$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Fakta Pelaku Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar, Kesal Sering Diusir Saat Tidur, Ngaku Menyesal

INDONESIAKININEWS.COM -  Mimbar Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan, dibakar orang tak dikenal, Sabtu (25/9/2021) dini hari. Polisi yang ...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Mimbar Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan, dibakar orang tak dikenal, Sabtu (25/9/2021) dini hari.

Polisi yang mendapat laporan itu langsung melakukan penyelidikan dan penyidikan hingga akhirnya menangkap berhasil menangkap pelaku.

Pelaku diketahui bernama Kabba (21).

Ia ditangkap polisi dan warga di Jalan Tinumbu, Makassar, Sabtu.

Kepada polisi, Kabba nekat membakar mimbar masjid tersebut karena kesal sering diusir saat tidur di masjid itu.

Atas perbuatannya, pelaku terancam 15 tahun penjara.

Berikut fakta yang dihimpun Serambinews.com dari yang Kompas.com:

1. Mimbar Masjid Raya Makassar dibakar

Seorang pria sempat terekam Closed Circuit Television (CCTV) saat menutup kamera masjid.

Tak lama kemudian, mimbar masjid pun terbakar.

Warga yang melihat itu langsung memanggil penjaga masjid untuk memadamkan api hingga berhasil dipadamkan.

Terkiat dengan kejadian itu, Ustaz Das'ad Latif bersama pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel bersama mantan Wakapolri, Komjen Pol (Purn) Syafruddin menyampaikan kepada masyarakat agar tidak perlu panik dan khawatir.

Sebab, kasus tersebut sudah ditangani dengan serius oleh aparat kepolisian.

"Masyarakat tidak usah khawatir dan tidak terprovokasi atas kejadian ini. Semua sudah ditangani oleh kepolisian.

Umat Islam juga diminta jangan khawatir, ini bukan provokasi, bukan sesuatu hal yang membuat panik. Insya Allah Makassar aman," kata Da'sad bersama pejabat Polrestabes setempat.

2. Pelaku pembakar mimbar Masjid Raya Makassar ditangkap

Setelah kejadian itu, polisi akhirnya berhasil menangkap Kabba, pelaku yang membakar mimbar Masjid Raya Makassar. Pelaku ditangkap polisi dan warga di Jalan Tinumbu, Makassar.

"Tim telah melakukan pengejara. Dan pada pukul 14.00 WIta, kami mendapat informasi pelaku berada di wilayah Tinumbu.

Tim bergerak ke sana dan berhasil membekuknya," kata Kapolres Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana, Sabtu, dikutip dari Antara.

Kata Witnu, penangkapan pelaku berawal dari laporan dan informasi, serta hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) serta memeriksa saksi-saksi.

Dari hasil pemeriksaan awal dan tangkapan rekaman CCTV masjid, diketahui pelaku adalah pelaku.

3. Pelaku yang bakar Masjid Raya Makassar kesal diusir saat tidur di masjid

Pelaku, kata Witnu, nekat membakar mimbar masjid karena kesal diusir saat tidur di masjid.

“Motif pelaku kesal karena sering tidur di dalam masjid dan sering ditegur atau diusir oleh petugas keamanan masjid.

Pelaku pengangguran dan sering tidur di masjid raya,” kata Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Makassar Kombes Witnu Urip Laksana dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/9/2021).

Selain itu, dari hasil pemeriksaan pelaku diduga dalam pengaruh obat-obatan terlarang saat melancarkan aksinya.

"Diduga pelaku ini sudah lama mengonsumsi zat-zat berbahaya seperti yang diatur dalam undang-undang narkoba maupun psikotropika," kata Witnu dikutip dari TribunMakassar.com.

Saat ini, sambung Witnu, pihaknya masih memeriksa lebih lanjut untuk mengetahui jenis cairan yang digunakan Kabba untuk menyulut api saat membakar mimbar.

“Masih diuji oleh forensik," katanya.

4. Pelaku pembakar mimbar Masjid Raya Makassar terancam 15 tahun penjara

Witnu mengatakan, pihaknya telah menetapkan Kabba, pelaku yang membakar mimbar Masjid Raya Makassar sebagai tersangka.

Pelaku, dijerat degan Pasal 187 ayat 1 dan 2 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pembakaran. "Diancam hukuman 15 tahun penjara," tegasnya.

Selain menangkap pelaku, turut juga diamankan beberapa barang bukti yaitu mimbar dan sajadah yang digunakan untuk menyulut api.

"Mimbar itu nanti akan kita bawa ke Mapolrestabes Makassar untuk dijadika sebagai barang bukti,” ungkapnya.

5. Pelaku Menyesal

Pelaku pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar, Kabba (21), mengaku menyesal atas perbuatannya.

Pria yang diketahui seorang pengangguran ini mengaku nekat melakukan aksinya lantaran kesal karena sering ditegur oleh pengurus masjid saat tidur di tempat itu.

"Sering saya ditegur kalau di bawah (lantai satu) lagi tidur-tidur," ungkapnya, dikutip dari Kompas.com, Minggu (26/9/2021).

Kabba menjelaskan, ia terlebih dahulu membakar kayu di sekitar masjid.

Lalu kemudian, ia naik ke lantai dua dan melakukan aksinya.

Kabba mengaku, setelah melakukan aksinya, ia sempat dilihat warga hingga akhirnya ia kabur memanjat tembok masjid.

"Tadi malam sempat saya bakar-bakar kayu, baru saya naik (lantai dua), lalu saya bakar mimbar karena jengkel, baru turun, tapi dilihat sama orang, lalu saya lari keluar masjid," ujarnya.

6. JK: Jangan Terprovokasi, Serahkan pada Polisi

keras dikeluarkan oleh Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) terhadap aksi pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (25/9/2021) dini hari.

"Saya, selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia, mengecam keras tindakan pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar, yang diperkirakan terjadi pada dini hari tadi," kata JK dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Terkait penyelidikan kejadian itu, JK mempercayakannya kepada jajaran Polri untuk segera menangkap pelaku dan mengungkap motif di baliknya.

"Saya yakin dan percaya aparat kepolisian dapat segera mengungkap pelaku dan apa motif di balik tindakan tersebut," tambahnya.

Selain itu, Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 itu juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya umat Islam, untuk tidak terprovokasi dan menyerahkan penuh kasus tersebut kepada Polri.

"Saya berharap kepada masyarakat, terutama umat Islam di Makassar dan daerah lainnya di Indonesia, agar tidak terprovokasi atas tindakan tersebut," jelasnya.

S:Serambi Indonesia


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Fakta Pelaku Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar, Kesal Sering Diusir Saat Tidur, Ngaku Menyesal
Fakta Pelaku Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar, Kesal Sering Diusir Saat Tidur, Ngaku Menyesal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCTyzxu-FXoBK71E8JLEB1vl90EkzhyphenhyphenR9gxgDhWcqCubi2Tu-_2lbX5KslU1uHgM-l8y-gU1EzsjO3ZCLSn8Zm7mHzOSiiIuafeXWVdUA3l29fgNRwyHDAMO3JlsRtpQ5AJzSoK8dSYc_V/w640-h350/Screenshot_2021-09-26-19-37-30-61.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCTyzxu-FXoBK71E8JLEB1vl90EkzhyphenhyphenR9gxgDhWcqCubi2Tu-_2lbX5KslU1uHgM-l8y-gU1EzsjO3ZCLSn8Zm7mHzOSiiIuafeXWVdUA3l29fgNRwyHDAMO3JlsRtpQ5AJzSoK8dSYc_V/s72-w640-c-h350/Screenshot_2021-09-26-19-37-30-61.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/09/fakta-pelaku-pembakar-mimbar-masjid.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/09/fakta-pelaku-pembakar-mimbar-masjid.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy