$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ketua Tim Task Force Forum Advokat Pengawal Pancasila Desak Polri Segera Lakukan Proses Hukum Terhadap Abdul Somad

Ketua Tim Task Force FAPP, Petrus Selestinus (Foto: Istimewa) INDONESIAKININEWS.COM -  Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) seh...

Ketua Tim Task Force FAPP, Petrus Selestinus (Foto: Istimewa)

INDONESIAKININEWS.COM - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) seharusnya bisa segera melakukan tindakan kepolisian terhadap Ustaz Abdul Somad (UAS) terkait dugaan penistaan atau penodaan agama sebagaimana rekaman video yang berisi ucapan tausiah atau dialog Ustaz Abdul Somad tentang Yesus, Salib Yesus dan Setan atau Jin dalam Salib Yesus.

“Tindakan Kepolisian ini sangat diperlukan karena video yang berisi tausiah Ustaz Abdul Somad telah beredar secara luas dalam beberapa hari terakhir ini berpotensi menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan antar-individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan SARA,” kata Ketua Tim Task Force Forum Advokat Pengawal Pancasila, Petrus Selestinus dalam keterangan persnya, Senin (19/8/19).

Menurut Pterus, Polri tidak boleh membudayakan sikap menunggu masyarakat melapor baru bertindak atas setiap tindak pidana umum yang terjadi di tengah masyarakat, meskipun Laporan Masyarakat juga sangat penting bagi Polri untuk melakukan tindakan kepolisian.

“Namun khusus untuk kasus-kasus kejahatan tertentu yang sangat mengganggu keutuhan NKRI dan Ketertiban Umum terlebih-lebih kasus yang bermuatan SARA, maka Polri harus bertindak cepat tanpa harus menunggu laporan masyarakat. Karena tindakan kepolisian berupa melarang seseorang atau beberapa orang tidak berpergian ke luar negeri (mencekal) menetapkan sebagai tersangka dan menahan merupakan wewenang Polri yang dilindungi UU,” katanya.

Beredarnya rekaman video berisi dialog/ceramah Ustaz Abdul Somad yang berisi penjelasan atas pertanyaan audience tentang Salib Yesus, telah melukai hati dan perasaan Umat Kristen di Indonesia bahkan di negara lain yang menonton video tersebut.

Oleh karena itu jika Polri baru akan bertindak setelah ada Laporan Masyarakat, bahkan setelah masyarakat melapor pun laporan masyarakat tidak diproses, hal itu berpotensi menimbulkan tindakan main hakim sendiri yang mengarah kepada perpecahan dalam masyarakat.

Apalagi peristiwa pidana yang diduga terjadi adalah peristiwa yang dikualifikasi sebagai penodaan atau penistaan agama yang diduga dilakukan oleh tokoh yang seharusnya menjaga toleransi dan persatuan.

Dalam kasus yang sangat mengganggu pilar-pilar negara terutama kasus yang berkonten SARA, menurut Petrus, negara harus hadir dan bertindak adil terhadap setiap orang yang diduga melakukan penistaan agama, tidak boleh ada diskriminasi dalam negara Pancasila.

“Karena hukum positif kita sudah cukup mengatur tentang perbuatan yang dilarang dan diancam dengan pidana terkait SARA dan/atau Penodaan Agama sebagaimana dimaksud dalam pasal 156a KHUP jo. pasal 28 ayat (2) dan pasal 45A ayat (2) UU No. 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik,” katanya.

sumber: jawapos.com


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ketua Tim Task Force Forum Advokat Pengawal Pancasila Desak Polri Segera Lakukan Proses Hukum Terhadap Abdul Somad
Ketua Tim Task Force Forum Advokat Pengawal Pancasila Desak Polri Segera Lakukan Proses Hukum Terhadap Abdul Somad
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkR3a7KsOZGlubwfcW8Ry-6hqnlMFlZVnYa8ZBwUNe5fT4JqH-30csBqgKUA2m8cPNGeXgDkDtGvAjFvaDwuxNCLWKjdSKHw3SqNAfha0BsiBxxMSCLQeHjoIXwIqbaQk3D7f2mL9xk_I/s640/saling-bantah-soal-masjid-terpapar-radikalisme-fapp-pertanda-rendahnya-etika.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkR3a7KsOZGlubwfcW8Ry-6hqnlMFlZVnYa8ZBwUNe5fT4JqH-30csBqgKUA2m8cPNGeXgDkDtGvAjFvaDwuxNCLWKjdSKHw3SqNAfha0BsiBxxMSCLQeHjoIXwIqbaQk3D7f2mL9xk_I/s72-c/saling-bantah-soal-masjid-terpapar-radikalisme-fapp-pertanda-rendahnya-etika.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/ketua-tim-task-force-forum-advokat.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/ketua-tim-task-force-forum-advokat.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy