$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Dulu Dikritik Mirip Polri, Kini Seragam Satpam Diubah Warna Krem, Malah Disebut Mirip...

INDONESIAKININEWS.COM -  Baru-baru ini media sosial diramaikan dengan video menampikan sejumlah petugas Satuan Pengamanan (Satpam) mengenaka...



INDONESIAKININEWS.COM - Baru-baru ini media sosial diramaikan dengan video menampikan sejumlah petugas Satuan Pengamanan (Satpam) mengenakan seragam warna krem viral di media sosial.

Alhasil Warna seragam satpam terbaru itu juga jadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Setelah dianggap mirip dengan seragam dinas Polisi, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akhirnya memutuskan untuk mengganti warna seragam Satuan Pengamanan (satpam) supaya menjadi pembeda.

Seragam Satpam yang sebelumnya berwarna abu-abu tua, kini berganti menjadi krem.

Alih-alih supaya menjadi pembeda antara satpam dan polisi, keputusan tersebut justru menjadi perbincangan netizen di jagat media sosial.

Saat ini, warna baju mereka adalah coklat muda dari sebelumnya warna biru gelap.

Selanjutnya akan diubah jadi warna krem.

Warna baju satpam yang sekarang mirip dengan seragam polisi Indonesia atau anggota Polri.

Nah, jika nanti baju seragam satpam berubah jadi warna krem, maka akan mirip warna seragam polisi India.

"Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Rabu (12/1/2022), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Namun, perubahan warna seragam itu saat ini sedang dalam proses pengkajian.

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," katanya lebih lanjut.

Brigjen Pol Ahmad Ramadhan melanjutkan, satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas sehingga perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Warna baru seragam satpam ini akan mulai diperkenalkan pada hari ulang tahun (HUT) satpam.

Adapun HUT satpam diperingati setiap bulan Desember.

"Pada HUT satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," kata dia.

Sebelumnya, Polri mengubah warna seragam satpam menjadi warna cokelat muda.

Hal ini berdasar dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Polri menyatakan, perubahan seragam tersebut diharapkan menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

Berubah-ubah

Warna seragam satpam di Indonesia selalu berubah-ubah.

Berikut ini perubahannya sebagaimana dikutip dari laman Wikipedia.org.

- Sebelum 2020

Biru-biru (niru tua), dipakai dengan sepatu PDL dan dalaman kaos biru yang dipakai untuk petugas satpam yang bertugas diluar ruangan (outdoor task) seperti PKD, keamanan parkir, pengaturan akses masuk/keluar instalasi (access control), pengaturan lalu lintas, dll.

Putih-biru, dipakai dengan sepatu PDH dan dalaman kaos putih dipakai untuk petugas satpam yang bertugas di dalam ruangan (indoor task) seperti tugas pengamanan di bank, mall, sekolah/kampus, perkantoran, dll.

Seragam ini juga dipakai pada saat shift siang hari.

Safari biru-biru, dipakai dengan sepatu PDH dan dipakai untuk petugas satpam yang bertugas pada instalasi/fasilitas khusus (special facility) seperti tugas pengamanan di hotel, kafe, restoran, bar, dll.

Seragam ini juga dipakai untuk petugas keamanan pribadi.

- Setelah 2020

Sesuai Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa, Kapolri pada saat itu, Jenderal Pol Idham Azis mengeluarkan peraturan untuk mengubah warna seragam satpam di Indonesia yaitu dari yang sebelumnya putih-biru dan biru-biru menjadi coklat sama halnya seperti anggota Polri.

Alasanya adalah untuk meningkatkan "kewibawaan" anggota satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

Yang membedakan seragam satpam dari personel Polri adalah dari bordiran papan nama di seragam satpam yang berlatar warna putih sedangkan bordiran nama seragam Polri berlatar warna sama dengan baju, dan dua logo monogram di ujung kerah seragam Satpam yang berupa lingkaran putih yang tidak dipasang di seragam Polri.

Video viral

Seperti yang diunggah sebuah akun Instagram @dramacommuterline baru-baru ini.

Dalam video yang beredar terlihat sekumpulan satpam yang diduga selesai menggelar apel di Lapangan Bhayangkara, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan depan Mabes Polri.

Dalam video itu, tampak seragam baru satpam telah jadi dan siap dikenakan.

Melalui unggahan akun itu, terlihat pula atribut satpam yang lengkap mulai dari baju, celana, lencana berlogo Polda Metro Jaya hingga topi.

"Warna seragam baru satpam 2022," tulisnya dalam akun dramacommuterline seperti dikutip Tribunnews.com, Minggu (30/1/2022).

Dalam video itu, para satpam mengenakan seragam yang sudah dimodifikasi.

Terlihat hanya bagian atasan yang berubah menjadi warna krem atau cokelat muda.

Netizen pun menyebut pergantian warna seragam satpam itu sengan beragam komentar.

Mayoritas netizen berkomentar bahwa seragam baru satpam mirip dengan Polisi India.

"Mirip Polisi India," kelakar akun @mfardi***.

"Jadi mirip Paman Ladusing, " timpal akun lain @lidyas***.

Tak hanya itu, beberapa netizen menyayangkan warna seragam satpam tak lagi kembali ke warna asal yakni putih dilengkapi celana biru tua.

"Lebih terlihat wibawa pakaian putih hitam satpam, " tambah akun @sukai***.

"Sudah lebih elegan kalau atasan pake putih. Celana biru tua, lebih berwibawa, " sahut akun @Yudh***.

s; tribunnews.com


Name

Berita,22570,H,151,HUMOR,7,Internasional,373,Kesehatan,29,Nasional,22217,News,1357,OPINI,80,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Dulu Dikritik Mirip Polri, Kini Seragam Satpam Diubah Warna Krem, Malah Disebut Mirip...
Dulu Dikritik Mirip Polri, Kini Seragam Satpam Diubah Warna Krem, Malah Disebut Mirip...
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj5PewpdewR-NnI0UNkIrRNBxmToB9ZmbsE2S7bYDQy95fyhEvSeK7c4KVkeXd64dF8YdSnX-miGYYIHfMBWn9KMz4cKpPi_UpV34YWzs9GuXmtJqSKbuOkr2HA6FWeOJ965qiIL4HOMVPAOouCLF8_Wpkatqca0X63WKSF_Hl4VLcGbxwDkghr_bLAMA=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj5PewpdewR-NnI0UNkIrRNBxmToB9ZmbsE2S7bYDQy95fyhEvSeK7c4KVkeXd64dF8YdSnX-miGYYIHfMBWn9KMz4cKpPi_UpV34YWzs9GuXmtJqSKbuOkr2HA6FWeOJ965qiIL4HOMVPAOouCLF8_Wpkatqca0X63WKSF_Hl4VLcGbxwDkghr_bLAMA=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/dulu-dikritik-mirip-polri-kini-seragam.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/dulu-dikritik-mirip-polri-kini-seragam.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy