$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Walikota Banjarmasin Dukung Warung Makan Non-Halal Milik Non Muslim Dirazia Satpol PP, Alasannya : Sesuai Perda

INDONESIAKININEWS.COM -  Beredar video sebuah rumah makan yang menyediakan makanan non halal dirazia oleh petugas Satpol PP. Diketahui pengu...



INDONESIAKININEWS.COM - Beredar video sebuah rumah makan yang menyediakan makanan non halal dirazia oleh petugas Satpol PP.

Diketahui pengunggah video tersebut adalah pemilik dari rumah makan tersebut yang bernama Nico Kosasih.

Ia memiliki akun Instagram pribadi bernama @nicokosasih_.

Sementara mengenai lokasi kejadian tersebut adalah di Depot Cek Nin yang berada di Jalan Veteran Nomor 17, Banjarmasin.

Video tersebut pertama kali diunggah Nico pada Kamis (7/4/2022) lalu.

Dalam video itu, terlihat salah satu personil Satpol PP berbicara dengan Nico terkait alasan adanya razia penutupan.

Namun, Nico merasa tidak terima dengan razia yang dilakukan oleh Satpol PP tersebut.

Terkait tidak terimanya Nico, personil Satpol PP yang bernama Mulyadi tersebut menjelaskan kepada Nico agar dapat melaporkannya ke pihak DPRD Banjarmasin.

Kemudian di akhir video, rombongan Satpol PP itu pun meninggalkan rumah makan milik Nico tersebut.

Hingga hari ini, Sabtu (9/4/2022), video itu telah ditonton sebanyak 115 ribu kali dan disukai oleh 4.269 pengguna Instagram.

Beragam komentar pun dituliskan warganet terkait video tersebut.

“Makan nya udah sembunyi2, tertutup juga.. tapi ga ada toleransi nya. Di mall jakarta aja bukaa pak tapi kok cuma di kota tercinta ini aja sih setiap bulan puasa nyari makan susahhh banget,” ujar @agathaverencia.

“ko kesel bgt dgernya…. Sabar ya koko insyallah tanda mau naik rejekinya aminn…. semangat koko,” tulis @brintarezairvayana.

“yg muslim ga kesini jg pak, klo mau liat yg banyak dikerubuti depan ramayana coba aja,” kata @tinahartinah_2.

Pengakuan Pemilik Warung Makan Non Halal di Banjarmasin yang Dirazia Satpol PP

Menurut pengakuan pemilik sekaligus sosok yang beradu mulut dengan Satpol PP, Nico Kosasih mengaku sebenarnya sudah menahan agar tidak marah saat dirazia.

Namun menurut Nico, pernyataan pihak Satpol PP tidak memberikan rasa puas.

“Awalnya sih saya sudah menahan untuk tidak meledak. Cuma ya jawaban-jawaban dari pihak Satpol PP juga gak bisa memberi jawaban yang pas,” ujarnya ketika dihubungi Tribunnews pada Sabtu (9/4/2022).

Nico juga menambahkan pihak Satpol PP justru terkesan membentak saat merazia rumah makan miliknya.

“Seingat saya langsung masuk dan nanya sama saya ’Siapa suruh buka?’ Lalu siapa pemilik tempat ini?” ujarnya.

Kemudian, Nico mengatakan terkait sosialisasi jam operasional rumah makan selama Ramadan, pihaknya tidak mendapatkannya.

Namun, katanya, rumah makan lain yang berada di sekitar tempatnya berjualan justru memperolehnya.

Dia pun mengatakan rekannya yang juga menjual makanan non halal juga tidak mendapat selebaran peraturan yang dimaksud.

Lalu, saat ditanya apakah dirinya pertama kali terkena razia Satpol PP saat Ramadan, Nico mengaku baru kali ini terkena.

“Betul (pertama kali dirazia), karena usaha saya kan baru dimulai 2016-an.”

“Dulu tempatnya bukan disana (Jalan Veteran), kecil di pinggir sungai, gak jauh dari tempat itu juga sih.”

“Kali ini mungkin apes ya, padahal biasanya sih kucing-kucingan juga,” jelas Nico.

Setelah kejadian ini, Nico pun berharap agar Pemerintah Kota Banjarmasin mensosialisasikan aturan terkait jam operasional rumah makan selama Ramadan.

Selain itu, ia berharap razia yang dilakukan dapat dilakukan dengan lebih persuasif.

“Sosialisasikan perda dengan baik, karena memang masyarakat harus tahu tentang peraturan apakah diubah atau tidak.”

“Kedua pendekatan yang lebih persuasif, bukan dengan gerombolan yang masuk seperti itu karena yang saya jual kan bukan barang terlarang,” ujarnya.

Nico juga menambahkan agar peraturan yang sudah ada ini bisa diterapkan secara lebih fleksibel.

“Mungkin tidak dicabut tetapi diberi pengecualian.”

“Masalahnya ini kan mata pencaharian, kalau diberi waktu dari jam 3 sampai jam 8, dalam 5 jam kita gimana?”

“Buka dari pagi saja kadang masih belum tentu ramai,” tuturnya.

Terkait razia ini, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pun angkat bicara.

Dikutip dari Banjarmasin Post, menurutnya Satpol PP Banjarmasin memang menjalankan tugasnya untuk menegakkan Perda Nomor 4 Tahun 2005 terkait dengan aturan saat Ramadan.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)(Banjarmasin Post/Frans Rumbon)





Name

Berita,22569,H,151,HUMOR,7,Internasional,373,Kesehatan,29,Nasional,22216,News,1357,OPINI,80,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Walikota Banjarmasin Dukung Warung Makan Non-Halal Milik Non Muslim Dirazia Satpol PP, Alasannya : Sesuai Perda
Walikota Banjarmasin Dukung Warung Makan Non-Halal Milik Non Muslim Dirazia Satpol PP, Alasannya : Sesuai Perda
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0zUt3nEv2O2ucgvaYJtdDC2B8dmyEINbYhkdSp_u5zs2Z8e8bxPbZk4Sw7qAtZBT9AOfNSFnrZzWLa8Fn9Oht03i1sjkqOF4jVF7KcEFGOpz_gzAHLGf3FaJ1T7DSYjbV_V3BUU05TiSoMkNpqQhdTeInriojxSD8T6HbhGyoXks7edvMjj2XbRQL/w640-h360/viral-warung-makan-non-halal-terkena-razia-satpol-pp.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0zUt3nEv2O2ucgvaYJtdDC2B8dmyEINbYhkdSp_u5zs2Z8e8bxPbZk4Sw7qAtZBT9AOfNSFnrZzWLa8Fn9Oht03i1sjkqOF4jVF7KcEFGOpz_gzAHLGf3FaJ1T7DSYjbV_V3BUU05TiSoMkNpqQhdTeInriojxSD8T6HbhGyoXks7edvMjj2XbRQL/s72-w640-c-h360/viral-warung-makan-non-halal-terkena-razia-satpol-pp.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/04/walikota-banjarmasin-dukung-warung.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/04/walikota-banjarmasin-dukung-warung.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy