$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Bertempat di Rumah Rahudman Harahap, Rizal Ramli Nyatakan Siap Jadi Capres, Pengin Gantikan Jokowi

INDONESIAKININEWS.COM -  Tokoh nasional, Rizal Ramli nyatakan diri bersedia mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia. Ia menyata...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Tokoh nasional, Rizal Ramli nyatakan diri bersedia mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia. Ia menyatakan siap menggantikan posisi Joko Widodo sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikannya saat bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat Kota Medan, Rahudman Harahap di Pendopo Rumah Pribadi Rahudman di Komplek Tasbi, Kota Medan, Senin (21/3/2022).

"Saya siap menjadi Presiden kedepannya," ujarnya seusai menjawab pertanyaan masyarakat terkait penambahan utang negara.

Dalam kesempatan itu, ia mengulas bagaimana utang Indonesia mengalami peningkatan yang cukup dratis. Oleh sebab itu, ia mempunyai beberapa solusi jitu. Di antaranya menggantikan utang dengan komitmen untuk menjaga lingkungan.

Ia mengaku, bluprint dan track record bagaimana mengatasi masalah perekonomian di Indonesia dan sudah berkali-kali menjadi menteri. Sehingga, ia mengaku sangat siap menjadi Presiden Indonesia.

Tidak hanya mengulas utang Indonesia yang kian meningkat, dihadapan para aktivis, tokoh pemuda dan ibu-ibu pengajian ia membeberkan sejumlah prestasinya.

Seperti berhasil meningkatkan pendapatan Bank BNI, serta PLN. Bahkan, ia mengklaim mampu mengatasi masalah Garuda saat menjabat sebagai menteri.

Selain itu, ia juga mengulas startegis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi saat mengalami krisis global yang diakibatkan pandemi Covid-19.

Rizal Ramli menyatakan, pandemi Covid-19 memang telah mempengaruhi perekonomian Indonesia. Namun dengan kasus covid-19 yang mulai landai menjadi momentum perbaikan kembali perekonomian yang telah sempat terpuruk.

Menurutnya, sejumlah strategi perlu dilakukan pemerintah agar pemulihan ekonomi bisa dilakukan lebih cepat. Ia pun mencontohkan strategi yang pernah dilakukannya saat menjabat Menko Ekuin di era pemerintahan Gus Dur dalam mengatasi krisis ekonomi yang sebelumnya terjadi.

Tokoh nasional, Rizal Ramli nyatakan diri bersedia mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia

“Bagaimana pemerintah harus berani mengambil tindakan tindakan berani untuk meningkatkan ekonomi. Seperti meningkatkan pendapatan ASN. Pada tahun 2000 kita naikan gaji pegawai negeri 125 persen dalam 21 bulan. Hasilnya baik, ekonomi kita tumbuh, karena daya beli masyarakat meningkatkan, UMKM maju karena daya beli masyarakat tinggi," kata dia.

Pemerintah, kata Rizal Ramli, harus dapat memperbaiki tingkat konsumsi masyarakat terlebih dahulu, karena konsumsi masyarakat merupakan penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar.

“Agar konsumsi masyarakat bisa meningkat, pemerintah harus membuat kebijakan yang berdampak pada meningkatnya pendapatan dan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, pemerintah harus mengurangi ketergantungan impor pangan dengan cara menghidupkan petani. Lalu, ia mencontohkan ketergantungan impor kedelai yang berdampak pada tingginya harga kedelai di pasaran, menjadi keluhan pengusaha tahu dan tempe.

Menurutnya, ketergantungan impor kedelai disebabkan petani di Indonesia kurang mendapat dukungan. Sehingga, harga kedelai di petani hanya berkisar Rp5.000 perkilogram jadi petani enggan menanam kedelai.

Sementara harga kedelai impor harganya.mencapai Rp11.000 perkilogram.

“Coba kalau harga kedelai petani dihargai Rp9.000 saja perkilogram dan ditampung oleh Bulog, petani kita akan kembali bergairah menanam kedelai. Kalau kedelai kita kualitasnya kurang bagus dan produksinya lebih rendah, pemerintah harus bantu petani menyediakan bibit kedelai dari Brazil yang kualitas dan produksinya lebih tinggi,” katanya.

Lebih lanjut, ia bilang kebijakan serupa harus dilakukan untuk tanaman padi agar Indonesia bisa swasembada beras. Seperti, penyediaan lahan pertanian, irigasi yang memadai.

Selanjutnya, pupuk bersubsidi yang bisa diperoleh petani harus dilakukan agar hasil pertanian dan ekonomi petani bisa meningkat.

Ia menuturkan, pemerintah harus meningkatkan kredit UMKM yang saat ini baru sekitar 18 persen menjadi minimal 30 persen dari total kredit perbankan nasional.

“Jumlah UMKM kita sangat banyak, jika kredit UMKM bisa ditingkatkan hingga 30 persen dampaknya sangat luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, karena daya beli mereka akan meningkat," ujarnya.

“Kita juga punya formula bagaimana mengatasi persoalan hutang Indonesia yang sangat besar. Setiap tahun kita harus membayar Rp700 triliun lebih cicilan pokok dan bunganya. Itu sangat membebani APBN. Kami juga punya formula untuk mengatasi berbagai persoalan lain, dan itu pernah saya sampaikan ke orang-orang dekat Jokowi tapi kurang dianggap,” katanya

Usai diskusi Rizal Ramli ucapan terimakasih terhadap Rahudman Harahap merupakan tokoh serta mantan Walikota Medan yang cukup berpengaruh di Sumatera Utara.

Rizal Ramli mengaku kagum dengan keramahan tuan rumah menyambutnya.

Sedangkan, Rahudman Harahap menyampaikan rasa terimakasih Rizal Ramli berkenan hadir memberikan motivasi serta diskusi di kediamannya.

Dia berharap diskusi yang dihadiri langsung oleh Rizal Ramli bisa bermanfaat bagi peserta agar lebih mencintai negaranya.

"Dengan ini kita harap bagaimana anak anak muda dapat termotivasi dengan paparan diskusi dengan beliau. Semoga kita punya kesempatan untuk dapat berbagi ilmu dan pengalaman dengan tokoh yang lainnya," ungkapnya.

S:Tribun Medan


Name

Berita,23275,H,151,HUMOR,7,Internasional,946,Kesehatan,29,Nasional,22349,News,1358,OPINI,81,Seleb,3,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Bertempat di Rumah Rahudman Harahap, Rizal Ramli Nyatakan Siap Jadi Capres, Pengin Gantikan Jokowi
Bertempat di Rumah Rahudman Harahap, Rizal Ramli Nyatakan Siap Jadi Capres, Pengin Gantikan Jokowi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNI7EKa_7RjWumvlbex98HRL3JJAq5CY89OWTK_1WFdfYuDRnJr5TSLHgqNMBJEHnVjUvZuHMI9my691L3QX5-8zrzDMBvdKQWIQOd66AuYmP6va8Dczaqt_doCwKyxfOQ1c1ZXtPr_0dphiToJGz8ydeBL_rYTLNWLYdng2G4olqri_4U-Ud1qSTRbg/w640-h358/Screenshot_2022-03-22-19-37-08-25.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNI7EKa_7RjWumvlbex98HRL3JJAq5CY89OWTK_1WFdfYuDRnJr5TSLHgqNMBJEHnVjUvZuHMI9my691L3QX5-8zrzDMBvdKQWIQOd66AuYmP6va8Dczaqt_doCwKyxfOQ1c1ZXtPr_0dphiToJGz8ydeBL_rYTLNWLYdng2G4olqri_4U-Ud1qSTRbg/s72-w640-c-h358/Screenshot_2022-03-22-19-37-08-25.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/bertempat-di-rumah-rahudman-harahap.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/bertempat-di-rumah-rahudman-harahap.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy