$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ganggu Kinerja Pemerintahan, Jokowi Sebaiknya Pecat Menteri yang Berniat Maju Pilpres

INDONESIAKININEWS.COM -  Presiden Joko Widodo sebaiknya segera mengganti menteri yang berniat untuk maju menjadi calon presiden atau pun wak...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Presiden Joko Widodo sebaiknya segera mengganti menteri yang berniat untuk maju menjadi calon presiden atau pun wakil presiden pada Pilpres 2024. Alasannya, agar efektivitas pemerintahan tetap berjalan optimal meski di tahun pemilu.

“Dengan begitu, presiden dengan kabinetnya tetap fokus pada kerja-kerja menuntaskan janji kampanye,” kata pengamat politik Lingkar Madani (LIMA) Indonesia, Ray Rangkuti, Kamis (11/11/2021).

Ray menjelaskan, banyaknya anggota kabinet yang berpotensi untuk melaju ke RI 1 atau RI 2 di dalam kabinet, mengakibatkan Jokowi kesulitan membuat batasan ataupun larangan untuk tidak melakukan aktivitas di luar tugas dan tanggung jawabnya sebagai menteri.

Fenomena ini tak lepas dari konsekuensi dari menumpuk anggota koalisi di sekitar Jokowi. Terlebih, menteri yang sudah digadang merupakan figur dan tokoh utama atau elit partai masing-masing.


“Bisa menyulitkan Jokowi melakukan kontrol terhadap aktivitas anggota kabinet sekaligus anggota koalisinya,” imbuh Ray.

Untuk itu, selain memecat para menteri tersebut, Ray juga berharap Jokowi tidak memberikan izin kepada menteri-menterinya untuk melakukan kampanye politik menaikkan popularitas atau elektabilitas menuju 2024.

“Sebab Presiden akan semakin sulit melakukan kontrol terhadap aktivitas anggota kabinet sekaligus anggota koalisinya,” kata Ray.

Ray juga mendorong Jokowi untuk memastikan etika pejabat negara tetap berlangsung kepada siapapun pembantunya. Karena, jelang pilpres, akan semakin marak kampanye terselubung yang sama sekali tidak bisa ditindak khususnya terkait dengan penggunaan fasilitas negara dalam kampanye

“Etika pejabat itu pada prinsipnya mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok,” tegasnya.

Terpenting dalam menjalankan roda pemerintahan, lanjut dia, Jokowi harus berani bertindak tegas terhadap menteri-menterinya yang melanggar hukum.

“Menindak para menteri yang diyakini melakukan tindakan melanggar etika pejabat negara atau pelanggaran hukum lainnya,” katanya.

Di samping itu, Ray Rangkuti juga mengajak para pemantau pemilu agar mulai lebih sigap memantau langkah atau aktivitas kampanye para menteri/pejabat negara lainnya.

“Memastikan yang bersangkutan tidak menggunakan fasilitas/dana negara atau mencampur adukan tugas dengan kegiatan kampanye,” pintanya.

S:Kronologi


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ganggu Kinerja Pemerintahan, Jokowi Sebaiknya Pecat Menteri yang Berniat Maju Pilpres
Ganggu Kinerja Pemerintahan, Jokowi Sebaiknya Pecat Menteri yang Berniat Maju Pilpres
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgl7YCYw39cNIK-fFH3A0Fb__nybkhXBT6NQOo1TRHOL4xJ0gMZfPMolfMCw-6KyazTQ8jD9qj1FUPapgWnzw06KSkNVziwoN50k667Pe30Y5Yx2TMloxrJbf0UDPehHr_LzOeXPNgxgooPIxnnCxz70k-kYgH8lOH4YLeUIpnXJ_4IxMbn37n1qqYJoQ=w640-h420
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgl7YCYw39cNIK-fFH3A0Fb__nybkhXBT6NQOo1TRHOL4xJ0gMZfPMolfMCw-6KyazTQ8jD9qj1FUPapgWnzw06KSkNVziwoN50k667Pe30Y5Yx2TMloxrJbf0UDPehHr_LzOeXPNgxgooPIxnnCxz70k-kYgH8lOH4YLeUIpnXJ_4IxMbn37n1qqYJoQ=s72-w640-c-h420
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/11/ganggu-kinerja-pemerintahan-jokowi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/11/ganggu-kinerja-pemerintahan-jokowi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy