$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Mahfud MD ke Madura, Minta Habaib dan Ulama Tak Melarang Orang Beribadah

INDONESIAKININEWS.COM -  Menko Polhukam Mahfud MD menyerukan agar para ulama turut serta menjaga pemahaman keagamaan yang damai khas Indones...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Menko Polhukam Mahfud MD menyerukan agar para ulama turut serta menjaga pemahaman keagamaan yang damai khas Indonesia. Seruan itu dikatakan Mahfud kepada pimpinan pondok pesantren dan habaib se-Madura, Sabtu (25/12/2021).

"Tantangan dan tugas segenap komponen bangsa dalam mewujudkan kesatuan bangsa, adalah menjaga pemahaman agama dan cara beragama khas Indonesia," ucap Mahfud di Pendopo Trunojoyo Kabupaten Sampang, Madura.

Mahfud MD menegaskan Negara Pancasila adalah mitsaqon ghalidza yang oleh NU sering disebut sebagai dar al mietsaq, atau disebut dar al ahdi wa al syahadah oleh Muhammadiyah. Untuk negara yang inklusif seperti ini, lanjutnya, ada juga yang menyebut sebagai dar al hikmah, seperti Fathullah Gulen.

"Dalam istilah yang lebih akademis, konsep Dar al Mietsaq atau Dar al Ahdi sering disebut sebagai Religious Nation State, negara kebangsaan yang berketuhanan, bukan negara agama tetapi juga bukan negara sekular," paparnya.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi ini mengajak para ulama Madura ikut serta mengembangkan negara sebagai darus salam. Memperkuat akseptasi atau penerimaan terhadap perbedaan, saling menghargai antar umat beragama, serta tidak saling melarang menjalankan ibadah masing-masing.

"Lakum dinukum waliyadin, tidak saling menjelekkan, jangan larang orang beribadah, jangan larang orang ke gereja. jika ada yang larang orang beribadah lapor ke Polisi, kalau belum ditindaklanjuti lapor ke saya," ungkapnya.

Di dalam negara kebangsaan yang berketuhanan, tambah dia, negara tak memberlakukan hukum agama tertentu. Tetapi melindungi semua pemeluk agama untuk melaksanakan ajaran agamanya masing-masing.

Dia mengatakan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ulama dan habaib memiliki peran penting dalam menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama serta tidak terjebak dalam radikalisme dan sekulerisme.

"Tidak boleh menjadi gerakan radikalisme, tidak boleh pula menjadi sekularisme. Indonesia harus banyak belajar dari kejadian di berbagai negara yang mengalami peperangan hingga perpecahan karena agama," pungkasnya.

S:Sindonews



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Mahfud MD ke Madura, Minta Habaib dan Ulama Tak Melarang Orang Beribadah
Mahfud MD ke Madura, Minta Habaib dan Ulama Tak Melarang Orang Beribadah
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEispkB3HUKTZIJFLAUfktkXzka_mGB42jeRd8mgik6GFFFzP6nBDg_yZkqrLHN07CJwwzJV1OC2sWZVXw5im52w7iWOosCUSR244IIih6i2p5GOGqBdnGa3e1iG5v-4-SEUQkYj-mGunCEA90VkNXcHKeQ6-dFd9HEgxBMRpgr1Z4XeL6ELpDqyg2phRw=w640-h424
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEispkB3HUKTZIJFLAUfktkXzka_mGB42jeRd8mgik6GFFFzP6nBDg_yZkqrLHN07CJwwzJV1OC2sWZVXw5im52w7iWOosCUSR244IIih6i2p5GOGqBdnGa3e1iG5v-4-SEUQkYj-mGunCEA90VkNXcHKeQ6-dFd9HEgxBMRpgr1Z4XeL6ELpDqyg2phRw=s72-w640-c-h424
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/mahfud-md-ke-madura-minta-habaib-dan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/mahfud-md-ke-madura-minta-habaib-dan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy