar Pangdam.


Lebih lanjut Pangdam menjelaskan saat ini Negara sudah hadir di kampung-kampung. Ia bersama rombongan dari Kodam XVIII/Kasuari melanjutkan kunjungan dengan melihat saudara-saudara se-tanah air yang berada di pedalaman.

“Jaga Negara Kesatuan Republik Indonesia ini walaupun kita berada di kampung dan hutan,” ungkap Pangdam.

Kampung Mokwam merupakan salah satu objek ekowisata di Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Ekowisata Mokwam memiliki berbagai macam flora dan fauna endemik, dan juga tumbuhan yang dapat diramu menjadi obat-obat-obatan herbal oleh masyarakat asli Suku Arfak salah satunya yaitu Pisang Raksasa.

Lihat artikel asli



S: kumparan



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Kisah Warga Papua Barat Setop Rombongan TNI untuk Minta Bendera Merah Putih
Kisah Warga Papua Barat Setop Rombongan TNI untuk Minta Bendera Merah Putih
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjdgzZ6GpgGxozpYhT3IVmB1mbr9xosXutq1Df-QhZAHO2vjbTjR0LKaF7HfBDz4BUGqh46BV5Zv1MrVdLf8_Y0PUH7Aps5N87T-pPSr0fs_2WmmQgRqzyGrkqRLM3pu6LsueEFyn-9TPvlL9J1fqe9HlN_a2_GDpNX2VNqWFP7ArsCP0pXGYaMihfh=w640-h318
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjdgzZ6GpgGxozpYhT3IVmB1mbr9xosXutq1Df-QhZAHO2vjbTjR0LKaF7HfBDz4BUGqh46BV5Zv1MrVdLf8_Y0PUH7Aps5N87T-pPSr0fs_2WmmQgRqzyGrkqRLM3pu6LsueEFyn-9TPvlL9J1fqe9HlN_a2_GDpNX2VNqWFP7ArsCP0pXGYaMihfh=s72-w640-c-h318
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/08/kisah-warga-papua-barat-setop-rombongan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/08/kisah-warga-papua-barat-setop-rombongan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy