$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Tolak Pasien Covid-19 dari Luar Daerah, Bu Risma Dikritik Dokter Joni dan Pemprov Jatim lagi

foto: jawapos INDONESIAKININEWS.COM -  Ketua Gugus Tugas Kuratif Covid-19 Provinsi Jawa Timur dr. Joni Wahyuhadi menyoroti pernyataan W...

foto: jawapos

INDONESIAKININEWS.COM - Ketua Gugus Tugas Kuratif Covid-19 Provinsi Jawa Timur dr. Joni Wahyuhadi menyoroti pernyataan Wali Kota Tri Rismaharini yang tidak rela rumah sakit milik Pemkot Surabaya banyak merawat warga pendatang luar kota.

Menurut Joni, dalam etika kedokteran tidak diperbolehkan pilih kasih dalam merawat pasien.

Apalagi sampai dibedakan berdasarkan suku, ras, agama, kedaerahan dan pandangan politik.

Dia mencontohkan di RSUD Dr Soetomo yang dia pimpin saat ini. Menurut dokter Joni, rumah sakit milik Pemprov Jatim ini tidak diperbolehkan hanya menjadi rumah sakit khusus warga Jawa Timur saja.

Padahal rumah sakit terbesar di Indonesia Timur ini milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Kemudian orang Kalimantan, Jawa Tengah tak boleh masuk RSUD Dr Soetomo. Itu tak etis. Tidak diperkenankan dalam dunia kedokteran," kata Joni kalem.

Bahkan saat ini, kata dia, meski RSUD Dr. Soetomo adalah rumah sakit milik Pemerintah Jawa Timur, tetapi kenyataannya mayoritas pasien yang dirawat di RSUD Dr. Soetomo Surabaya adalah warga Kota Surabaya.

Padahal Provinsi Jawa Timur bukan hanya Surabaya saja, melainkan ada 38 kabupaten dan kota.

"Yang saya tahu persis di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Saat ini 95 persen pasien yang dirawat berasal dari Surabaya," sambung Joni yang juga Direktur RSUD. Dr. Soetomo Surabaya.

Joni juga membantah klaim Risma yang menyebut banyak daerah di luar Surabaya yang merujuk pasien-pasiennya ke rumah sakit milik Pemkot Surabaya.

Menurut Joni, banyak rumah sakit di daerah di luar Surabaya yang sudah bisa menangani pasien positif Covid-19.

Rumah sakit di daerah-daerah itu sudah bisa menangani pasien positif Covid-19 karena hanya membutuhkan dokter spesalis paru-paru, anestesi (bius), penyakit dalam (internist) dan ruang isolasi.

"Ruang Intensive Care Unit (ICU) pun tak selalu perlu," tegas Joni.

Joni juga menyebut dalam menangani pandemi Covid-19 ini, rumah sakit di daerah-daerah dianggap sudah luar biasa dalam usahanya.

Dia mencontohkan Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo. Rumah sakit milik kabupaten tetangga kota Surabaya ini bahkan sudah bisa mengembangkan kapasitas penanganan pasien Covid-19 dari awalnya yang hanya dua dikembangkan menjadi 60 ruang isolasi.

"RSUD Sidoarjo sekarang bahkan sudah itu merawat sampai 125 pasien Covid-19. Jadi tidak pernah merujuk ke Surabaya," imbuh Joni.

Joni menambahkan pada dasarnya rumah sakit pemerintah bisa  dengan mudah menangani pasien Covid-19.

Jika memanfaatkan pembiayaan rumah sakit sendiri atau refocusing anggaran, semua bisa terwujud karena tak berbiaya mahal untuk membuat ruang isolasi negatif.

"Kalau ada niat, pasti bisa membuat ruang isolasi negatif," kata dia.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak juga ikut membantah klaim Risma jika banyak warga luar Surabaya yang memanfaatkan rumah sakit milik Pemkot Surabaya.

"Faktanya secara statistik tidak demikian. Bahwa data yang disampaikan berdasarkan domisili," kata Emil.

Apalagi tambah Emil, saat ini sudah ada 99 rumah sakit yang tersebar di Jawa Timur yang sudah bisa menangani pasien positif Covid-19.

Artinya, sudah ada upaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit di luar Surabaya.

"Ada upaya kolektif untuk meningkatkan kapasitas rawat untuk Covid-19 ini," tegas Emil.

Sumber: jpnn


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Tolak Pasien Covid-19 dari Luar Daerah, Bu Risma Dikritik Dokter Joni dan Pemprov Jatim lagi
Tolak Pasien Covid-19 dari Luar Daerah, Bu Risma Dikritik Dokter Joni dan Pemprov Jatim lagi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIcBCv-liu0XGt0_zW-2FIqEIF0mUMnwPyPUsOrkZm7A91tKluAyCsSSGpTxNsxzX9FXC_NfzOIDAHOqTPmn-v88lUNRNJ6tsTNG2Ojb_u2oXM9kZ-wojRwEM4bLidnLRk1YWbmez8gco/s640/risma-ajak-mutasi-kendaraan-ke-surabaya-untuk-perawatan-kota_m_182153.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIcBCv-liu0XGt0_zW-2FIqEIF0mUMnwPyPUsOrkZm7A91tKluAyCsSSGpTxNsxzX9FXC_NfzOIDAHOqTPmn-v88lUNRNJ6tsTNG2Ojb_u2oXM9kZ-wojRwEM4bLidnLRk1YWbmez8gco/s72-c/risma-ajak-mutasi-kendaraan-ke-surabaya-untuk-perawatan-kota_m_182153.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/tolak-pasien-covid-19-dari-luar-daerah.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/tolak-pasien-covid-19-dari-luar-daerah.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy