$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Sumur Resapan Bikin Jalan Rusak, Anies Minta Anak Buah Tegur Kontraktor

INDONESIAKININEWS.COM -  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, buka suara soal sumur resapan yang dikeluhkan karena bikin jalan rusak. Lewat...



INDONESIAKININEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, buka suara soal sumur resapan yang dikeluhkan karena bikin jalan rusak. Lewat keterangan tertulis, Anies menyatakan meminta jajarannya mengevaluasi kontraktor drainase vertikal atau sumur resapan.

"Kami instruksikan kepada OPD terkait, seperti Dinas Sumber Daya Air [SDA] untuk secepatnya mengevaluasi pekerjaan para kontraktor dalam membangun drainase vertikal," kata Anies dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

Anies menginstruksikan agar Dinas SDA transparan dalam menyampaikan kontraktor yang mengerjakan proyek pembangunan sumur resapan ke hadapan publik. Tujuannya, supaya masyarakat ikut andil dalam mengawasi jalannya proyek ini.

"Kontraktor yang mengerjakan sumur resapan perlu diinfokan secara transparan agar publik mengetahuinya dan ikut mengawasi pembangunan drainase vertikal yang sedang berjalan maupun drainase vertikal yang sudah beroperasi," jelasnya.

Sumur resapan di Lebak Bulus, Jaksel, dikeluhkan pengguna jalan. Pasalnya, pengendara mesti melintas agak ke tengah jalan demi menghindari sumur resapan.
Sumur resapan di Lebak Bulus, Jaksel, sebelum diaspal / Foto: Andhika Prasetia
Dengan begitu, Anies berharap sumur resapan yang telah terbangun dapat berfungsi optimal dalam menangani banjir. Tentunya, tanpa harus merusak jalan yang dapat membahayakan kepentingan umum.

"Poinnya adalah agar drainase vertikal (sumur resapan) berfungsi dengan optimal dalam mengatasi banjir/genangan serta tidak membahayakan kepentingan umum seperti pengguna jalan," tegasnya.

Anies meminta anak buahnya mengidentifikasi jenis-jenis masalah, kemudian mengambil solusi atas masalah sumur resapan itu. Selain itu, dia meminta agar jajarannya menegur para kontraktor untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul sesuai dengan prosedur, sekaligus standar durasi waktu penuntasan permasalahan tersebut.


"Tentu kami akan bertindak tegas jika terjadi permasalahan melalui mekanisme penalti terhadap kontraktor terkait jika terdapat penyimpangan. Lakukan segera dan panggil semua yang terlibat dalam pembangunan drainase vertikal, termasuk para pelaksana/kontraktor dan beri mereka pesan tegas agar proses pengerjaan drainase vertikal sesuai dengan standard sehingga berfungsi optimal dan tidak mengganggu kepentingan umum, terutama jangan sampai membahayakan orang lain," tegasnya.

Jl Lebak Bulus III, penutup sumur resapan kini sudah diaspal. 3 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jl Lebak Bulus III, penutup sumur resapan kini sudah diaspal. 3 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom) Foto: Jl Lebak Bulus III, penutup sumur resapan kini sudah diaspal. 3 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Yusmada Faizal memastikan pihaknya segera menjalankan instruksi Anies. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan kontraktor pemegang proyek sumur resapan untuk memperbaiki jalan yang ambles.

"Kami telah mengevaluasi baik sumur resapan yang sedang dibangun maupun sumur resapan yang sudah beroperasi agar berfungsi dengan optimal. Kami juga terus berkoordinasi dengan kontraktor terkait," katanya.

Khusus di Jl Lebak Bulus III, Jakarta Selatan, Yusmada telah menginstruksikan kepada kontraktor terkait untuk merapikan pembangunan sumur resapan di lokasi tersebut agar tak merusak jalan. Selanjutnya, kontraktor membuat lubang air di lokasi sumur resapan yang sudah ditutup aspal sehingga bisa menyerap air hujan ke dalam tanah.


 
"Kami bergerak cepat jika terjadi permasalahan di lapangan dalam proses pembuatan drainase vertikal," imbuhnya.


Yusmada menuturkan, Pemprov DKI Jakarta membangun 2 jenis sumur resapan yaitu sumur resapan dangkal dan sumur resapan dalam. Sumur resapan dangkal berfungsi menekan genangan air di permukaan tanah dengan cara mengalirkannya ke sumur resapan.

Sedangkan sumur resapan dalam berfungsi untuk menambah cadangan air tanah. Sumur resapan dangkal berpotensi menampung dan menyerapkan air ke dalam tanah sebanyak 11.502.420 m3.

Ke depannya, Pemprov DKI Jakarta akan membangun sebanyak 1.150.242 unit sumur resapan dangkal dan 100 lokasi sumur resapan dalam di wilayah DKI. Pembangunan sumur resapan atau drainase vertikal menjadi kunci bagi Pemprov DKI Jakarta untuk mengantisipasi terjadinya banjir di sejumlah titik yang rutin terdampak.


Selain mencegah banjir, gerakan pembangunan sumur resapan juga menjadi solusi menciptakan lapangan kerja sekaligus memperbaiki lingkungan dan konservasi air menuju Jakarta Kota Ramah Air.

Hingga 9 November 2021, drainase vertikal tipe buis beton sebanyak 16.035 titik dengan daya tampung 31.498 m3. Sementara itu, daya tampung sumur resapan tipe modular sebanyak 6.633,7 m3. Kapasitas sumur resapan yang sudah ada (buis beton+modular+optimalisasi) sebanyak 38.453 m3.


 

S: detikNews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Sumur Resapan Bikin Jalan Rusak, Anies Minta Anak Buah Tegur Kontraktor
Sumur Resapan Bikin Jalan Rusak, Anies Minta Anak Buah Tegur Kontraktor
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiOyCKQg7vNDOevtX4zR-hXZFM75slE4iJmdApMjUzjkVNXIlHEmz2RDff5Or-lj3hWIaGAy-gbwB5r9pzW196ZghqF2q8KY9ApZE5qyxM2cmXJaQfJWeXh-_zQGPrxuxNrQ6DVlCxJOWnoY9Bm8djK5Y6PSsxaPn7LVY9_jMgj0YN13SbnTXmixhu2=w640-h380
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiOyCKQg7vNDOevtX4zR-hXZFM75slE4iJmdApMjUzjkVNXIlHEmz2RDff5Or-lj3hWIaGAy-gbwB5r9pzW196ZghqF2q8KY9ApZE5qyxM2cmXJaQfJWeXh-_zQGPrxuxNrQ6DVlCxJOWnoY9Bm8djK5Y6PSsxaPn7LVY9_jMgj0YN13SbnTXmixhu2=s72-w640-c-h380
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/sumur-resapan-bikin-jalan-rusak-anies.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/sumur-resapan-bikin-jalan-rusak-anies.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy