$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Daftar Koruptor Termuda di Indonesia, Paling Banyak Berasal dari Sumut

INDONESIAKININEWS.COM -  Kasus pidana korupsi di Indonesia memang tak kunjung hilang, bahkan Pimpinan KPK menyoroti banyaknya pelaku korupsi...



INDONESIAKININEWS.COM - Kasus pidana korupsi di Indonesia memang tak kunjung hilang, bahkan Pimpinan KPK menyoroti banyaknya pelaku korupsi yang masih berusia muda di Indonesia.

Baru-baru ini di Indonesia sempat heboh karena tertangkapnya koruptor perempuan termuda.  Umur 24 Tahun' menjadi trending topik di Twitter pada Selasa (18/1/2022).

Trendingnya umur 24 tahun dipicu karena ditangkapnya Nur Afifah Balqis, Bendahara umum DPC Demokrat Balikpapan yang ditangkap KPK.

Tetapi bukan Nur Afifah saja yang pernah menjadi korouptor termuda di Indonesia.


 
Berikut beberapa profil koruptor termuda di Indonesia yang berhasil ditangkap KPK:

1. Nur Afifah Balqis

Nur Afifah Balgis Bendahara Demokrat Balikpapan.
Nur Afifah Balgis Bendahara Demokrat Balikpapan. (Instagram Nur Afifah Balgis)
Nur Afifah Balqis yang masih berumur 24 tahun menjadi tersangka korupsi yang menampung suap Bupati Penajam Paser Utara.

Penangkapan Nur Afifah Balqis tersebut bermula saat KPK menetapkan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Abdul Gafur Masud sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek dan perizinan Pemkab PPU. Ternyata setelah ditelusuri, wanita berhijab tersebut ikut terseret dalam kasus dugaan suap yang dilakukan Abdul Gafur Masud. 


Wanita cantik itu menyimpan uang di rekening bank nya sebesar Rp447 juta yang diperoleh dari penggelapan dana proyek di Penajam Paser Utara.

Nur Afifah atau biasa disebut Balqis diketahui mempunyai peran dalam kasus korupsi tersebut dengan menerima, mengelola, dan menyimpan uang suap yang diterima Abdul.

Balqis merupakan wanita asal Balikpapan kelahiran 1997 yang mengawali karier nya sebagai politisi muda dan menjabat sebagai Bendahara Umum DPC Demokrat Balikpapan.

Ia merupakan alumni Binus University jurusan Hukum Bisnis, sehingga posisi tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikannya.


 
Balqis memang memiliki hobi jalan-jalan ke sejumlah termpat termasuk luar negeri, terlihat dalam beberapa foto pada unggahan Instagramnya.

2. Muhammad Nazaruddin

Muhammad Nazaruddin
Muhammad Nazaruddin (tribunnews.com)
Muhammad Nazaruddin lahir di Bangun, Simalungun, Sumatera Utara pada 26 Agustus 1978. Nazaruddin adalah anak kelima dari tujuh bersaudara dari pasangan Muhammad Latif Khan dan Aminah, yang keduanya merupakan warga keturunan Pakistan.

Nazarudin merupakan seorang pengusaha dan politikus Indonesia yang menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat periode 2009-2014 dari Partai Demokrat dengan Daerah Pemilihan Jawa Timur IV.

Setelah menjabat sebagai Bendahara Umum Partai Demokrat pada tahun 2010, pada tahun 2011 Komisi Pemberantasan Korupsi menjadikannya tersangka kasus suap pembangunan wisma atlet (Hambalang) untuk SEA Games ke-26.


Nazaruddin ditengarai meninggalkan Indonesia sebelum statusnya menjadi tersangka dan menyatakan melalui media massa bahwa sejumlah pejabat lain juga terlibat dalam kasus suap tersebut.

Akhirnya ia tertangkap di Cartagena de Indias, Kolombia. Nazaruddin didakwa MA 7 tahun penjara.

Tahun 2016, Nazaruddin juga didakwa mengenai gratifikasi dan pencucian uang melalui berbagai perusahaan miliknya dan divonis 6 tahun.

Akumulasi hukumannya yaitu 13 tahun sampai tahun 2025.

Nazaruddin pun resmi menjadi koruptor termuda di Indonesia karena dirinya resmi menjadi tersangka kasus suap pembangunan wisma astlet untuk SEA Games ke 26 pada tahun 2011 di usianya ke 33 tahun.


 
3. M Syahrial

Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial menggunakan rompi oranye tahanan KPK, Sabtu (24/4/2021). Syahrial dijerat dalam perkara suap.(TRIBUNNEWS)
Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial menggunakan rompi oranye tahanan KPK, Sabtu (24/4/2021). Syahrial dijerat dalam perkara suap.(TRIBUNNEWS) (TRIBUNNEWS)
M Syahrial merupakan Wali Kota Tanjungbalai yang pernah meraih rekor Muri sebagai wali kota termuda se-Indonesia. Penghargaan itu dia terima di Jakarta pada tanggal 27 April 2017. 

M Syahrial lahir di Tanjung Balai, Sumatera Utara, pada tanggal 17 Agustus 1988. Ia menjabat sebagai Wali Kota Tanjung Balai sejak 17 Februari 2016.

Sebelumnya, Syahrial pernah menjabat sebagai ketua DPRD Kota Tanjung Balai periode 2014–2015. Beberapa bulan setelah terpilih menjadi anggota DPRD, M Syahrial kemudian terpilih menjadi Ketua DPRD Kota Tanjung Balai.

Kemudian M Syahrial mundur dari DPRD, dan juga mundur dari Partai Golkar, lalu maju dalam Pilkada Kota Tanjung Balai pada tahun 2015 dari Jalur Perseorangan.

Berpasangan dengan Drs H Ismail sebagai Wakil Wali kota, M Syahrial adalah satu-satunya peserta yang maju dari Jalur Perseorangan dan berhasil meraih suara terbanyak.

Pada tanggal 17 Februari 2016, bertempat di Lapangan Merdeka-Medan, M Syahrial bersama dengan Drs. H. Ismail dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjung Balai periode 2016-2021 oleh Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi MSi.

Tetapi pada tahun 2021 KPK menetapkan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial sebagai tersangka kasus dugaan korupsi lelang jabatan di Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai pada 2019.

Syahrial memberikan uang suap kepada Robin mencapai Rp 1.695.000.000,00 untuk meminta bantuan kepada Robin karena ada permasalahan ketika ia ingin kembali maju dalam pilkada Tanjungbalai.

M. Syahrial pun divonis dua tahun penjara dan membayar denda sebesar Rp 100 juta. Atas kasusnya tersebut, Ia resmi menjadi koruptor termuda di Indonesia pada usianya yang 33 tahun.

4. Angelina Sondakh

Angelina Sondakh
Angelina Sondakh (Kolase Tribunstyle)
Angelina Patricia Pinkan Sondakh, lahir 28 Desember 1977 di Armidale, Australia. Ia lebih dikenal sebagai Angelina Sondakh yang sebelum terjun ke dunia politik pernah menjadi seorang artis, dan model asal Indonesia.

Ia mulai dikenal setelah mewakili provinsi Sulawesi Utara dan terpilih menjadi pemenang pada kontes kecantikan nasional, yaitu Puteri Indonesia 2001.

Selanjutnya, ia terjun ke dunia politik dan terpilih sebagai Anggota DPR Republik Indonesia periode 2004–2009 dan 2009–2014 dari Partai Demokrat.

Ia diduga terlibat dalam kasus korupsi dan suap terkait pembahasan anggaran proyek Wisma Atlet Palembang SEA Games yang melibatkan sejumlah politikus Indonesia lainnya.

Tetapi sayangnya istri dari Adjie Massaid ini ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus suap wisma atlet di Palembang yang diumumkan langsung oleh ketua KPK, Abraham Samad di gedung KPK, Jakarta.

Setelah menjalani berbagai sidang, pada 10 Januari 2012, Angie divonis 4,5 tahun penjara dan denda Rp 250 juta. Sehingga Angelina Sondakh resmi menjadi koruptor termuda di Indonesia pada usianya  ke 35 tahun.

5. Zumi Zola

DULU Istri Gubernur. Foto dok: Sherrin Tharia dan Zumi Zola saat masih menjabat sebagai Gubernur Jambi
DULU Istri Gubernur. Foto dok: Sherrin Tharia dan Zumi Zola saat masih menjabat sebagai Gubernur Jambi (dok/tribunjambi)
Zumi Zola Zulkifli lahir di Jakarta, pada 31 Maret 1980. Zumi Zola merupakan anak pertama dari ayah Zulkifli Nurdin dan ibu Harmina Djohar.

Zumi Zola yang memiliki keturunan Melayu Jambi ini adalah seorang alumni SMAI Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta.

Kemudian dirinya melanjutkan pendidikan S1 di Institut Pertanian Bogor tahun 2002, dan S2 di London Metropolitan University pada 2007.

Zumi Zola menjadi Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2016, berpasangan dengan Ambo Tang sebagai Wakil Bupati.

Kemudian Zumi Zola mundur pada 6 Oktober 2015 karena maju dalam Pemilihan umum Gubernur Jambi 2015 dan wakilnya, Ambo Tang diangkat menjadi Bupati Tanjung Jabung Timur untuk menjalani sisa masa jabatan 2011-2016.

Sayangnya, pada Februari 2018, Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap RAPBD Jambi tahun anggaran 2018 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain diduga terlibat suap RAPBD, Zumi Zola juga diduga menerima gratifikasi.

Dirinya mendapat hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. Karena kasus tersebut, Zumi Zola menjadi koruptor termuda di Indonesia pada usianya ke 38 tahun.

(cr19/tribun-medan.com)(sumber: kompas)


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Daftar Koruptor Termuda di Indonesia, Paling Banyak Berasal dari Sumut
Daftar Koruptor Termuda di Indonesia, Paling Banyak Berasal dari Sumut
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhmU0OufWcFt8rHxYvHWimSzb5fF6aVKGrSU1xkqnPZOtMm080SXBkA3-KSTQZor3kvcl0JPAi_pGlV1Sa9mSTqv-2R7txAPL5Btk5uXIwQ-BmIHkEIVVzYEYj8uQz2yHa_NrH5xmtHFvAmzr5hTmMXlXyOA6hsQBM4C4J8QaPOvQQe-Up660M35ZyI=w640-h366
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhmU0OufWcFt8rHxYvHWimSzb5fF6aVKGrSU1xkqnPZOtMm080SXBkA3-KSTQZor3kvcl0JPAi_pGlV1Sa9mSTqv-2R7txAPL5Btk5uXIwQ-BmIHkEIVVzYEYj8uQz2yHa_NrH5xmtHFvAmzr5hTmMXlXyOA6hsQBM4C4J8QaPOvQQe-Up660M35ZyI=s72-w640-c-h366
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/daftar-koruptor-termuda-di-indonesia.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/daftar-koruptor-termuda-di-indonesia.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy