$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

5 Fakta Mencengangkan Panglima Burung Suku Dayak, Nomor 4 Terbangkan Mandau untuk Cari Korban

INDONESIAKININEWS.COM -  INDONESIA memiliki beragam budaya yang berasal dari berbagai suku yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Salah sa...



INDONESIAKININEWS.COM - INDONESIA memiliki beragam budaya yang berasal dari berbagai suku yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Salah satunya adalah Suku Dayak, yang sudah sejak lama terkenal akan kehebatannya. Tidak hanya soal otot, suku ini juga terkenal karena kemampuan mistisnya yang kuat.

Salah satu sosok penting yang dihormati suku ini adalah Panglima Burung. Menurut kepercayaan Suku Dayak, Panglima Burung merupakan sosok pahlawan yang membantu masyarakat suku tersebut ketika menghadapi permasalahan pelik. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa fakta mengenai Panglima Burung.

1. Sosoknya Masih Misteri

Meskipun telah lama dihormati dan dipuja oleh Suku Dayak, sosok Panglima Burung masih menjadi misteri. Ia dipercaya telah mendiami pedalaman hutan Kalimantan sejak beratus tahun lalu. Terkadang, ia digambarkan sebagai sosok yang kuat meski terlihat tua. Ada juga yang mengatakan bahwa sosok Panglima Burung bersifat gaib dan hanya bisa dipanggil setelah menjalankan sejumlah ritual. Yang lain mengatakan, Panglima Burung merupakan jelmaan dari makhluk yang dikeramatkan oleh suku di Kalimantan ini, yakni burung Enggang.

2. Ritual Pemanggil Panglima Burung

Masyarakat Suku Dayak percaya bahwa Panglima Burung tidak bisa dipanggil secara sembarangan. Ada ritual khusus bernama ‘Mangkok Merah’ yang harus dilaksanakan guna memanggil sosok keramat tersebut. Cara menggelar ritual ini adalah dengan mengumpulkan benda khusus yang memiliki nilai filosofi tinggi menurut kepercayaan Dayak, seperti bulu ayam, tali simpul, daun rumbia, dan sejumlah benda lain yang kemudian diletakkan di dalam mangkuk merah. Meskipun terdengar sederhana, sebelum melaksanakan ritual ini masyarakat harus mendiskusikannya pada para tetua. Karena jika telah dilakukan, ritual ini tidak bisa dibatalkan dan akan menjatuhkan banyak korban.

3. Sifat Panglima Burung

Meskipun digambarkan sebagai sosok sakti dan luar biasa kuat, Panglima Burung merupakan sosok yang baik hati. Ia juga dikenal ramah, sabar, serta sangat sopan. Namun, segala sifat baiknya akan luntur jika marah. Sosoknya yang kejam dan bengis akan terlihat jika telah menghadapi bahaya yang mengancam. Tidak segan-segan, ia akan memutus nyawa seseorang jika kesabarannya telah habis.

4. Cerita Mengenai Kesaktiannya

Melansir berbagai sumber, Panglima Burung merupakan orang yang sakti sehingga kebal dengan berbagai jenis senjata tajam. Perlawanan dari pihak musuh akan sia-sia ketika dihadapkan dengan sosoknya. Selain kebal terhadap berbagai senjata, Panglima Burung juga dikabarkan dapat menerbangkan mandau yang dapat mencari korbannya sendiri dengan mencium bau musuhnya.

5. Keterlibatan Panglima Burung dalam Peristiwa Sampit

Konflik antaretnis yang terjadi pada tahun 2001 lalu kabarnya menjadi salah satu saksi keberadaan Panglima Burung. Konflik antara Suku Dayak Pribumi dan Madura tersebut memang sempat ramai pada saat itu. Beberapa media asing bahkan dikabarkan turut meliput kejadian ini. Sebanyak lebih dari 500 korban jiwa jatuh dalam bentrok antaretnis di bulan Februari 2001 itu.

Sebagian masyarakat mempercayai bahwa konflik inilah yang membuktikan keberadaan Panglima Burung. Suku Dayak dikabarkan melakukan ritual perburuan kepala (Ngayau atau Kayau) dengan memenggal lebih dari 100 warga Madura selama konflik ini berlangsung. Meskipun hingga saat ini belum ada satu pun bukti atau dokumentasi perihal keterkaitan Panglima Burung dengan Peristiwa Sampit, banyak masyarakat yang mempercayai hal ini.

s: okezone.com


Name

Berita,19355,H,144,HUMOR,7,Internasional,160,Kesehatan,22,Nasional,19215,News,1040,OPINI,78,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: 5 Fakta Mencengangkan Panglima Burung Suku Dayak, Nomor 4 Terbangkan Mandau untuk Cari Korban
5 Fakta Mencengangkan Panglima Burung Suku Dayak, Nomor 4 Terbangkan Mandau untuk Cari Korban
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhDEylp8qkY5HYcUIgRZMPrn40WQcQA-23fRNc5F4dfARsMQ2B-bewJFW6FbO_6X7EO2lSlKT3g1wxk75Y8dajExCqFcLcZkx7bbFmHRzuuGgDSAiaVXy_jQwzECgny8pl-CmbHugXpk5GHNfWGhidjfYnlSFMmvbHh76Z1O7uW31Hz8q2GEXUVN6EDQQ=w640-h398
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhDEylp8qkY5HYcUIgRZMPrn40WQcQA-23fRNc5F4dfARsMQ2B-bewJFW6FbO_6X7EO2lSlKT3g1wxk75Y8dajExCqFcLcZkx7bbFmHRzuuGgDSAiaVXy_jQwzECgny8pl-CmbHugXpk5GHNfWGhidjfYnlSFMmvbHh76Z1O7uW31Hz8q2GEXUVN6EDQQ=s72-w640-c-h398
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/5-fakta-mencengangkan-panglima-burung.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/5-fakta-mencengangkan-panglima-burung.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy