$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Terkuak! Kapolri Listyo Sigit Ungkap Alasan Richard Eleizer Tak Dipecat dari Anggota Polisi: Dia Dianggap...

INDONESIAKININEWS.COM -  Kapolri Listyo Sigit Prabowo akhirnya buka suara soal kembalinya Richard Eliezer sebagai anggota Polri. Diketahui, ...



INDONESIAKININEWS.COM - Kapolri Listyo Sigit Prabowo akhirnya buka suara soal kembalinya Richard Eliezer sebagai anggota Polri.

Diketahui, Richard Eliezer merupakan terpidana kasus pembunuhan Brigadir J.

Dalam kasus ini, Richard Eliezer mendapat vonis hukuman satu tahun enam bulan.

Di sisi lain, Richard Eliezer juga tidak dipecat sebagai anggota polisi.

Dari hasil sidang kode etik, Richard Eliezer hanya mendapat sanksi administratif yakni demosi selama satu tahun.

Tidak dipecatnya Richard Eliezer ini sempat mendapat kekecewaan dari keluarga Brigadir J, terutama sang ayah Samuel Hutabarat.

Kala itu Samuel Hutabaran mengatakan bahwa dirinya mendukung Richard sebagai justice collaborator, bukannya kembali menjadi anggota polisi.

Hingga akhirnya, Kapolri Listyo Sigit Prabowo pun angkat bicara dan mengungkap alasan mengapa Polri tidak memecat Richard Eliezer.

Dilansir AyoJakarta.com dari program Satu Meja the Forum Kompas TV pada Kamis (2/3/2023) awalnya, Budiman Tanuredjo membenarkan bahwa Richard memang telah berkata jujur dan membuka kotak pandora kasus pembunuhan yang juga melibatkan Ferdy Sambo.

Budiman Tanuredjo pun bertanya sekaligus mewakili beberapa pihak, kenapa Richard yang sudah menembak Brigadir J bisa kembali ke Kepolisian.

"Apa sebenarnya nilai yang ditangkap oleh Icad," tanya Budiman Tanurejo.

Listyo Sigit Prabowo lantas mengatakan bahwa Richard adalah prajurit polisi kelas bawah.

"Kita hargai dia berani mempertahankan kejujurannya, walaupun sebenarnya terlambat," ujar Listyo Sigit Prabowo.

Sehingga, menurut Listyo, mau tidak mau atas apa yang dilakukan Richard harus tetap mendapatkan sanksi.

Listyo juga mengatakan bahwa keputusan hakim yang menyatakan kembalinya Richard sebagai anggota Polri patut dihargai.

"Namun di sisi lain, juga ada keringanan yang diberikan kepada dia dari sisi Institusi, kita melihat nilai-nilai kejujuran ada pada seorang Richard prajurit dengan pangkat paling rendah di Kepolisian, dia menjaga," jelas Listyo.

Kejujuran Richard itulah, yang membuat institusi Polri menghargai dan memberi kesempatan kepada Richard untuk menjadi anggota Kepolisian.

Dalam hal ini, Listyo berharap ke depannya Richard bisa menularkan nilai-nilai intregitas kepada anggota lainnya.

"Pada saat kita berikan dia kesempatan sebagai polisi aktif, dia bisa menjadi polisi yang lebih baik," harap Listyo.

Lebih lanjut, Budiman menanyakan soal kekhawatiran beberapa pihak terkait keamanan dan keselamatan Richard Eliezer.

Dikembalikanya Richard ke Rutan Bareskrim yang sebelumnya direncanakan ditahan di Lapas Salemba, ini juga termasuk bentuk pengamanan Polri.

"Apalagi saat ini setelah ditahan di Rutan Salemba kemudian dikembalikan ke Rutan Salemba Cabang Bareskrim, dan ini tentunya membuat kita pengamanan bisa lebih maksimal," tegasnya.

Menurut Listyo, hal ini justru bisa memudahkan pihak Polri dan LPSK untuk berkoordinasi.

"Namun di sisi lain, dia juga dianggap sebagai maskot terhadap keberanian untuk menyampaikan kejujuran," ungkap Listyo. 

Listyo pun berharap dengan kejadian ini, institusi Polri ke depan bisa menjaga nilai-nilai kebaikan.***

S: ayojakarta



Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Terkuak! Kapolri Listyo Sigit Ungkap Alasan Richard Eleizer Tak Dipecat dari Anggota Polisi: Dia Dianggap...
Terkuak! Kapolri Listyo Sigit Ungkap Alasan Richard Eleizer Tak Dipecat dari Anggota Polisi: Dia Dianggap...
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj78vQjKeBG1TEf3BteZMDT_OJlqOzrIkf7NFAGiT7na6m9fRnyZWfdYxFPswyToZnLC6BvDJrGUfV6FNkNQyU0TZUS1o1fiMCOO4SCEdM9AnjsMuL6_B8K80sKZYWiai7vo5_noQYHZN-02jArXe2NRpy6cDkp7M3rWh2XyZK5vNoalWWRrCR-PRFI/w640-h426/Untitled-20-661618485.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj78vQjKeBG1TEf3BteZMDT_OJlqOzrIkf7NFAGiT7na6m9fRnyZWfdYxFPswyToZnLC6BvDJrGUfV6FNkNQyU0TZUS1o1fiMCOO4SCEdM9AnjsMuL6_B8K80sKZYWiai7vo5_noQYHZN-02jArXe2NRpy6cDkp7M3rWh2XyZK5vNoalWWRrCR-PRFI/s72-w640-c-h426/Untitled-20-661618485.webp
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2023/03/terkuak-kapolri-listyo-sigit-ungkap.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2023/03/terkuak-kapolri-listyo-sigit-ungkap.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy