$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Komentari Trek Formula E Dibangun di Bekas Pembuangan Lumpur, PSI: Mending Bikin Lomba Tangkap Belut

INDONESIAKININEWS.COM -  Fraksi PSI DPRD DKI menuding Gubernur Anies Baswedan tidak punya perencanaan matang dalam menentukan lokasi balap a...



INDONESIAKININEWS.COM - Fraksi PSI DPRD DKI menuding Gubernur Anies Baswedan tidak punya perencanaan matang dalam menentukan lokasi balap ajang Formula E, mengapa ? 

Pasalnya, lokasi yang akan disulap menjadi lintasan balap atau sirkuit di kawasan Ancol, Jakarta Utara ternyata tempat pembuangan lumpur.

"Ini yang terjadi kalau perencanaan termasuk penentuan trek tidak dikaji dulu, tidak ada rencana terukur," ucap politisi PSI Anggara Wicitra Sastroamidjojo, Jumat (31/12/2021).

"Sepertinya Pak Anies lebih baik bikin acara lomba tangkap belut ketimbang balap mobil," sambungnya.

Wakil Ketua Komisi E pun meminta Gubernur Anies Baswedan terbuka soal rencana penyelenggaraan Formula E.

Anggara pun menduga, tidak ada studi kelayakan dalam pemilihan Ancol sebagai lokasi balap mobil bertenaga listrik ini.

"Makanya dari awal kami bilang harus ada transparansi karena ini acara yang pakai uang rakyat dan di atas tanah perusahaan daerah pula. Jangan-jangan penentuan trek ini belum ada studi kelayakannya," ujarnya.

Menurutnya, Anies seharusnya belajar dari rencana pembangunan trek Formula E di kawasan Monas.

Sebab, pembangunan sirkuit di kawasan itu malah merusak kawasan yang merupakan cagar budaya itu.

"Kami ingatkan jangan sampai ada kerugian atau kerusakan lingkungan akibat pembangunan sirkuit Formula E karena perencanaan yang tidak hati-hati," tuturnya.

Ia pun mengingatkan agar pembangunan trek Formula E di Ancol tidak merusak lingkungan.

"Terlalu banyak yang harus kita bayar, biaya cagar budaya yang rusak, pohon, dan lain-lain, sementara event ini tidak jelas manfaat langsungnya di tengah situasi pandemi seperti sekarang," kata Ara, sapaan akrab Anggara.

Diberitakan sebelumnya, Komisi B DPRD DKI melakukan sidak ke lokasi yang akan digunakan untuk menggelar Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Rabu (29/12/2021) kemarin.

Para anggota dewan Kebon Sirih pun dibuat kaget begitu tiba di lokasi tersebut.

Pasalnya, lokasi yang akan dibangun trek Formula E ternyata merupakan tempat pembuangan lumpur dari proyek MRT maupun program gerebek lumpur di sungai maupun saluran air.

"Ini pembuang lumpur dari kali MRT ke sini buang lumpurnya. Ini yang namanya penampungan buang lumpur Ancol Timur sama Ancol Barat," ucap Sekretaris Komisi B Pandapotan Sinaga.

"Ini dulunya rawa ya, rawa yang diuruk. Ini dulu kan banjir. mulai setiap kegiatan pengerukan yang dilakukan Pemda dulu itu namanya buangan penampungan Ancol Timur, termasuk dr MRT," tambahnya menjelaskan.

Kendati begitu, ia mengatakan bakal mempercayai sepenuhnya proses pembangunan trek pada pihak-pihak terkait termasuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Ya paling tidak 6 bulan (trek rampung).

Ini kan termasuk lahan mentah tapi kan mereka akan kecanggihan teknologi.

Sekarang kan saya ga paham mungkin dengan kecanggihan teknologi yang didapatkan ini dia bisa dikatakan bisa tiga bulan, kita lihat saja nanti," pungkasnya.

Sebagai informasi, Ketua Pelaksana Formula E sekaligus Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ahmad Sahroni mengatakan sirkuit yang akan dibangun untuk Formula E bakal mengikuti berbagai spesifikasi dari FEO dan FIA. 

Sirkuit ini pun telah direncanakan selesai pada pada Bulan April 2022 mendatang.

Sehingga proses pembangunan akan dimulai pada awal tahun 2022 mendatang atau Januari 2022.

s; tribunnews.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Komentari Trek Formula E Dibangun di Bekas Pembuangan Lumpur, PSI: Mending Bikin Lomba Tangkap Belut
Komentari Trek Formula E Dibangun di Bekas Pembuangan Lumpur, PSI: Mending Bikin Lomba Tangkap Belut
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiBR15H7rDnlGqWSEFPzOH0Jzy7fsi8Nem24En7uX7gaGlCoqRAi9r8WZfBAQnUoCpFlz7cDnzCxiSoEuvz-BL7TTZUhaJrG2XCh3LxSo2o4x_bpIXROgPeRO743RQc1qT6Nb4TU5fbK2vyuxa8EdqCj1zj_9QcEhyGZH6tlkzhpG378bWT6x0Hbt3ooA=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiBR15H7rDnlGqWSEFPzOH0Jzy7fsi8Nem24En7uX7gaGlCoqRAi9r8WZfBAQnUoCpFlz7cDnzCxiSoEuvz-BL7TTZUhaJrG2XCh3LxSo2o4x_bpIXROgPeRO743RQc1qT6Nb4TU5fbK2vyuxa8EdqCj1zj_9QcEhyGZH6tlkzhpG378bWT6x0Hbt3ooA=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/komentari-trek-formula-e-dibangun-di.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/komentari-trek-formula-e-dibangun-di.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy