$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Dulu Foto Dijenguk Anies Baswedan Usai Demo 2019 Viral, Faisal Amir Kini Ditangkap Bareng Pemuda Pancasila, Ibunda Buka Suara

INDONESIAKININEWS.COM -  Seorang mahasiswa bernama Faisal Amir ikut ditangkap oleh polisi bareng anggota Pemuda Pancasila setelah demo di de...



INDONESIAKININEWS.COM - Seorang mahasiswa bernama Faisal Amir ikut ditangkap oleh polisi bareng anggota Pemuda Pancasila setelah demo di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (25/11/2021). Dulu foto Faisal Amir dijenguk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menjadi korban demontrasi 2019 viral. Ibunda Faisal Amir buka suara. 

Apakah kita masih mengingat foto Anies Baswedan yang menjenguk Faisal Amir di rumah sakit itu? Foto yang sempat viral itu sengaja kami munculkan kembali lantaran Faisal Amir kini ditangkap polisi bersama anggota ormas Pemuda Pancasila (PP).

Polisi menangkapi lebih dari 20 anggota PP lantaran demo yang menuntut permintaan maaf politikus PDI Perjuangan Junimart Girsang itu berujung ricuh. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran sampai dibuat murka lantaran seorang perwira menengah Polri bernama AKBP Dermawan Karosekali menjadi korban pengeroyokan anggota Pemuda Pancasila. 

Dari nama anggota PP yang ditangkapi, salah satunya terdapat nama Faisal Amir. Dia mewakili Pemuda Pancasila Jakarta Barat saat mengikuti demo ormas itu di depan gedung parlemen Senayan. 

Pada September 2019, nama Faisal Amir sempat viral gegara mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia ini menjadi korban dalam aksi demonstrasi di Gedung DPR/MPR. Faisal Amir bahkan sempat mengalami pendarahan otak setelah kepalanya dipukul oleh aparat yang berjaga. 

Saat menjalani perawatan, Gubernur DKI Anies Baswedan menjenguk Faisal Amir di rumah sakit pada 24 September 2019. Foto Faisal Amir dijenguk Anies Baswedan sempat viral. 

Ketika menjenguk korban demo itu, Anies sempat menawarkan pekerjaan bagi Faisal di Biro Hukum Balai Kota setelah sembuh. Ibunda Faisal, Siti Asmah Ratu Agung membenarkan adanya penawaran kerja dari Anies ini. 

Faisal Amir yang ketika itu berusia 21 tahun menjadi korban dalam demo menolak RUU KUHP dan UU KPK. Dia ditemukan sudah tak sadarkan diri oleh rekan sesama mahasiswa yang ikut demo menolak RUU KUHP dan UU KPK di Gedung DPR/MPR.

Setelah dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Pelni, Palmerah, Jakarta Barat, diketahui Faisal Amir mengalami pendarahan di kepala dan patah tulang di bahu kanan. Pendarahan tersebut diakibatkan tengkorak kepala Faisal yang retak, memanjang dari jidat sebelah kiri ke kepala belakang sebelah kanan.

Untuk mengatasi pendarahan tersebut, tim dokter RS Pelni harus membuka tempurung kepala Faisal. Usai menjalani operasi tempurung kepala, kondisi Faisal Amir sudah cukup membaik pada Kamis (26/9/2019).

Dalam keterangannya saat itu, seperti dilansir Tribun Jakarta, Kepala Rumah Sakit Pelni Dewi Fankhuningdya mengatakan korban sudah mampu berkomunikasi, meskipun masih sederhana. "Hari ini Faisal mengalami peningkatan. Sudah bisa komunikasi memberikan respon yang sederhana, sudah bisa ditanyakan nama," ungkap Dewi.

Kondisi putranya sudah membaik, ibunda Faisal Amir, Siti Asmah Ratu Agung (52), kini tengah berupaya untuk mencari keadilan untuk anaknya.

Menyambangi Kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Jakarta pada Jumat (27/9/2019), Ratu Agung meminta bantuan Komnas HAM untuk mengusut kasus kekerasan yang dialami putranya. "Saya mohon dengan sangat kepada Komnas HAM untuk mengusut tuntas siapa pelaku kekejaman terhadap Faisal Amir," ucap Ratu Agung.

Ibunda Faisal Amir ini mengatakan, pihak keluarganya sudah melaporkan kejadian ini ke polisi. Meski begitu, Ratu Agung tetap meminta agar bisa dipertemukan dengan pelaku yang telah membuat putranya masuk rumah sakit.

Sekitar dua tahun berselang, Faisal Amir yang sudah pulih dari demo 2019 itu malah ikut ditangkap bareng anggota Pemuda Pancasila. Rupanya, dia kembali ikut demo Pemuda Pancasila di depan Gedung DPR itu. 

Nama Faisal Amir juga tercantum dalam daftar anggota Pemuda Pancasila yang ditangkap polisi. Dalam daftar yang beredar di media sosial itu, Faisal Amir termasuk salah satu dari 22 anggota Pemuda Pancasila yang harus meringkuk di sel tahanan. 

Kabar Faisal Amir ditangkap polisi juga dibenarkan ibunda Faisal Amir, Siti Asmah Ratu Agung. Sang ibunda buka suara kepada awak media usai anaknya yang dulu ikut demo 2019 ditangkap polisi.

Ratu Agung memberikan pernyataan kepada awak media detik lewat sambungan telepon, Minggu (28/11/2021). Ratu Agung mengatakan Faisal merupakan anggota satuan siswa, pelajar, dan mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila.

"Dia kan sudah mau selesai, di kuliahnya, cuman dia ini kan di Sapma, Pemuda Pancasila. Di HMI ternyata. Saya kan sudah larang dia untuk berjuang demo," ujar Ratu Agung saat menelepon.

Ratu Agung lantas menceritakan awal mula Faisal ikut demonstrasi hingga ditangkap. Faisal sebenarnya diminta oleh ibundanya untuk datang ke PN Jaksel.

"Sebenarnya Faisal ini tidak macam-macam dia ketemu sama Gilang, ketemu sama senior-seniornya. Nah waktu itu haris Kamis itu saya suruh ke pengadilan, karena kan kita mau jual rumah, untuk ngambil putusan pengadilan.

Ternyata saya kontak-kontak, memang firasat saya seorang ibu, kok anak ini nggak ada sambungannya. Ternyata saya dapat berita malam Jumat, hari Jumat ternyata Faisal ini ditangkap di Polda, bersama teman-temannya," ujar Siti Asmah.

Menurut Siti Asmah, Faisal ini sebenarnya hendak pulang dari demonstrasi. Namun tiba-tiba dia melihat motor temannya diangkut polisi.

"Sudah pulang ketemu polisi yang ngangkut motornya temannya, rasa korsa, rasa kebersamaan Faisal terhadap temannya, dia tegur pak polisi. 'Pak polisi itu kan motor teman saya'. Terus kata pak polisi, mana kuncinya, teman saya sudah dibawa ke Polda, katanya. 'Ya sudah kalau gitu kamu ikut saja'," ujar Ratu Agung menirukan percakapan Faisal dan polisi.

Ratu Agung juga mendapat laporan mengenai kondisi Faisal di Polda Metro. Ratu Agung juga menepis kabar Faisal membawa peluru saat demo.

"Kata teman-temannya saya cek malam, mereka bisa lihat Faisal lewat kaca, malam Sabtu itu Faisal sudah ngaco ngomongnya dan dituduh ada peluru. Faisal kan nggak bawa peluru dua, sedangkan informasi dari intel sebelumnya, Faisal itu ga ada peluru, siapa yang memasukkan peluru ini?," ujar Ratu Agung.

Ratu Agung meminta Faisal segera dipulangkan. Terlebih lagi, kata Siti Asmah, kondisi Faisal yang masih membutuhkan perawatan usai dioperasi pada September 2019.

s: grid.id


Name

Berita,19479,H,148,HUMOR,7,Internasional,160,Kesehatan,23,Nasional,19339,News,1052,OPINI,78,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Dulu Foto Dijenguk Anies Baswedan Usai Demo 2019 Viral, Faisal Amir Kini Ditangkap Bareng Pemuda Pancasila, Ibunda Buka Suara
Dulu Foto Dijenguk Anies Baswedan Usai Demo 2019 Viral, Faisal Amir Kini Ditangkap Bareng Pemuda Pancasila, Ibunda Buka Suara
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjbuXfBCKuBfdm3ZTTknDLQ9P8KbjlAzYlmuVRfWvFZ4tooCElgRkO1wghMowzbGpjZi5xo3xVkU6nNF5nQSSMV1WZsmBCzGHRPomn7cSadNWtrtXxlpv4tZHHFm7EfaQ6omygb2R3DeHQn4bfqoQQHcB48sYkv54r9Gc-zL7XcPVx5rdSoNugWAWDQRA=w640-h426
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjbuXfBCKuBfdm3ZTTknDLQ9P8KbjlAzYlmuVRfWvFZ4tooCElgRkO1wghMowzbGpjZi5xo3xVkU6nNF5nQSSMV1WZsmBCzGHRPomn7cSadNWtrtXxlpv4tZHHFm7EfaQ6omygb2R3DeHQn4bfqoQQHcB48sYkv54r9Gc-zL7XcPVx5rdSoNugWAWDQRA=s72-w640-c-h426
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/11/dulu-foto-dijenguk-anies-baswedan-usai.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/11/dulu-foto-dijenguk-anies-baswedan-usai.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy