$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Bukan Anies Baswedan, AHY dan Sandiaga Uno Lebih Dijagokan Maju di Pilpres 2024, Penjelasan Pengamat

INDONESIAKININEWS.COM -  Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah dideklarasikan sekelompok relawan untuk maju di Pilpres 2024. Berbag...



INDONESIAKININEWS.COM - Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah dideklarasikan sekelompok relawan untuk maju di Pilpres 2024.

Berbagai lembaga survei pun menempatkan Anies Baswedan di posisi 3 besar tokoh dengan elektabilitas tertinggi.

Namun, Anies Baswedan berpeluang besar gagal melaju di bursa Pilpres 2024.

Direktur eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie pun meyakini peluang Sandiaga Uno ataupun Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY) melaju di Pilpres 2024 lebih besar dibanding Anies Baswedan.

Penyebabnya 1, Anies Baswedan tak punya kendaraan partai politik yang mengusungnya sebagai Capres atau Cawapres.

Nasib Anies Baswedan di Pilpres 2024 disebut-sebut serupa dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Meski bernaung di partai PDIP, namun Ganjar Pranowo bukan pengurus teras partai yang kini dipimpin Megawati, tersebut.

Dilansir dari Tribunnews.com dalam artikel berjudul Peluang Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 Disebut Mirip Ganjar, Berat karena Tak Punya Parpol, Direktur eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai Anies Baswedan yang baru saja dideklarasikan pendukungnya sebagai capres di Pilpres 2024 hanya akan menjadi penggembira dalam kontestasi lima tahunan tersebut.

"Tanpa ada kendaraan politik bagi capres terlalu berat. Cawapres saja belum tentu dia lolos," kata Jerry dalam keterangan yang diterima Tribunnews, Jumat (22/10/2021).

Belum lagi, dikatakan Jerry, muncul nama-nama yang sudah lebih dulu keluar di publik seperti Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Puan Maharani, hingga Agus Harimurti Yudhoyono.

"Saya kira Anies bakal sulit lantaran dia tak punya partai seperti Prabowo punya Gerindra, Puan Maharani (PDI-P) bahkan Agus Harimukti (AHY) yang punya Demokrat. Jadi Anies mirip Ganjar yang terganjal parpol pengusung," tambahnya.

Ketimbang Anies Baswedan, Jerry sendiri justru lebih yakin rekannya di DKI Sandiaga Uno yang kini menjabat Menparekraf akan lebih berpeluang baik untuk posisi capres maupun cawapres kembali.

"Kalau di balapan Anies jagoan try out (uji coba), tapi giliran turnamen saya yakin dia tak akan lolos," tambahnya.

Meski begitu, dia menghargai deklarasi Anies Baswedan sebagai capres oleh para pendukungnya.

"Kalau deklarasi sah-sah saja siapa pun dia bisa mendeklarasikan maju sebagai capres atau tak ada yang melarang. Ini bagian curi start awal juga," ujarnya.

Sebelumnya, kelompok masyarakat sipil yang mengatasnamakan diri Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) menggelar deklarasi untuk mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Deklarasi bertajuk 'ANIES mendukung Anies menjadi Presiden 2024' itu digelar pada Rabu (20/10/2021) di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat yang dihadirkan setidaknya 30 orang relawan.

Koordinator deklarator ANIES, Laode Basir mengatakan, yang menjadi penilaian kelompok ini mendukung orang nomor satu di Jakarta maju Capres 2024 itu atas penilaian yang didasari rekam jejak Anies Baswedan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Menteri Pendidikan Kebudayaan.

"Anies Baswedan telah menunjukkan kinerja yang sangat baik pada kedua jabatan yang diembannya ditambah beberapa karakter yang kuat sebagai pemimpin," kata Laode dalam konferensi pers deklarasi Anies Baswedan, Rabu (20/10/2021).

Tak hanya itu, kepemimpinan Anies selama empat tahun sebagai Gubernur DKI Jakarta juga dinilai berhasil memenuhi sebagian besar janji kampanye yang diutarakannya saat Pilkada silam.

Lebih lanjut kata Laode, Anies Baswedan juga dinilai mampu menjadi pemimpin dalam menangani pandemi Covid-19 khususnya untuk masyarakat Jakarta.

"Sejak awal, beliau memiliki sikap dan penilaian yang tepat atas kondisi yang terjadi serta berbagai kemungkinannya ke depan.

Tindakan dan kebijakannya tidak hanya berhasil mengatasi kondisi pandemi di Jakarta, namun mampu memberi inspirasi bagi daerah lainnya," ucapnya.

Kendati begitu, Laode menyebut agenda deklarasi yang juga digelar secara virtual di beberapa daerah ini belum diketahui secara langsung oleh Anies Baswedan.

Kata dia, agenda deklrasi ini merupakan inisiatif dari pihaknya untuk memberikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk menjadi pemimpin Republik Indonesia mendatang.

"Seperti yang saya sampaikan tadi bahwa ini adalah inisiatif kami, kami tidak terlalu punya kepentingan untuk Pak Anies tahu atau tidak, kemarin kami sempat baca beritanya Pak Anies memilih bungkam," ujarnya.

s: tribunnews.com


Name

Berita,18527,H,134,HUMOR,7,Internasional,159,Kesehatan,21,Nasional,18392,News,896,OPINI,78,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Bukan Anies Baswedan, AHY dan Sandiaga Uno Lebih Dijagokan Maju di Pilpres 2024, Penjelasan Pengamat
Bukan Anies Baswedan, AHY dan Sandiaga Uno Lebih Dijagokan Maju di Pilpres 2024, Penjelasan Pengamat
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEik0xR_hQTVGEYh0vZZ9HKcEPUZwQAiuRq2XbUhgCTRMNA50ZKIRN7nkXqOygXlb-jvyKn5oOOxftmiJVYsQOaNzpL6qekp2L1G-wvYpmFW2piJ8luvI_sz7R5LUQvplkp-CUWs21x385fqHw7iZVpxisf7mJLBgQoEZoq1ZrqUbsJlQoQYaul8RGEBvw=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEik0xR_hQTVGEYh0vZZ9HKcEPUZwQAiuRq2XbUhgCTRMNA50ZKIRN7nkXqOygXlb-jvyKn5oOOxftmiJVYsQOaNzpL6qekp2L1G-wvYpmFW2piJ8luvI_sz7R5LUQvplkp-CUWs21x385fqHw7iZVpxisf7mJLBgQoEZoq1ZrqUbsJlQoQYaul8RGEBvw=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/10/bukan-anies-baswedan-ahy-dan-sandiaga.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/10/bukan-anies-baswedan-ahy-dan-sandiaga.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy