$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Berniat Hajar Balik Virus Corona, Arab Saudi Rela Siksa Diri Sendiri dengan Tunda Ibadah Haji, Minyak Anjlok Sampai Rakyatnya Menderita Tak Ada Pemasukan, Kerjasamanya dengan Negara Superpower Ini Terancam Retak Jika Salah Gerak Sedikit

foto: okezone INDONESIAKININEWS.COM -  Arab Saudi kini sedang berusaha berjuang melawan virus corona. Sudah banyak hal dikorbankan de...

foto: okezone

INDONESIAKININEWS.COM - Arab Saudi kini sedang berusaha berjuang melawan virus corona.

Sudah banyak hal dikorbankan demi memutus rantai penyebaran corona di negaranya.

Pada bulan Maret 2020 kemarin, pemerintah Arab Saudi mengatakan pada seluruh umat Muslim di seluruh dunia untuk tidak terburu-buru membeli tiket pesawat untuk Umroh atau Naik Haji ke Mekah.

Alasannya karena pandemi virus corona (Covid-19).

Bahkan beberapa tempat-tempat suci itu ditutup untuk sementara.

Tak lama, pemerintah Arab Saudi pun melarang penerbangan dari berbagai negara.

Tapi apakah ada Ibadah Haji untuk tahun 2020 ini?

Beberapa negara seperti Indonesia sudah membatalkan Ibadah Haji tahun ini, tapi masih belum tahu bagaimana pendapat pemerintah Arab Saudi.

Dilansir dari haaretz.com pada Minggu (21/6/2020), ada dugaan pemerintah Arab Saudi akan menjadwalkan Ibadah Haji pada akhir bulan Juli.

Hanya saja, mereka hanya mengizinkan beberapa dari 2 juta jamaah Haji untuk datang dan memenuhi salah satu dari kewajiban mendasar pada agama Islam itu.

Apa yang dilakukan pemerintah Arab Saudi berisiko.

Sebab negara ini memiliki 154.233 kasus positif virus corona hingga hari Minggu Ini.

Data itu tertinggi ke -16 di dunia dan tertinggi ke-5 di Asia.

Tapi disisi lain, jika tidak ada Ibadah Haji tahun ini, maka akan ada masalah keuangan yang besar bagi negara Arab Saudi.

Sebab, selama musim Haji dan acara berkala lainnya selama setahun penuh telah menghasilkan pendapatan rata-rata tahunan sekitar 16 miliar US Dollar.

Angka itu sekitar 5 persen dari produk domestik bruto Arab Saudi.

Selain itu, ribuan warga Arab Saudi, termasuk staf, pemilik hotel, pemilik bisnis, pemandu, pengemudi, pengawas, dan orang-orang pemeliharaan mengandalkan musim Haji sebagai sumber pendapatan mereka,

Sementara puluhan ribu orang lainnya yang tinggal di tempat lain juga mencari nafkah di sehubungan dengan Ibadah Haji dan Umroh.

Ada banyak upaya yang telah dilakukan Arab Saudi untuk mengurangi ketergantungan mereka pada pendapatan minyak.

Misalnya Menteri Keuangan Saudi Mohammed al-Jadaan mengatakan adanya pengurangan dalam pengeluaran yang tidak penting, agar mereka dapat terus memberikan layanan dasar kepada warga negara.

Selain itu, Arab Saudi juga meminjam dana sekitar 50 miliar US Dollar dari pemberi pinjaman institusi internasional.

Dana itu hampir dua kali lipat dari yang direncanakan untuk dipinjam sebelum pandemi virus corona.

Masalah lain, beberapa investasi besar dalam proyek-proyek yang merupakan bagian dari rencana visi untuk dekade mendatang juga telah menyusut.

Belum lagi fakta keuangan Arab Saudi terlibat dalam perang harga minyak dengan Rusia.

Di mana masalah ini telah menyebabkan jatuhnya harga minyak dunia secara bebas.

Rusia terlibat dalam perang untuk menurunkan harga minyak untuk membuat produksi minyak serpih Amerika yang tidak menguntungkan, sumber minyak yang telah membebaskan Amerika Serikat dari ketergantungan pada minyak impor.

Dengan kata lain, jika pembangunan kota masa depan atau investasi dalam budaya ditunda beberapa tahun, itu tidak akan menjadi bencana besar.

Arab Saudi masih akan mampu memenuhi kebutuhannya yang berkelanjutan dengan tepat.

Dan jika Arab Saudi memutuskan untuk menarik diri dari Yaman, mereka bisa menghemat puluhan miliar dolar lebih tanpa terpengaruh secara dramatis oleh penurunan harga minyak.

Rusia tidak memiliki fleksibilitas itu.

Sementara pandemi virus corona telah mendikte strategi minyak baru di mana pemerintah Amerika bahkan bersedia untuk menguji hubungan bersejarah negara itu dengan Arab Saudi sebagai bagian dari kebijakan diplomasi minyak Trump.

Masih terlalu dini untuk panik tentang kemungkinan perpecahan antara dua sekutu lama.

Tetapi fakta bahwa Trump menciptakan hubungan antara harga minyak dan kehadiran militer Amerika di Arab Saudi dapat dengan sangat baik memaksa Arab Saudi untuk mempertimbangkan kembali keinginan mereka.

Sumber: grid.id


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Berniat Hajar Balik Virus Corona, Arab Saudi Rela Siksa Diri Sendiri dengan Tunda Ibadah Haji, Minyak Anjlok Sampai Rakyatnya Menderita Tak Ada Pemasukan, Kerjasamanya dengan Negara Superpower Ini Terancam Retak Jika Salah Gerak Sedikit
Berniat Hajar Balik Virus Corona, Arab Saudi Rela Siksa Diri Sendiri dengan Tunda Ibadah Haji, Minyak Anjlok Sampai Rakyatnya Menderita Tak Ada Pemasukan, Kerjasamanya dengan Negara Superpower Ini Terancam Retak Jika Salah Gerak Sedikit
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhDyccBzW_OPvZda6m-bkPdKhIncwTjGoNFDgJZlRyeg0M9MDmuwqtpZE1X7EiNxr87LCi9Ox5vdztS5EM2kH0rNaMaCbRYr929XeCcuxVVRf1Uxmbgf3zxRD3oF5dokDy-r-cvL8_WcGY/s640/images+%252861%2529.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhDyccBzW_OPvZda6m-bkPdKhIncwTjGoNFDgJZlRyeg0M9MDmuwqtpZE1X7EiNxr87LCi9Ox5vdztS5EM2kH0rNaMaCbRYr929XeCcuxVVRf1Uxmbgf3zxRD3oF5dokDy-r-cvL8_WcGY/s72-c/images+%252861%2529.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/06/berniat-hajar-balik-virus-corona-arab.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/06/berniat-hajar-balik-virus-corona-arab.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy