$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Komisi B DPRD Pesimis Sirkuit Formula E Bisa Dibangun di Lahan Berlumpur, DS: Jangan Remehkan Anies

INDONESIAKININEWS.COM -  Pegiat media sosial Denny Siregar turut berkomentar terkait pernyataan yang tak yakin Sirkuit Formula E di Jakarta ...



INDONESIAKININEWS.COM - Pegiat media sosial Denny Siregar turut berkomentar terkait pernyataan yang tak yakin Sirkuit Formula E di Jakarta bisa dibangun di lahan berlumpur.

"Jangan meremehkan @aniesbaswedan..

Air aja bisa diajak komunikasi ma dia, apalagi cuman lumpur.," tulis Denny Siregar lewat cuitan di akun Twitter @Dennysiregar7, Kamis (30/12/2021) pukul 3.59 sore, seperti dikutip Tribun-timur.com.

Diketahui, Jakarta Propertindo (Jakpro), PT Pembangunan Jaya Ancol, bersama Ketua Komite Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni memperkenalkan lokasi bakal sirkuit Formula E 2022 kepada awak media pada 22 Desember 2021.

Pada Rabu (29/12/2021), Komisi B DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan kerja ke lokasi sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, pada 

Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga terkejut melihat kondisi sebagian lokasi sirkuit Formula E yang masih berbentuk lahan kosong berlumpur.

Dia mengatakan, lahan kosong tersebut bukan hanya tidak padat, tetapi kondisinya masih sangat mentah untuk dibangun sebuah jalan, terlebih sirkuit untuk balapan.

"Bukan permasalahan lahan kosongnya bos, kalau lahan kosong sudah keras enggak apa-apa, ini lahan kosong lumpur!" kata Pandapotan saat peninjauan sirkuit Formula E di Ancol, dilansir dari Kompas.com.

Pandapotan mengatakan, lokasi sirkuit Formula E dulunya dikenal sebagai daerah rawa tempat pembuangan lumpur sedimentasi sungai di Jakarta.

Pembuangan lumpur sudah dilakukan di masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Jadi dulu rawa, Pak, rawa ini semuanya!" tutur dia.

Pandapotan juga mempertanyakan, apakah pihak penyelenggara dalam hal ini PT Jakpro sudah melakukan analisis tanah untuk mengetahui karakteristik tanah berlumpur tersebut.

"Sekarang sudah pembuatan (sirkuit), nanti soil tes tanah dari mana?" kata Pandapotan.

Managing Director Formula E Jakpro Gunung Kartiko mengatakan, analisis tanah sudah dilakukan dan masih menunggu hasil.

 "Soil tes sudah kami kerjakan tinggal nunggu hasil," kata Gunung.

Gunung juga optimistis, meski dibangun di tanah yang dulunya adalah daerah rawa, sirkuit Formula E bisa selesai dalam waktu tiga bulan.

Kondisi lahan sirkuit yang belum diketahui

Jakarta Propertindo (Jakpro), PT Pembangunan Jaya Ancol, bersama Ketua Komite Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni memperkenalkan lokasi bakal sirkuit Formula E 2022 kepada awak media pada 22 Desember 2021.

Saat itu Sahroni membawa awak media, termasuk Kompas.com menuju lokasi sirkuit terbuka tepat di sisi selatan Restoran Jimbaran, Ancol.

Sepintas tidak ada lokasi yang mentah.

Tanah lapang padat dan juga aspal terlihat baik.

"Tinggal disempurnakan saja," kata Sahroni saat itu.

Sahroni, pihak Jakpro, dan pihak Ancol tidak melanjutkan tinjauan lintasan di sisi paling timur, yang kini menjadi temuan baru saat kunjungan Komisi B DPRD DKI Jakarta, Rabu (29/12/2021).

Gunungan sampah Patok penanda lintasan Formula E Jakarta berlatar tanah kosong penuh sampah dan bangunan Jakarta Internasional Stadium, Rabu (29/12/2021)

Dia memaksa masuk sambil berucap, "percuma saya ke sini kalau saya tidak lihat semuanya."

Saat gerbang dibuka, awak media dan Komisi disambut oleh jalanan berlumpur dan penuh dengan serakan sampah.

Pandapotan terkejut lantaran lokasi sirkuit yang digunakan oleh Jakpro merupakan lokasi yang familiar dikenal sebagai tanah rawa.

 Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga terkejut melihat kondisi sebagian yang masih berbentuk lahan kosong berlumpur.

Alasan Ancol Dipilih Jadi Lokasi Sirkuit Formula E

Ancol resmi ditunjuk jadi lokasi sirkuit Formula E Jakarta 2022.

Formula E rencananya digelar 4 Juni 2022.

Ajang balap mobil listrik ini menjadi salah satu rangkaian ulang tahun ke-494 Kota Jakarta.

Penunjukan Ancol sebagai lokasi sirkuit penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 disampaikan langsung oleh Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix 2022 Ahmad Sahroni.

"Diberikan approval (oleh Federasi Otomotif Internasional) sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E adalah di Ancol," ujar Sahroni saat konferensi pers di Ancol/JI Expo, Rabu (22/12/2021), dilansir dari Kompas.com.

Ancol ditunjuk sebagai lokasi sirkuit Formula E setelah melalui kajian panjang bersama pihak Formula E Operations sebagai wakil Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto, Senin (20/12/2021), mengatakan, Ancol dan Jakarta International Expo (JI Expo) menjadi kandidat kuat lokasi sirkuit Formula E.

"Salah satu yang mau kami akan siapkan (yaitu) di Ancol, ada beberapa juga di JI Expo itu masih buka kemungkinan," kata Widi.

Pilihan tersebut mengerucut setelah sebelumnya penyelenggara memberikan lima opsi lokasi, yaitu Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk, JI Expo, Jakarta International Stadium, dan Ancol.

Ahmad Sahroni mengungkap alasan mengapa Ancol terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan atau sirkuit Formula E Jakarta 2022.

Kata dia, lokasi Ancol yang dinamis dan cukup ikonik bagi Jakarta.

"Kenapa mesti pilih Ancol? Karena pertama Ancol adalah tempat yang dinamis, (lokasi) yang ikoniknya Jakarta, dan tempat tidak mengganggu prasarana jalan masyarakat yang lain," kata Sahroni saat konferensi pers di Ancol, Rabu (22/12/2021).

Politisi Partai Nasdem ini menjelaskan, sebenarnya lima lokasi pilihan untuk penyelenggaraan Formula E semuanya bagus.

Namun, pihaknya masih harus menunggu persetujuan dari Formula E Operations (FEO) untuk memilih lokasi mana yang terbaik untuk menggelar Formula E.

Adapun lima kandidat yakni Gelora Bung Karno, Sudirman-Thamrin, Pantai Indah Kapuk, Kemayoran, dan Ancol.

"Kalau saya yang putuskan regulasi balap Formula E, dari kemarin pas saya ditunjuk sebagai ketua OC pasti langsung saya umumkan. Cuma karena ini harusnya diberikan approval (persetujuan FEO)," ujar dia.

s; tribunnews.com


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Komisi B DPRD Pesimis Sirkuit Formula E Bisa Dibangun di Lahan Berlumpur, DS: Jangan Remehkan Anies
Komisi B DPRD Pesimis Sirkuit Formula E Bisa Dibangun di Lahan Berlumpur, DS: Jangan Remehkan Anies
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjT6tQQM6Y-kGjYd3WQL1d79ZqEUbN7uS6cd7z5XhFv0bpkllrCzhWRfeMEJJ-bNhHEuBYLpeHXkK7IpVveB7F79H45wu47olOp1DaylGHGam3f7oLQc_igbD1sxte0B4fA3M4QJ_zhJUU5yVadBq7waeMvKNbB6JmqkLZP8jR5kd8FJZNsaNcIoaTfvQ=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjT6tQQM6Y-kGjYd3WQL1d79ZqEUbN7uS6cd7z5XhFv0bpkllrCzhWRfeMEJJ-bNhHEuBYLpeHXkK7IpVveB7F79H45wu47olOp1DaylGHGam3f7oLQc_igbD1sxte0B4fA3M4QJ_zhJUU5yVadBq7waeMvKNbB6JmqkLZP8jR5kd8FJZNsaNcIoaTfvQ=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/komisi-b-dprd-pesimis-sirkuit-formula-e.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/komisi-b-dprd-pesimis-sirkuit-formula-e.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy