$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Wapres Sebut Sebagian Besar Negara Yang Penduduknya Mayoritas Islam Sulit Maju, Ini Alasannya

foto: dream INDONESIAKININEWS.COM -  Wakil presiden Maruf Amin mengatakan jika sebagian besar negara yang penduduknya mayoritas beraga...

foto: dream


INDONESIAKININEWS.COM - Wakil presiden Maruf Amin mengatakan jika sebagian besar negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam susah untuk maju. Pun demikian ini terjadi di Indonesia.

Melansir dari Hops.id--jaringan Suara.com--, Selasa (12/5/2020), pernyataan tersebut bukan sekadar ungkapan belaka. Pasalnya, dia turut menjabarkan sejumlah faktor, mengapa bisa demikian.

Menurut Wapres Maruf Amin, susahnya maju negara berpenduduk agama Islam karena menerapkan cara pikir konservatif dalam kehidupan sehari-hari. Maka, ekonomi dan pendidikan pun menjadi tertinggal.

“Cara berpikir konservatif menjadi salah satu penyebab mengapa negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim masih tergolong underdevelopment country dan mengalami ketertinggalan dalam ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya,” kata Wapres Maruf Amin saat menyampaikan ceramah yang disiarkan TVRI seperti dikutip Antara, Senin (11/5/2020).

Wapres Maruf Amin kemudian menilai cara berpikir tersebut semakin berkembang akhir-akhir ini, khususnya ketika muncul kelompok-kelompok masyarakat yang berpikir bahwa kemurnian Islam harus dibangun dengan cara tekstualis.

“Cara berpikir seperti itu memang sudah mulai berkembang akhir-akhir ini, ketika isu kemurnian Islam harus dibangun dengan kemudian kita mengalami kemunduran berpikir dan mengarah pada cara pikir yang sangat tekstual,” katanya.

Kelompok konservatif tersebut, lanjut Wapres Maruf Amin, biasanya menolak adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dianggap tidak sesuai dengan pemahaman mereka terhadap ajaran agama Islam secara tekstual.

Padahal, kata dia, pemahaman secara tekstual dan konservatif itu tidak sesuai dengan salah satu sabda Nabi Muhammad SAW.

Cara berpikir konservatif tersebut juga menghambat upaya-upaya dalam mewujudkan peradaban Islam.

Untuk membangun kembali peradaban Islam, kata Wapres Maruf Amin, pola pikir wasathi atau moderat harus ditanamkan dan dikembangkan di negara Islam dan negara berpenduduk mayoritas Muslim.

“Cara berpikir konservatif seperti itu menghambat dan kontraproduktif terhadap upaya membangun kembali peradaban Islam. Oleh karena itu, cara berpikir wasathi dapat menjadi pijakan kuat untuk kita membangun kembali peradaban Islam yang kuat,” katanya.

Sumber: suara


Name

Berita,5896,HUMOR,1,Internasional,104,Nasional,5836,News,54,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Wapres Sebut Sebagian Besar Negara Yang Penduduknya Mayoritas Islam Sulit Maju, Ini Alasannya
Wapres Sebut Sebagian Besar Negara Yang Penduduknya Mayoritas Islam Sulit Maju, Ini Alasannya
https://1.bp.blogspot.com/-oFbZJJBQZL0/XrqTRdEdQ1I/AAAAAAAAB00/Zy3424Mh-jcX5wt6eHVepLgGJxOzFWpmwCLcBGAsYHQ/s640/images%2B%252815%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-oFbZJJBQZL0/XrqTRdEdQ1I/AAAAAAAAB00/Zy3424Mh-jcX5wt6eHVepLgGJxOzFWpmwCLcBGAsYHQ/s72-c/images%2B%252815%2529.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/wapres-sebut-sebagian-besar-negara-yang.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/wapres-sebut-sebagian-besar-negara-yang.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy