$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Hukum Pawang Hujan Dalam Islam! Ustadz Abdul Somad dan Buya Yahya Angkat Bicara

INDONESIAKININEWS.COM -  Pawang hujan adalah sebutan untuk seseorang dalam masyarakat Indonesia yang dipercaya dapat mengendalikan hujan ata...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Pawang hujan adalah sebutan untuk seseorang dalam masyarakat Indonesia yang dipercaya dapat mengendalikan hujan atau cuaca.

Umumnya, pawang hujan mengendalikan cuaca dengan memindahkan awan.

Jasa pawang hujan biasanya dipakai untuk acara-acara besar seperti perkawinan, konser musik dan banyak lagi.

Dalam pandangan agama Islam, terdapat pertentangan pendapat di antara ulama Indonesia tentang hukum pawang hujan.

Sebagian menganggap pawang hujan adalah perilaku syirik karena menyalahi takdir Allah.

Seperti dilansir PortalSulut.com Minggu, 20 Maret 2022 dari Youtube Ari Pati, berikut penjelasan Ustadz Abdul Somad dan Buya Yahya terkait hukum pawang hujan menurut Islam. 

Dalam sebuah ceramah di salah satu masjid, seorang jamaah bertanya pada Ustadz Abdul Somad terkait profesi pawang hujan menurut pandangan Islam.

Dalam ceramah tersebut, Ustadz Abdul Somad menjelaskan jika terdapat syarat tertentu dalam mengendalikan hujan agar tidak turun, seperti jangan mandi dan lain sebagianya, maka di khawatikan yang demikian merupakan syarat dari Jin dan hukumnya bisa jadi syirik.

UAH melanjutkan jika dalam menghentikan hujan dilakukan dengan meminta kepada Syekh, tanpa syarat-syarat yang kotor dan hanya mengharapkan pada ridho Allah SWT maka dalam hal ini di bolehkan.


"Tapi kalo mintanya sama Tuan Syekh, tidak ada syarat-syarat yang kotor. Kita sama-sama berdoa ya Allah mohon kabulkan permintaan kita. Semata-mata hanya berdoa kepada Allah, maka tidak masalah. Tapi kalau dengan syarat-syarat bakhil, mintanya kepada jin, ini tidak di bolehkan dalam islam.

Pada kesempatan lain, Buya Yahya juga menjelaskan mengenai hukum pawang hujan menurut pandangan Islam.

Senada dengan Ustadz Abdul Somad, Buya Yahya mengingatkan, segala sesuatu yg berhubungan dengan dukun, dan meminta selain kepada Allah SWT, maka hal tersebut merupakan bentuk kesyirikan dan hukumnya haram.

"Kalau kita minta doa kepada ulama agar tidak turun hujan dengan cara dzikir berharap semoga Allah memberikan yang terbaik, itu di bolehkan. Tapi kalau berurusan dengan dukun, minta pada jin dan sebagainya, hal tersebut di larang."

Buya menambahkan lebih baik minta doa pada orang sholeh.

"Ada orang sholeh yang memang doanya dikabulkan oleh Allah SWT. Datangilah orang sholeh dan mintakanlah doa, bisa dengan cara dzikir ataupun sedekah insya Allah dengan izin Allah, hujan akan reda. Tidak perlu undang pawang." Tegas Buya.

Selain itu Buya Yahya kembali mengingatkan bahwa hujan adalah berkah yang diturunkan Allah SWT sehingga kita jangan lupa harus mensyukurinya. ***


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Hukum Pawang Hujan Dalam Islam! Ustadz Abdul Somad dan Buya Yahya Angkat Bicara
Hukum Pawang Hujan Dalam Islam! Ustadz Abdul Somad dan Buya Yahya Angkat Bicara
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgJclbSa9Ft3atVngSB8QKoQwM1A2QotM_jCpDFToZP8t_ZLytWR9gT0F6Of0YErFF_0anEjK-Y-14tQcYRn81TP-g1p71Z1ngkmYK62TxPTgKdS8YH0basfNpZfDOzYYWPmCHMAqum0I-MFOSCiBKS-dIov1s1g7kAjgwHFXgFXEFowwd6q03-dcaR=w640-h350
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgJclbSa9Ft3atVngSB8QKoQwM1A2QotM_jCpDFToZP8t_ZLytWR9gT0F6Of0YErFF_0anEjK-Y-14tQcYRn81TP-g1p71Z1ngkmYK62TxPTgKdS8YH0basfNpZfDOzYYWPmCHMAqum0I-MFOSCiBKS-dIov1s1g7kAjgwHFXgFXEFowwd6q03-dcaR=s72-w640-c-h350
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/hukum-pawang-hujan-dalam-islam-ustadz.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/hukum-pawang-hujan-dalam-islam-ustadz.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy