$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Pengamat Nilai Cak Imin Mulai Panik Usai PBNU Diharamkan Gus Yahya Jadi "Alat" PKB

INDONESIAKININEWS.COM -  Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyebut bahwa Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) tidak be...



INDONESIAKININEWS.COM - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyebut bahwa Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) tidak berpengaruh terkait soliditas 13 juta suara PKB. Pernyataan Cak Imin tersebut lantas dijawab oleh PBNU soal ketidakharmonisan mempengaruhi suara PKB.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai polemik tersebut menandakan hubungan PKB dan PBNU sedang tidak baik-baik saja. Menurut Adi, polemik ini adalah pertama kalinya dalam sejarah adanya hubungan tidak mesra antara PBNU dan PKB.

"Hubungan keduanya lagi tak baik-baik saja. Sepertinya ada konflik batin yang tak biasa," kata Adi Prayitno. 

Adi pun menilai wajar saat Cak Imin menyoroti secara khusus sosok Gus Yahya dalam pernyataannya. Terdapat 3 hal yang menurutnya membuat Cak Imin frustasi dengan PBNU saat ini.

"Untuk 2024 NU tak akan memajukan capres. Tentu sangat merugikan Muhaimin yang sangat agresif melakukan konsolidasi politik pencapresan. Kedua, PBNU menegur sejumlah pengurus cabang yang deklarasi dukung Muhaimin. Itu artinya, secara struktural haram bagi NU ditarik dalam urusan politik elektoral. Padahal Muhaimin selama ini sangat mengandalkan fatsoen politik struktural NU untuk mendapatkan dukungan kaum nahdliyin," jelas Adi. 

"Ketiga, NU tak bisa lagi dikapitalisasi hanya jadi saluran politik PKB, tapi NU milik semua partai politik yang di dalamnya ada pengurus NU," imbuh Adi lagi. 

Lebih lanjut, ia menilai Cak Imin sepertinya mulai panik dengan sikap PBNU di bawah kepemimpinan Gus Yahya yang terkesan menjauhkan warga NU dari PKB. Ia juga menilai ada kekhawatiran serius dari Cak Imin terkait sikap PBNU.

"Kalau (PBNU) tak berpengaruh tentu Muhaimin tak perlu bereaksi yang secara tak langsung menafikan peran politik Ketua PBNU. Justru publik melihat Muhaimin mulai khawatir PKB akan melemah setelah secara struktural NU diharamkan ditarik ke urusan politik PKB. Level kekhawatirannya mulai serius karena Muhaimin langsung yang menyatakan sikap. Pernyataan Muhaimin jelas makin membuat hubungan dengan NU makin panas. Padahal pemilu masih lama. Dua tahun ke depan sepertinya akan semakin terbuka 'perang' antar keduanya," kelakar Adi. 

Tak cuma itu, Adi juga menyebut ada pihak yang diuntungkan akibat ketidakharmonisan PKB dan PBNU ini. Adi menyebut kondisi ini bisa menguntungkan PPP sebagai pihak yang selalu 'dianaktirikan' PBNU.

Sebelumnya, Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) menegaskan NU harus mengedepankan kepentingan nasional. Gus Yahya tidak ingin NU menjadi pihak dalam sebuah kompetisi politik dan hanya dimonopoli satu warna yakni PKB.

"Yang kita inginkan adalah NU tidak menjadi pihak dalam kompetisi politik, NU secara institusional, secara kelembagaan tidak menjadi pihak dalam kompetisi politik. Itu adalah keputusan muktamar 1984 lalu," ujar Gus Yahya dalam wawancara dengan CNN Indonesia TV.

Menurut Gus Yahya memang akan sulit untuk benar-benar mensterilkan NU dari berbagai pengaruh politik. Ia lantas berbicara tentang strategi lain.

"Strategi yang lain adalah kita berbagi ruang dalam NU sehingga setiap pihak yang mungkin punya kepentingan yang berbeda-beda tetap di dalam NU sehingga bisa saling mengontrol, bisa saling mengawasi sehingga tidak satu pihak pun yang akan memonopoli, mengkooptasi NU untuk satu kepentingan politik sepihak. Dengan semuanya yang dihasilkan adalah kesepakatan bersama mengenai kepentingan bersama," ujar Gus Yahya.

Lebih lanjut, Gus Yahya menyebut pengurus NU yang berkecimpung di struktur partai politik tetap ada peluang terlibat di dalam NU. 

"Tapi tidak boleh hanya satu warna. Semuanya harus dapat kesempatan," ungkap Gus Yahya.

Gus Yahya kemudian berbicara soal relasi PKB dan NU. Meski kuat, ia tidak ingin NU jadi alat PKB dan dikooptasi.

"Relasi NU dan PKB alami sekali. Dulu PKB sendiri diinisiasi bahkan dideklarasikan oleh pengurus-pengurus PBNU. Tetapi sekali lagi memang tidak boleh NU ini menjadi alat dari PKB, misalnya, atau dikooptasi oleh PKB. Itu kan nggak boleh. Ini kan yang harus kita jaga," ucap Gus Yahya.

s; jatimtimes.com 


Name

Berita,22074,H,151,HUMOR,7,Internasional,226,Kesehatan,26,Nasional,21870,News,1312,OPINI,80,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Pengamat Nilai Cak Imin Mulai Panik Usai PBNU Diharamkan Gus Yahya Jadi "Alat" PKB
Pengamat Nilai Cak Imin Mulai Panik Usai PBNU Diharamkan Gus Yahya Jadi "Alat" PKB
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgV3I7MQLrKhTu0pesfQ4POD98y2GjgJuKfADJWS0-MbJTB751NFa8aCCu5VEirK6l3YVOb4ADZikhkVwy8EpyuL-4kQ4HK4S-jx0UJObAr9fuz41aRvlEX5hBHLPLQwkOPJ-iIBmhmf56mNawY9cPEvI6qECc54fyOiUEYXlMmqw_d1ib1j3ik1q3IWw/w640-h394/a06362e4f911b7779942e26e5a2432a7.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgV3I7MQLrKhTu0pesfQ4POD98y2GjgJuKfADJWS0-MbJTB751NFa8aCCu5VEirK6l3YVOb4ADZikhkVwy8EpyuL-4kQ4HK4S-jx0UJObAr9fuz41aRvlEX5hBHLPLQwkOPJ-iIBmhmf56mNawY9cPEvI6qECc54fyOiUEYXlMmqw_d1ib1j3ik1q3IWw/s72-w640-c-h394/a06362e4f911b7779942e26e5a2432a7.webp
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/05/pengamat-nilai-cak-imin-mulai-panik.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/05/pengamat-nilai-cak-imin-mulai-panik.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy