$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Momen Petinggi Sunda Empire Lord Rangga Datangi Gedung DPR RI Ingin Labrak Arteria Dahlan

INDONESIAKININEWS.COM -  Petinggi Sunda Empire Ki Ageng Rangga Sasana mendatangi Gedung DPR RI, Kompleks Perlemen Senayan, Jakarta, Kamis (2...



INDONESIAKININEWS.COM - Petinggi Sunda Empire Ki Ageng Rangga Sasana mendatangi Gedung DPR RI, Kompleks Perlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Lord Rangga tampak mengenakan jas berwarna hitam bersama sejumlah orang tiba di gedung DPR RI.

Ia datang pukul 13.55 WIB.

Kedatangan Rangga ini terkait peryataan Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Arteria Dahlan yang menyinggung soal berbahasa daerag yakni Sunda dalan rapat.

Ia mengatakan, bahwa kedatangannya untuk bertemu langsung dengan Arteria Dahlan di ruangannya. Dalan kesempatan itu, Rangga juga akan mengingatkan kepada anggota DPR RI lainnya.

Terlebih, Arteria sempat menyinggung Sunda Empire saat berbicara itu.

"Untuk itu Lord datang melabrak dia, kaitannya persoalannya sebagai wakil rakyat tentunya Lord akan mengingatkan bukan hanya dia, wakil rakyat Pak Arteria tadi, tetapi juga wakil-wakil yang lain. Sebaiknya menyampaikan pada proses dengan sopan santun," kata Rangga saat ditemui Tribunnews.com.

Menurut Rangga, apa yang disampaikan Arteria dalam rapat tersebut melanggar Kebinekaan. Pasalnya, berbahasa daerah merupakan bagian dari Pancasila.

"Arteria Dahlan dalam konteks persoalannya melarang penggunaan bahasa daerah digunakan untuk komunikasi, ini halnya melanggar kebinekaan Tunggal Ika, artinya dia melanggar Pancasila," jelasnya.

Namun, kehadiran Rangga untuk bertemu langsung dengan Arteria serta Fraksi PDI Perjuangan batal.

Lantaran, menurut petugas jaga DPR, Rangga harus membawa surat permohonan audensi serta menyertakan hasil swab antigen negatif untuk bisa masuk ke Gedung DPR.

Rangga pun mengaku akan menyiapkan persyaratan tersebut dan berkomunikasi dengan Arteria Dahlan.

Diketahui, Arteria Dahlan menjadi perbincangan publik setelah ia meminta Jaksa Agung untuk memecat kepala Kejati karena menggunakan bahasa Sunda dalam rapat. 
Hal itu disampaikan Arteria ketika mengikuti rapat Komisi III DPR dengan Jaksa Agung di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Arteria memang tidak menyebutkan nama kepala Kejati dimaksud. Namun semua orang sudah mengetahui Kajati yang menggunakan bahasa Sunda adalah Kepala Kejati Jawa Barat Asep N Mulyana. Asep sendiri adalah kelahiran Tasikmalaya.

PDI Perjuangan Beri Sanksi Peringatan

Meskipun telah menyampaikan permintaan maaf, DPP PDI Perjuangan (PDIP) memberi sanksi peringatan kepada anggota Fraksi PDIP DPR-RI Arteria Dahlan atas pernyataannya yang dinilai melanggar etik dan disiplin Partai. 

"Surat sanksi peringatan ditandatangani Pak Sekjen dan saya sebagai Ketua DPP Bidang Kehormatan," kata Komaruddin Watubun, di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (20/1/2022). 

"DPP Partai menerima berbagai laporan dan membaca pemberitaan di media, termasuk dari pendukung partai di Jawa Barat yang merasa terusik dan kurang nyaman dengan pernyataan Pak Arteria itu," lanjutnya. 

Dalam klarifikasi tersebut, Komaruddin menegaskan bahwa apa yang disampaikan Arteria Dahlan dari sisi organisasi di Partai, penilaian Partai hal itu sudah melanggar etik dan disiplin organisasi. 

"Dalam klarifikasi dengan DPP hari ini, Pak Arteria menyampaikan permintaan maaf ke masyarakat Jawa Barat, khususnya masyarakat Sunda. Dia pun menyerahkan sepenuhnya kepada DPP Partai."

"Sebagai kader Partai siap menerima sanksi yang diberikan Partai. Jadi DPP Partai memberikan sanksi peringatan kepadanya. Semoga ini menjadi pembelajaran bagi Pak Arteria," jelas Komaruddin. 

Pada saat bersamaan, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengingatkan Arteria Dahlan bahwa Indonesia dibangun dengan semangat persatuan-kebangsaan, tanpa membeda-bedakan suku, agama, jenis kelamin, status sosial dan berbagai pembeda lainnya. 

“Semangat Indonesia untuk semua. Indonesia dengan jiwa bangsa Pancasila itulah yang dikobarkan oleh Bung Karno. Bahkan Bung Karno melakukan kontemplasi ideologisnya diformulasikan di Bumi Parahayangan ketika bertemu dengan Pak Marhaen dan kemudian mematangkan konsepsi Pancasilanya setelah dibuang ke Ende dan Bengkulu,” papar Hasto.

Arteria Dahlan: Saya Siap Terima Sanksi yang Diputuskan Partai 

Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan, mengaku siap menerima sanksi yang diputuskan oleh partainya, PDI Perjuangan (PDIP). 

Hal itu buntut pernyataannya yang meminta Kajati dicopot karena berbahasa Sunda. 

"Sebagai kader, saya ini kader yang baik, tegak lurus sama partai dan tahu saya kader itu siap ditempatkan di mana saja dan tahu harus berbuat apa. Tentunya saya siap juga menerima sanksi yang dihadirkan nantinya yang diputuskan oleh DPP Partai," kata Arteria di Ruang Fraksi PDIP DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (20/1/2022). 

Arteria kembali menegaskan bahwa tidak ada niat darinya untuk mendiskreditkan suku Sunda. 

Dia juga telah memberikan klarifikasi dan penjelasan kepada DPP PDIP dan Fraksi PDIP DPR RI.

"Saya mohon maaf atas pernyataan saya tersebut. Dan kami juga memastikan tidak ada niatan sedikit pun untuk merendahkan, menyakiti keluarga kami yang bersuku Sunda," ucapnya. 

Arteria belajar banyak dari persoalan tersebut dan akan lebih efektif serta cermat dalam berkomunikasi. 

Dia meminta maaf bahwa pernyataannya itu menyita banyak perhatian dan menguras energi. 

"Saya juga akan bekerja secara efektif dan mungkin akan bekerja dalam keheningan untuk mencapai sasaran sasaran penegakkan hukum untuk ke depan," tandasnya.

s: tribunnews.com


Name

Berita,22138,H,151,HUMOR,7,Internasional,226,Kesehatan,27,Nasional,21933,News,1321,OPINI,80,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Momen Petinggi Sunda Empire Lord Rangga Datangi Gedung DPR RI Ingin Labrak Arteria Dahlan
Momen Petinggi Sunda Empire Lord Rangga Datangi Gedung DPR RI Ingin Labrak Arteria Dahlan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhJU-oxmpYP2CvjCT_JYGyheyC7xlzTF15IzSAcUoh4LOKCAXoZETe-QKWJ_Yd3Pww3ijjwYY1dj5aJQ4NlY1LP0Mzn7_YxybQ3v4L1vS9NHRdNaWzh3sMbN-Y4LKxJDvjKObuwhjDPYYreEiz5cixv5b-v2Jk_MtmWm4pt3w1_FFxOU2Tl-HJGrg0V_w=w640-h358
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhJU-oxmpYP2CvjCT_JYGyheyC7xlzTF15IzSAcUoh4LOKCAXoZETe-QKWJ_Yd3Pww3ijjwYY1dj5aJQ4NlY1LP0Mzn7_YxybQ3v4L1vS9NHRdNaWzh3sMbN-Y4LKxJDvjKObuwhjDPYYreEiz5cixv5b-v2Jk_MtmWm4pt3w1_FFxOU2Tl-HJGrg0V_w=s72-w640-c-h358
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/momen-petinggi-sunda-empire-lord-rangga.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/momen-petinggi-sunda-empire-lord-rangga.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy