$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Prabowo Subianto Minta Bung Jokowi Berani Pindahkan Ibu Kota Negara: Jangan Takut Saya Di Belakang

INDONESIAKININEWS.COM -  Secara resmi Presiden Joko Widodo telah menyatakan akan segera memindahkan ibukota negara dari Jakarta ke Kalimanta...



INDONESIAKININEWS.COM - Secara resmi Presiden Joko Widodo telah menyatakan akan segera memindahkan ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Namun hingga saat ini sepertinya tak ada kejelasan apakah pemindahan ibukota negara tersebut  tetap dilaksanakan atau tidak.

Dalam situasi itulah Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto mengungkapkan pernyataan yang mengejutkan.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan kepada Presiden Jokowi agar sebaiknya segera memindahkan ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Prabowo Subianto bahkan meminta Bung Jokowi untuk berani memindahkan ibukota negara itu.

Pasalnya, selain tempat baru itu amat strategis, kata Prabowo, pemindahan ibu kota negara juga perlu dilakukan untuk kepentingan strategis lainnya.

Kepentingan yang dimaksudkan, adalah memisahkan pusat pemerintahan dengan pusat perekonomian, pusat keuangan dan lainnya.

“Kita harus ada keberanian untuk memindahkan ibu kota, memisahkan pusat pemerintahan dari pusat keuangan, perdagangan, industri,” tegas Prabowo Subianto.

Sosok yang terlihat tegas itu saat menemani Presiden Jokowi meninjau akses sodetan menuju IKN, Selasa 24 Agustus 2021.

Prabowo Subianto mengatakan, pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur sudah disiapkan dengan matang melalui berbagai studi dan pertimbangan.

Atas dasar itu, Prabowo Subianto menyatakan rencana pemindahan ibu kota negara harus terus dilanjutkan.

“Saya kira ini saya sangat mendukung, saya menyarankan kepada Presiden bahwa kita harus teruskan, begitu saran saya. Jangan takut, saya di belakang.”

“Menteri PU juga sudah meyakinkan bahwa ini memang persiapannya sudah sangat matang,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.TV.

Tetap Dilanjutkan

Di tempat yang sama, Presiden Joko Widodo memastikan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tetap diteruskan.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi seusai saat meninjau sodetan akses jalan menuju IKN di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda KM 14 yang dilewati Presiden dalam perjalanan dari Kota Samarinda ke Kota Balikpapan.

“Artinya apa? Agenda ibu kota baru ini tetap dalam rencana,” kata Presiden Jokowi, Selasa 24 Agustus 2021.

Presiden Jokowi mengatakan hal yang penting untuk dilakukan sebelum membangun IKN adalah membangun infrastruktur untuk mengangkut logistik.

“Kita melihat ini melihat lebih detail lagi, karena untuk membangun ibu kota baru yang paling penting adalah infrastruktur menuju ke sana dulu untuk nanti membawa logistik,” ujar Presiden.

“Tadi saya dengan Pak Menhan dengan Pak Menteri PUPR untuk melihat secara detail juga. Tadi kita diskusi mengenai kira-kira di mana pelabuhan, di mana airport. Kalau kita melihat ke lapangan seperti ini akan lebih mudah. Itu saja.”

Jakarta Bakal Tenggelam

Wacana pemindahan ibu kota kembali mengemuka setelah Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia saat ini diprediksi bakal tenggelam 10 tahun mendatang.

Adalah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyebut soal proyeksi kemungkinan Jakarta bakal tenggelam dalam 10 tahun mendatang.

Menurut Biden, itu disebabkan karena fenomena perubahan iklim.

Kondisi ini kemudian mendorong pemerintah Indonesia mulai mewujudkan rencana pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan.

Hal ini diungkit Biden saat berpidato di pusat Kontra-Terorisme Nasional Amerika Serikat pada 27 Juli 2021 lalu.

“Apa yang terjadi di Indonesia jika perkiraan itu benar, bahwa dalam sepuluh tahun, mereka kemungkinan harus memindahkan ibu kota karena tenggelam?" ujar Joe Biden.

Biden mengingatkan bahwa perubahan iklim juga menjadi ancaman terbesar bagi Departemen Pertahanan Amerika Serikat saat ini.

Biden mengatakan jika permukaan air laut 2,5 kaki atau 7,6 cm saja akan ada jutaan orang yang harus pindah dari lokasi yang ditinggali.

"Jika, pada kenyataannya, permukaan laut naik dua setengah kaki lagi, Anda akan memiliki jutaan orang yang bermigrasi, memperebutkan tanah yang subur ...," ujarnya.

Riset Terbaru Jakarta akan Tenggelam

Pada 13 Mei 2021 lalu, sebuah laporan terbaru yang dipublikasikan oleh perusahaan konsultan risiko Verisk Maplecroft  memuat 100 kota di dunia yang menghadapi risiko lingkungan terbesar.

Laporan perusahaan global asal Inggris  itu menobatkan Jakarta sebagai kota paling rentan di dunia terhadap risiko lingkungan.

Melansir Time, dari seluruh 100 kota yang menghadapi risiko lingkungan terbesar itu, 99 kota di antaranya terletak di Asia.

Sementara, 14 kota dari 20 kota paling aman terhadap risiko lingkungan terletak di Eropa.

Dikutip dari Kompas.TV, para peneliti dalam laporan itu menilai 576 kota terbesar di dunia berdasarkan kualitas udara dan air, tekanan panas, kelangkaan air, kerentanan terhadap perubahan iklim dan eksposur lanskap, populasi, ekonomi serta infrastruktur terhadap bahaya alam.

Kabar Prabowo tawarkan dana pertahanan ke Jokowi untuk penanganan Covid-19.

Bahaya alam itu seperti gempa bumi, tsunami dan tanah longsor.

Laporan itu menyebut, sekitar 1,5 miliar orang tinggal di kota yang menghadapi “risiko tinggi atau ekstrim”.

Asia tak cuma merupakan kawasan dengan penduduk paling padat.

Tapi juga semakin menambah tekanan pada sumber air dan menambah polusi dari pembakaran batu bara serta bahan bakar secara meluas.

Namun demikian, kawasan ini juga memiliki sejumlah besar “bahaya alam” yang tertanam pada geografisnya.

Contohnya, sejumlah kota di Jepang berisiko mengalami gempa bumi dan banyak kota di Delta Mekong di Vietnam yang sangat rentan banjir.

Laporan itu menobatkan Jakarta, ibu kota Indonesia yang dihuni oleh 10 juta penduduk, sebagai kota paling rentan sedunia terhadap risiko lingkungan.

Naiknya air laut dan penurunan tanah – karena menipisnya akuifer (=lapisan penampung air tanah) alami di bawah permukaan kota lantaran orang-orang memompa air keluar dari tanah untuk minum dan mencuci – menjadikan Jakarta sebagai kota yang paling cepat tenggelam.

Hal ini ditandai dengan banjir yang kerap melanda ibu kota dan sebagian kota Jakarta diperkirakan akan tenggelam pada tahun 2050.

Kota metropolitan ini juga mengalami polusi udara akibat pembangkit listrik tenaga batu bara.

Situasi lingkungan yang dihadapi Jakarta begitu buruknya hingga pemerintah pun berencana memindahkan ibu kota.

Sementara itu, India berada di urutan terburuk sebagai negara, dan 13 dari 20 kota paling berisiko lingkungan ada di negara ini.

India juga menduduki peringkat 43 dari daftar 100 negara yang dinilai.

Sejumlah kota di India yang menghadapi ancaman terbesar termasuk di antaranya New Delhi, dan Chennand Chandigarh.

Kualitas udara India yang buruk juga menyumbang faktor terbesar bagi tingkat risiko lingkungan yang dimiliki India.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Lancet tahun lalu menemukan bahwa polusi udara berkontribusi terhadap 1,7 juta kematian dini di India pada tahun 2019.

Para ilmuwan mengatakan, polusi udara meningkatkan jumlah kematian dalam wabah Covid-19 yang dahsyat di India.

Sedangkan 37 dari 100 kota yang menghadapi risiko lingkungan terbesar terletak di China dan polusi udara disebut sebagai faktor penyebab terbesarnya.


s: tribunnews.com


Name

Berita,18532,H,134,HUMOR,7,Internasional,159,Kesehatan,21,Nasional,18397,News,896,OPINI,78,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Prabowo Subianto Minta Bung Jokowi Berani Pindahkan Ibu Kota Negara: Jangan Takut Saya Di Belakang
Prabowo Subianto Minta Bung Jokowi Berani Pindahkan Ibu Kota Negara: Jangan Takut Saya Di Belakang
https://1.bp.blogspot.com/-DjtKxNNV7GA/YSYRHclS50I/AAAAAAAAM5I/xcI9O83ghn8XxLMY7Z4A2da0HI5qUkYIQCLcBGAsYHQ/w640-h360/f3c46bb2935ea63f37396742d389c59d.webp
https://1.bp.blogspot.com/-DjtKxNNV7GA/YSYRHclS50I/AAAAAAAAM5I/xcI9O83ghn8XxLMY7Z4A2da0HI5qUkYIQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/f3c46bb2935ea63f37396742d389c59d.webp
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/08/prabowo-subianto-minta-bung-jokowi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/08/prabowo-subianto-minta-bung-jokowi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy