$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Teror di Papua Tak Kunjung Usai, Presiden Jokowi Turun Tangan Langsung, Temui Eks Tokoh KKB

INDONESIAKININEWS.COM -  Teror demi teror yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, membuat Presiden Joko Widodo / Jokowi ...



INDONESIAKININEWS.COM - Teror demi teror yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, membuat Presiden Joko Widodo / Jokowi berkeinginan untuk bertemu dengan mantan tokoh KKB Papua.

Keinginan Presiden Jokowi itu pun mendapatkan respon dari berbagai pihak, salah satunya Polri, terutama kepolisian di wilayah Papua.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri pun angkat bicara mengenai keinginan Presiden Jokowi tersebut.

Menurut Mathius D Fakhiri, wacana tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi belum lama ini.

"Memang benar Presiden beberapa waktu lalu menyatakan bersedia menemui mantan KKB Papua yang sudah sadar dan ingin bersama saudaranya membangun daerah,” kata Mathius D Fakhiri, seperti dilansir dari Tribun-Papua.com berjudul Presiden Jokowi Ingin Ketemu Eks KKB, Kapolda Papua Minta Bantu Toga.

Dikatakan, untuk mewujutkan keinginan orang nomor satu di republik ini, dirinya harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan para tokoh agama (Toga) di Papua.

"Peran tokoh agama sangat penting karena kelompok yang belum sepaham dengan kita bila terus didekati, saya yakin suatu saat mereka akan sadar,” ujarnya.

Keinginan Jokowi tersebut, menurut Mathius D Fakhiri agar pemerintah dan para eks KKB Papua dapat membangun daerahnya masing-masing.

“Tapi, mereka (KKB) itu harus benar-benar tidak lagi menebar aksi teror bersenjata di Papua,” katanya.

Sebelumnya, Mathius D Fakhiri sudah menyiapkan 11 operasi atau pendekatan dan interaksi yang sangat efektif kepada masyarakat Papua.

Pendekatan yang dilakukan yakni secara Soft Approach Policing.

"Sebanyak 11 operasi yang akan digelar ditanah Papua, dengan menggunakan cara-cara yang lebih soft," kata Kapolda Papua, dalam acara refleksi akhir tahun 2021, Polda Papua, Kamis (23/12/2021).

Kata Kapolda, tentunya dalam operasi tersebut perlu ada kerjasama antara media dan tokoh agama.

"Saya meminta kerjasama dengan teman-teman wartawan dan juga dari tokoh agama, guna mengambil peran dalam beberapa operasi kedepan," ujarnya.

Ia berharap, sehingga dengan kolaborasi tersebut bisa menarik kembali masyarakat yang masih bersebrangan denga NKRI.

Kasus Teror KKB Papua di 2021

Kelompok Kriminal Bersenjata masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat, khususnya warga pendatang di beberapa wilayah di Papua.

Tercatat di tahun 2021, KKB telah melakukan 92 kali aksi.

Berdasarkan catatan sedikitnya ada 34 orang menjadi korban, baik TNI-Polri dan warga sipil.

Menyikapi hal itu, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan penindakan hukum kepada KKB akan tetap dilakukan selama kelompok tersebut masih membuat aksi kekerasan.

“Kami aparat keamanan tetap mengedepankan kesejahteraan dalam penanganan KKB,” ungkapnya beberapa waktu lalu di Jayapura, Papua.

Kata Fakhiri, dalam penanganan KKB, pemerintah daerah memiliki peran penting.

“Kepala daerah memiliki peran sangat peting untuk bisa mendekati KKB. Bupati memiliki hubungan emosional dengan KKB dibandingkan aparat,” jelasnya.

Disamping itu, Fakhiri menyebutkan langkah kongrit yang dilakukan Polda Papua kedepannya yakni soft approach.

"Kami upaya melakukan pendekatan Soft kepada semua kelompok, naik masyarakat dan kelompok yang bersebrangaan idialisme,” bebernya.

Sebelumnya Kurun waktu 12 bulan sejak Januari hingga Desember 2021, kelompok Kriminal bersenjata (KKB) telah melakukan 92 aksi di 5 Kabupaten di Provinsi Papua.

Hal itu diungkapkan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri dalam refleksi akhir tahun, Kamis (23/12/2021) pagi.

Kata Fakhiri, dari 92 aksi, sedikitnya ada 34 orang meninggal dunia.

"TNI 11, Polri 4 sedangkan warga sipil ada 19," jelasnya.

Sementara korban luka, Ia menyebutkan ada 34 orang.

"TNI 19, polri 4 dan warga sipil 11 orang," ucapnya.

Disamping itu, jenderal polisi bintang dua ini pun menyebutkan selain korban dari TNI/Polri dan warga sipil, KKB pun tidak luput menjadi korban dalam rentetan aksi tersebut.

"Kalau dari mereka (KKB red) 12 orang jadi korban dalam upaya penindakan dan kontak yang terjadi," jelasnya.

Ia pun menambahkan selama tahun 2021, Polda Papua telah melaksanakan 13 operasi kepolisian terpusat maupun kewilayahan.

"Pendekatan persuasif langkah untuk merangkul terbukti ada 27 pentolan KKB kembali ke pengakuan NKRI," bebernya.

s; tribunnews.com


Name

Berita,19591,H,148,HUMOR,7,Internasional,161,Kesehatan,24,Nasional,19452,News,1063,OPINI,78,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Teror di Papua Tak Kunjung Usai, Presiden Jokowi Turun Tangan Langsung, Temui Eks Tokoh KKB
Teror di Papua Tak Kunjung Usai, Presiden Jokowi Turun Tangan Langsung, Temui Eks Tokoh KKB
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiudhcQzE-WQ37boJ-Oq36VdcXIyvkHNvITnoCvJGTbC46wiNXFEbHxzggTL6mF6AsOL-OgCizeeM7uTTHqjHug0KFA3Bw8Blq0wOwt9G28AT1ItkRpQyGV_zHemI17mzYPWd-zjJjPSxY3LWzq2AA-ngQFx0qGdD_obEPQxl1tZJECAhxEmzbCD5zZJA=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiudhcQzE-WQ37boJ-Oq36VdcXIyvkHNvITnoCvJGTbC46wiNXFEbHxzggTL6mF6AsOL-OgCizeeM7uTTHqjHug0KFA3Bw8Blq0wOwt9G28AT1ItkRpQyGV_zHemI17mzYPWd-zjJjPSxY3LWzq2AA-ngQFx0qGdD_obEPQxl1tZJECAhxEmzbCD5zZJA=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/teror-di-papua-tak-kunjung-usai.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/teror-di-papua-tak-kunjung-usai.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy