$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Usai Sebut Formula E seperti Bom-bom Car, PSI Kini Permasalahkan Lintasan Bekas Pembuangan Lumpur

INDONESIAKININEWS.COM -  Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta kembali menyindir turnamen Formula E yang akan digelar d...



INDONESIAKININEWS.COM - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta kembali menyindir turnamen Formula E yang akan digelar di Kawasan Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022 mendatang.

Setelah menyindir ajang balap itu selayaknya permainan bom-bom car, PSI menyebut lokasi sirkuit selayaknya tempat lomba tangkap belut.

Pasalnya lokasi lintasan Formula E akan dibangun di lokasi pembuangan lumpur yang dikeruk dari proyek normalisasi sungai dan kali.

Partai yang baru pertama kali duduk di Parlemen Kebon Sirih, Jakarta Pusat ini lantas menilai pemerintah daerah tidak memiliki perencanaan yang matang.

Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo mempertanyakan wilayah lintasan Formula E Jakarta yang ternyata di tanah lokasi pembuangan lumpur.

“Ini yang terjadi kalau perencanaan termasuk penentuan trek tidak dikaji dulu. Tidak ada rencana terukur. Sepertinya Pak Anies lebih baik bikin acara lomba tangkap Belut ketimbang balap mobil,” kata Anggara berdasarkan keterangannya pada Jumat (31/12/2021).

Keputusan pemilihan lokasi sirkuit ini, menurut Anggara, tidak memiliki proses yang terbuka. Dia juga menduga pemilihan lokasi sirkuit Formula E Jakarta tidak memiliki studi kelayakan.

“Makanya dari awal kami bilang harus ada transparansi karena ini acara yang pakai uang rakyat dan di atas tanah perusahaan daerah pula. Jangan-jangan penentuan trek ini belum ada studi kelayakannya,” jelas Anggara yang juga menjadi Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta ini.

Anggara meminta Anies Baswedan belajar dari uji coba pembangunan sirkuit Formula E yang merusak cagar budaya Monas. Menurutnya, kompensasi yang harus dibayar untuk pelaksanaan kegiatan ini sangat besar.

“Kami ingatkan jangan sampai ada kerugian atau kerusakan lingkungan akibat pembangunan sirkuit Formula E karena perencanaan yang tidak hati-hati. Terlalu banyak yang harus kita bayar, biaya cagar budaya yang rusak, pohon, dan lain-lain, sementara event ini tidak jelas manfaat langsungnya di tengah situasi pandemi seperti sekarang,” tutup Anggara.

Sebelumnya, Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta menyindir rencana turnamen balap Formula E yang akan digelar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022 mendatang.

Partai yang baru duduk di kursi parlemen Kebon Sirih, Jakarta Pusat ini menyebut Anies begitu ambisius sampai mengabaikan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk memperbarui kajian studi kelayakan.

"Formula E adalah acara balap mobil internasional, bukan balap Bom-Bom Car, sehingga sudah seharusnya tetap memperhatikan kaidah dan aturan lainnya sebelum benar-benar diselenggarakan," kata anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo dari keterangannya pada Kamis (23/12/2021).

Anggara mengatakan Pemprov DKI Jakarta juga tidak melibatkan DPRD DKI Jakarta dalam pembahasan APBD yang sudah dibayarkan untuk menyelenggarakan Formula E. Kata dia, ajang balap ini masih menggunakan dana APBD sebesar Rp 560 miliar untuk pembayaran commitment fee.

"Apabila memang tidak menggunakan dana APBD sama sekali, Anggara meminta untuk dana tersebut dikembalikan terlebih dahulu sebelum penyelenggaraan berjalan. Selama masih ada uang rakyat di sana, PSI akan terus kejar," jelasnya.

Anggara juga menyoroti tindak lanjut dari Laporan Hasil Pengelolaan Keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengenai kewajiban untuk membuat revisi studi kelayakan (feasibility study). Dia mengingatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar lebih taat admnistrasi.

"Ini uang rakyat agar taat adminstrasi, ada aturan main. Kalau berantakan, berarti banyak yang disembunyikan," imbuhnya.

Seperti dikeyahui, lanitia penyelenggara ajang balap mobil listrik Formula E mengumumkan kawasan Ancol resmi menjadi lokasi sirkuit balapan, Rabu (22/12/21).

Hal tersebut disampaikan panitia dalam konferensi pers yang digelar Ancol, Jakarta Utara pada Rabu (22/12/21).

Adapun dalam acara ini turut hadir Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni bersama Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) Widi Amanasto dan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali.

Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni, mengatakan ada beberapa faktor yang menjadikan Ancol sebagai lokasi yang dipilih.

Salah satu di antaranya adalah lokasi yang ikonik dan tidak mengganggu fasilitas umum.

"Untuk ajang Formula E yang Insya Allah akan digelar pada Bulan Juni mendatang, berdasarkan keputusan dan assessment bersama FEO (Formula E Operations) dan FIA (Fédération Internationale de l'Automobile), lokasinya sudah ditentukan yaitu di daerah Ancol, Jakarta Utara," ucap Sahroni dalam konferensi pers yang digelar di Ancol, Jakarta Utara pada Rabu (22/12/21).

s; tribunnews.com


Name

Berita,19479,H,148,HUMOR,7,Internasional,160,Kesehatan,23,Nasional,19339,News,1052,OPINI,78,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Usai Sebut Formula E seperti Bom-bom Car, PSI Kini Permasalahkan Lintasan Bekas Pembuangan Lumpur
Usai Sebut Formula E seperti Bom-bom Car, PSI Kini Permasalahkan Lintasan Bekas Pembuangan Lumpur
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj8fFlDchsone9LC1g3U3cRBrb3Hd-IIWyhAlV5E0vwt-2hpPWlfufQeHbmA_63MtOlNDpgDbXk-Ljukudn4PBf-y0AMuVIz0_h0DMHMwr1IhMpReDNdF70jY4hzZpOgdI17eaREO7qiqUGR_LpV1jSfbOjWXNB5njbLRSSB0RoWXtRIrB_A42xibvESw=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj8fFlDchsone9LC1g3U3cRBrb3Hd-IIWyhAlV5E0vwt-2hpPWlfufQeHbmA_63MtOlNDpgDbXk-Ljukudn4PBf-y0AMuVIz0_h0DMHMwr1IhMpReDNdF70jY4hzZpOgdI17eaREO7qiqUGR_LpV1jSfbOjWXNB5njbLRSSB0RoWXtRIrB_A42xibvESw=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/usai-sebut-formula-e-seperti-bom-bom.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/usai-sebut-formula-e-seperti-bom-bom.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy