$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Kampanye Dibantu Warga, Ini Kisah Tukang Becak Terpilih Jadi Kepala Desa di Cirebon

INDONESIAKININEWS.COM -  Perasaan bahagia tampak di wajah Kasmin (49), seorang tukang becak yang baru saja memenangi pemilihan Kepala Desa J...



INDONESIAKININEWS.COM - Perasaan bahagia tampak di wajah Kasmin (49), seorang tukang becak yang baru saja memenangi pemilihan Kepala Desa Junjang, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Dalam pemilihan yang digelar pada Minggu (21/11/2021) itu, ia berhasil mengalahkan lima kandidat lain, termasuk petahana di desa tersebut dengan perolehan suara sebanyak 2.072.

Kasmin pun menceritakan sejumlah kisah unik selama dirinya mencalonkan diri sebagai kepala desa, salah satunya saat masa kampanye di mana dirinya benar-benar dibantu oleh masyarakat secara swadaya.

“Di mana ada kemauan untuk kemajuan, di situ pasti ada jalan untuk ke sana” kata Kasmin seperti dilansir dari YouTube Odang Denok (23/11).

Meski tak bergelimang harta, Kasmin tak gentar untuk maju mencalonkan diri sebagai kepala desa. Bahkan ia juga tak terpengaruh walau isu mahar politik menyeruak saat masa pemilihan umum itu.

Menurutnya, ia rela bekerja sambilan sebagai kuli panggul sayur dan penggali kubur demi menambah penghasilan untuk mencalonkan diri sebagai kades. Termasuk untuk menambah ongkos angkutan umum saat tes akademik di salah satu kampus swasta sebagai persyaratan.

“Saya rela panggul-panggul barang untuk tambah ongkos angkot saat tes akademik persyaratan, asal desa saya bisa maju dan lebih transparan untuk masyarakat,” katanya.

Berkampanye Sembari Menarik Becak

Putra asli Blok Karanganyar, Junjang itu mengatakan, pekerjaannya sebagai tukang becak membuatnya bisa dekat dengan masyarakat. Dari situ dirinya kerap menjadi tempat curhat warga, terkait keluhan dan aspirasi yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.

Bahkan ia tidak melakukan kampanye seperti pada umumnya. Ia hanya bersilaturahmi ke rumah-rumah warga dengan tangan kosong yang kemudian justru ia banyak diberi sumbangan umbul-umbul dan promosi dari warga.

“kalo di rumah-rumah warga itu mereka banyak bercerita soal keadaan desa, atau sekedar bersilaturahmi, saya ketika ke sana juga tidak membawa apa-apa,” ungkap pria lulusan SMP itu.

Belajar Komputer Pakai Kertas

Kasmin mengaku, selama ini dirinya tidak memiliki persiapan khusus saat mengikuti pemilihan kepala desa tersebut. Bahkan ia juga mengaku masih gagap teknologi ketika mendaftar sebagai calon kepala desa.

Untuk mengatasi hal itu, berbagai cara pun dilakoninya. Termasuk meminta belajar komputer di sekolah yang tak jauh dari kediamannya sampai membuat perangkat tiruan monitor, keyboard, hingga mouse dari kertas untuk belajar di rumah.

“Supaya pas tes itu saya tidak salah pencet, saya akhirnya belajar di rumah sama anak saya yang kebetulan sekolah di jurusan komputer,” jelasnya.

s: merdeka.com


Name

Berita,19565,H,148,HUMOR,7,Internasional,160,Kesehatan,23,Nasional,19425,News,1060,OPINI,78,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Kampanye Dibantu Warga, Ini Kisah Tukang Becak Terpilih Jadi Kepala Desa di Cirebon
Kampanye Dibantu Warga, Ini Kisah Tukang Becak Terpilih Jadi Kepala Desa di Cirebon
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgbcTQ4Asv7vfo3KsMWM1CQ_hsk-Sr4sLo9_wy6fb9OxrpFVAedlqfwggEVdlncmUeMtkF0ooTUsUJdMFvJJXxOCW9R4yrJ4yCuqNBQik4UndZw251L0_YtHO3SpXpiHmEEeyMesVTdW4X-GtH1OmXnn1IJB6sBaMoCYmH_eqNg1YyeWSDtfqiUktA_fg=w640-h320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgbcTQ4Asv7vfo3KsMWM1CQ_hsk-Sr4sLo9_wy6fb9OxrpFVAedlqfwggEVdlncmUeMtkF0ooTUsUJdMFvJJXxOCW9R4yrJ4yCuqNBQik4UndZw251L0_YtHO3SpXpiHmEEeyMesVTdW4X-GtH1OmXnn1IJB6sBaMoCYmH_eqNg1YyeWSDtfqiUktA_fg=s72-w640-c-h320
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/11/kampanye-dibantu-warga-ini-kisah-tukang.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/11/kampanye-dibantu-warga-ini-kisah-tukang.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy