$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Jokowi Tegaskan, Para Kombatan ISIS yang Merengek Rengek Minta Dipulangkan Dari Gurun Pasir Bukan Lagi WNI

foto detik INDONESIAKININEWS.COM -  Belakangan, isu pemulangan orang-orang dari Indonesia yang semula bergabung dengan kelompok teroris...

foto detik

INDONESIAKININEWS.COM - Belakangan, isu pemulangan orang-orang dari Indonesia yang semula bergabung dengan kelompok teroris ISIS mengemuka. 

Istilah yang digunakan untuk menyebut orang-orang itu adalah 'WNI eks ISIS'. 

Kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut mereka bukan sebagai WNI, melainkan sebagai 'eks WNI'.

Istilah 'ISIS eks WNI' digunakan Jokowi saat dia mengemukakan sikap tegasnya: tak akan memulangkan mantan kombatan ISIS. 

Sikap itu diambil pemerintah karena negara ingin menjamin keamanan dalam negeri dari teroris. 

Ada ratusan juta penduduk Indonesia yang harus dijamin keamanannya.

"Saya kira kemarin sudah disampaikan bahwa pemerintah punya tanggung jawab keamanan terhadap 267 juta penduduk Indonesia, itu yang kita utamakan. Oleh sebab itu, pemerintah tidak memiliki rencana untuk memulangkan orang-orang yang ada di sana, ISIS eks WNI," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Jumlah ISIS eks WNI diperkirakan sebanyak 689 orang. Tak hanya ditolak, ratusan mantan warga negara Indonesia yang terpapar paham teror itu juga bakal dicegah masuk ke Tanah Air.

"Saya perintahkan agar itu diidentifikasi satu per satu 689 orang yang ada di sana. Nama dan siapa berasal dari mana sehingga data itu komplet sehingga cegah tangkal itu bisa dilakukan di sini kalau data itu dimasukkan ke imigrasi. Tegas ini saya sampaikan," kata Jokowi.

Mereka sendiri yang harus menanggung konsekuensi dari pilihan hidup yang telah mereka ambil. Jadi, nasib mereka ke depan ada di tangan mereka sendiri.

"Itu nanti karena sudah menjadi keputusan mereka, tentu saja segala sesuatu mestinya sudah dihitung dan dikalkulasi oleh yang bersangkutan," kata Jokowi.

Namun untuk anak-anak di bawah 10 tahun atau yatim-piatu, Jokowi membuka peluang bagi mereka untuk dipulangkan. Anak-anak boleh pulang dengan syarat diidentifikasi dan diverifikasi.

"Memang dari identifikasi verifikasi ini kan kelihatan kita memang masih membuka peluang untuk yang yatim-piatu, yang ada berada di posisi anak-anak di bawah 10 tahun. Tapi kita belum tahu apa ada atau tidak ada. Saya kira pemerintah tegas soal hal ini," kata Jokowi.

S: detik



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Jokowi Tegaskan, Para Kombatan ISIS yang Merengek Rengek Minta Dipulangkan Dari Gurun Pasir Bukan Lagi WNI
Jokowi Tegaskan, Para Kombatan ISIS yang Merengek Rengek Minta Dipulangkan Dari Gurun Pasir Bukan Lagi WNI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEic2L3A_Cg2MjG-XdKIhgqKsBjCzfxc4o8JrwMP-POtVLBnBhvklaCY1hdaIOBysQpRE99XFOLaxQlRfFZueZ0EukpaVHYOm8pEkivEgz-hn8b4Jo2Dk7qVva9OmQk7bTDD2r1tgRxZVGU/s640/5ce01bcf-afdd-4102-837a-d25a03b8ea04.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEic2L3A_Cg2MjG-XdKIhgqKsBjCzfxc4o8JrwMP-POtVLBnBhvklaCY1hdaIOBysQpRE99XFOLaxQlRfFZueZ0EukpaVHYOm8pEkivEgz-hn8b4Jo2Dk7qVva9OmQk7bTDD2r1tgRxZVGU/s72-c/5ce01bcf-afdd-4102-837a-d25a03b8ea04.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/02/jokowi-tegaskan-para-kombatan-isis-yang.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/02/jokowi-tegaskan-para-kombatan-isis-yang.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy